Seputar Tekno

Apa Itu EDP?

EDP merupakan singkatan dari Electronic Data Processing. EDP didefinisikan sebagai sistem pengolahan data elektronik dengan menggunakan perangkat komputer. Saat ini, penggunaan komputer sangat luas, mulai dari pekerjaan domestik hingga aktivitas berskala perusahaan. EDP melakukan pemrosesan data agar komputer bekerja sesuai dengan standar dan keinginan pengguna, contohnya update daftar stok barang di supermarket, registrasi mahasiswa baru di universitas, transaksi keuangan nasabah bank, booking tiket pesawat terbang, dan lain-lain.

Apa Itu EDP

Berbicara tentang EDP, tidak terlepas dari data. Data itu sendiri merupakan kumpulan catatan tentang fakta yang belum terorganisir sehingga masih memerlukan suatu pengolahan supaya bisa dimengerti oleh penerima atau pengguna data. Proses pengolahan data menjadi informasi dikenal sebagai deskripsi. Sementara itu, data bisa berupa angka, huruf, gambar, suara, atau simbol-simbol lainnya. Sebelum diolah menjadi output, data dikelompokkan terlebih dulu sesuai persamaan dan perbedaan yang dikenal sebagai klasifikasi.

Kembali lagi ke konteks EDP, pemanfaatan teknologi berbasis komputer digunakan untuk mengolah data menjadi suatu informasi. EDP memiliki karakteristik yang khas berupa konsistensi pengolahan data sesuai dengan data yang dimasukkan. Secara garis besar, EDP diaplikasikan pada data-data yang bersifat komersial, salah satunya adalah audit perusahaan. Meskipun demikian, EDP punya potensi kesalahan pemrosesan data, antara lain disebabkan oleh keterlibatan manusia seperti adanya manipulasi data atau pencurian data.

Sistem pengolahan data elektronik secara komputerisasi didukung oleh sejumlah elemen penting sebagai berikut :

1. Hardware
Perangkat keras yang dimaksud di sini adalah kumpulan perangkat yang membentuk sistem atau jaringan komputer. Perangkat tersebut berfungsi sebagai lima komponen pokok, yaitu sebagai input device, central processing unit, output device, storage device, dan peripheral device.

2. Software
Perangkat lunak yang dimaksud di sini adalah program-program yang berfungsi untuk memberikan intstruksi-instruksi tertentu sehingga program komputer bisa berjalan untuk memproses data. Software dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu :
– System Software = Perangkat lunak yang berfungsi umum untuk pengoperasian komputer, seperti sistem operasi, sistem utilitas, dan database management system.
– Application Software = Perangkat lunak yang berfungsi khusus untuk menjalankan tugas-tugas tertentu, seperti aplikasi perbankan, aplikasi pemasaran, dan lain-lain.
– Language Software = Perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan application software.

3. Database
Penggunaan database bertujuan untuk membuat data menjadi terorganisir sehingga akan memudahkan pemrosesan data dan juga memudahkan para pengguna dalam mengakses informasi. Database memerlukan memori untuk menyimpan file data program yang sering disebut dengan istilah Database Management System (DBS).

4. Procedure
Penerapan procedure diperlukan supaya pemrosesan data bisa berlangsung efektif dalam kerangka kerja yang sistematis. Adanya procedure dapat memperkecil kemungkinan kesalahan proses dan memastikan proses berjalan dengan semestinya. Procedure dalam EDP berkaitan dengan pengendalian data (controlling).

5. Brainware
Brainware merupakan elemen EDP yang berhubungan dengan aspek manusia. Sebab bagaimanapun juga, komputer dioperasikan oleh manusia. Sumber daya manusia harus memiliki pengetahuan tentang penggunaan komputer. Sistem EDP dimulai dengan proses input data dimana input data ini dilakukan oleh manusia.

Semoga bermanfaat.