Seputar Tekno

Apa Itu IMEI?

Sobat Gaptex, pernahkah Anda mendengar istilah IMEI? Setiap ponsel memiliki nomor IMEI yang tidak sama untuk membedakan satu ponsel dengan ponsel lainnya. Apapun jenis, sistem operasi, dan harganya, ponsel tersebut pasti punya nomor IMEI. Baik ponsel buatan lokal maupun merk terkenal, semuanya memiliki nomor IMEI berbeda. Ketika membeli sebuah ponsel baru, Anda bisa menemukan nomor IMEI di dus barang atau nota pembayaran. Dan ketika memperbaiki ponsel, nomor IMEI biasanya akan dicatat untuk keperluan garansi.

Apa Itu IMEI

IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Adapun nomor IMEI terdiri dari 15 digit angka. Nomor IMEI ini akan digunakan operator seluler untuk melakukan identifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka. Nomor IMEI disebut juga kode identitas sebuah ponsel yang berisikan informasi mengenai ponsel tersebut. Dengan cara ini, operator seluler bisa mengetahui tipe ponsel yang sedang digunakan penggunanya untuk memberikan penawaran atau promosi yang tepat.

IMEI dapat menjadi panduan Anda untuk mengetahui status ponsel, seperti di negara mana ponsel diproduksi, kapan tahun produksinya, dan lain-lain. Format nomor IMEI yang baku adalah 15 digit nomor yang diterjemahkan dalam huruf AA BBBB CC DDDDDD E. Arti dari kode huruf tersebut adalah :
AA = Kode Negara
BBBB = Kode Final Assembly
CC = Kode Manufaktur
DDDDDD = Nomor Serial
E = Kode Tambahan

IMEI bisa memberitahukan pengguna ponsel tentang negara dimana ponsel diproduksi melalui kode huruf CC atau digit ketujuh dan kedelapan. Sebagai contoh, ponsel dengan IMEI 867124020718573, artinya ponsel tersebut dibuat di China. Data beberapa negara pembuat ponsel antara lain:
00 = Perancis
01, 10 = Finlandia
02, 20 = China
03, 30 = Korea
04, 40 = India
08, 80 = Jerman
19, 91 = Inggris
67, 76 = Amerika Serikat

IMEI tidak berhubungan dengan SIM Card atau nomor kartu. Sebagian orang beranggapan bahwa nomor IMEI tidak begitu penting, padahal nomor IMEI paling terasa manfaatnya ketika ponsel mengalami masalah. Misalnya, ponsel hilang, lupa meletakkannya, terjatuh tanpa disengaja, hingga dicuri. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa mendatangi langsung gerai operator seluler untuk memberikan nomor IMEI dan nomor kartu yang digunakan. Posisi ponsel bisa dilacak, nomor kartu bisa diblokir, dan ponsel bisa dikunci sementara waktu.

IMEI bisa diketahui dengan tiga cara yang sangat mudah, sebagai berikut :
1. Anda bisa masuk ke menu “Settings”, lalu ke pilihan “About Phone”, dan pilih “Status”. Di sana, tampil berbagai informasi tentang ponsel, seperti kondisi baterai, IP address, WLAN MAC address, dan juga nomor IMEI.
2. Anda bisa mengetikkan kode *#06# pada kolom Dialer yang akan dengan cepat menampilkan nomor IMEI perangkat.
3. Anda bisa melihat nomor IMEI yang tertera di bodi ponsel. Beberapa vendor meletakkan nomor IMEI di bagian belakang bawah, seperti perangkat iPhone. Ada pula vendor yang menyematkannya di balik baterai ponsel.

Semoga bermanfaat.