BloggingPCSeputar Tekno

Apa itu iMacros?

Ada banyak sekali pekerjaaan yang membutuhkan pengulangan/repetisi. Dan tak jarang hal tersebut membosankan dan menghabiskan waktu dengan percuma. Beruntung, untuk urusan yang berhubungan dengan internet dan browser, ada tools bernama iMacros yang sangat bermanfaat dan membantu.

apa itu imacros

Apa itu iMacros?
iMacros adalah software browser automation yang tujuan utamanya adalah untuk otomatisasi task-task yang dilakukan melalui browser. Ada beberapa software serupa namun imacros bisa dibilang yang terbaik untuk saat ini dan bisa digunakan secara 100% gratis.

Apa saja yang dapat dikerjakan iMacros?
iMacros dapat mengerjakan berbagai kegiatan perulangan pada website yang sedang aktif di browser, offline maupun online. Selain fungsinya melakukan repetisi, pada level yang lebih jauh, iMacros dapat digunakan untuk melakukan ekstrak data, termasuk menemukan dan ekstraksi text dan gambar dari web.

Bagaimana cara menggunakan iMacros?
Untuk melakukan instalasi iMacros di browser yang Anda gunakan, caraya cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan extension iMacros pada Mozilla Firefox atau Google Chrome (atau IE). Setelah itu, lakukan instalasi addons/extension seperti biasa.

Jika sudah, pastikan addons/extension dalam posisi aktif. Anda dapat mengetahuinya dengan melihat simbol icon iMacros di bagian kanan atas browser yang Anda gunakan.

apa itu imacros

Cara memakai iMacros
Ada berbagai command dan script yang dapat dimasukkan dalam iMacros. Anda membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Jika tidak ingin, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan script iMacros atau mencari script “jadi” melalui Google. Ada banyak sekali orang yang membagikan script-script iMacros untuk berbagai kebutuhan secara gratis.

Untuk melihat seluruh hal tentang iMacros, Anda dapat menemukannya di halaman wiki yang mereka sediakan disini.

Semoga bermanfaat!