Seputar Tekno

Apa itu IFTTT ?

IFTTT (If This Then That) atau dalam bahasa Indonesia dapat di artikan dengan “Kalau begini, kemudian begitu”. Mungkin terdengar asing di telinga Anda namun IFTTT ialah sebuah aplikasi layanan otomatis yang dapat menggabungkan beberapa layanan internet menjadi satu. Bukan hanya untuk layanan web, IFTTT juga bisa digunakan untuk mempermudah peralatan yang terhubung dengan internet seperti termostat atau lampu pintar.

Apa itu IFTTT

Sebelumnya aplikasi IFTTT hanya terdapat pada platform iOS, namun sekarang Anda dapat mendownloadnya lewat Google Play Store. Layanan IFTTT ini memungkinkan Anda untuk membuat sesuatu terjadi secara otomatis. Anda dapat membuat suatu pengaturan tertentu yang bekerja dengan prinsip “If This, Then That”. Secara sederhana, ketika Anda memilih “This” dan setting secara otomatis akan membuat aspek “Then That”.

Bila Anda masih bingung dengan layanan yang ditawarkan oleh IFTTT, kami akan memberikan beberapa contoh layanan “Recipe” atau resep yang dapat dilakukan oleh aplikasi IFTTT seperti dibawah ini:

– Jika ada screenshot terbaru di smartphone akan di upload secara otomatis ke DropBox.
– Menyimpan foto instagram yang Anda like secara otomatis ke Galeri ponsel.
– Mematikan dan menghidupkan Wi-Fi secara otomatis ditempat yang Anda atur.
– Mengubah gambar Wallpaper ponsel saat Anda mengupload foto ke instagram.
– Membagikan foto terbaru ke di Intagram lalu secara otomatis akan di upload bersamaan ke Twitter, Pinterest, Tumblr atau Facebook.
– Menyimpan attachment Gmail akun ke DropBox.
– Notifikasi ramalan cuaca, contohnya ketika hujan akan turun
– Membagikan postingan blog terbaru ke Facebook Page
– Menyimpan kicauan atau tautan dari Twitter ke Pocket

Beberapa contoh di atas hanya sebagian dari ratusan layanan yang ditawarkan oleh aplikasi IFTTT. Semuanya tergantung kebutuhan Anda pada saat membuat pengaturannya. Kamu bisa menggunakan “resep” atau Applets yang sudah dibuat oleh orang lain. Bisa juga Anda membuatnya sendiri sesuai keinginan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan IFTTT dapat menghemat waktu dengan integrasi antar beberapa layanan web sekaligus.