Seputar Tekno

Apa itu “Hovering”?

Mungkin Anda pernah bertemu dengan istilah “Hovering” beberapa kali saat membaca artikel tentang desain web, terutama yang berbahasa Inggris. Mungkin Anda bertanya-tanya apa maksud dari kata ‘hover’ atau ‘hovering’.

Apa itu Hovering

Ketika Anda mengarahkan kursor ke atas sebuah link di halaman web, biasanya muncul kotak informasi berisi URL yang dituju oleh link tersebut, dan terkadang terjadi perubahan penampilan warna link. Juga, seringkali simbol kursor berubah menjadi gambar tangan kecil pada saat menunjuk sebuah link. Tindakan Anda menunjuk sebuah link inilah yang disebut sebagai “hover” atau “hovering” oleh para web developer.

Istilah tersebut membuat seolah-olah bahwa layar komputer Anda merupakan ruang tiga dimensi. Dalam konsep ini, kursor bergerak pada sebuah layer yang berada di atas sederetan teks dan gambar. Ketika Anda melakukan klik tombol mouse saat “hovering” di atas sebuah link, kursor menekan ke bawah layer untuk mengaktivasi link itu.

Istilah “hovering” juga dapat digunakan untuk konteks yang lebih luas dalam pengoperasian komputer. Misal, ketika pengguna menggerakkan kursor ke atas ikon, jendela, atau objek lain; itu juga dapat disebut sebagai “hovering”.

Para web developer mengkustomisasi tampilan web terhadap aktivitas hovering pengunjung dengan menggunakan Cascading Style Sheets (CSS). Dengan CSS, mereka dapat menentukan warna link, perubahan warna saat link ditunjuk oleh kursor, style font, serta format-format teks lain yang hendak diterapkan pada penampilan link seperti underline atau bold.

Semoga bermanfaat!