Seputar Tekno

Apa itu cPanel?

cPanel adalah sebuah merek dagang dari kontrol panel web hosting paling terkemuka di dunia dan paling banyak digunakan pada layanan hosting komersial. Saking terkenalnya, orang terkadang tidak lagi membedakan antara cPanel dan Control Panel (seperti Rinso pada deterjen atau Aqua pada minuman mineral kemasan). Padahal, control panel web hosting tidak selamanya harus cPanel.

apa itu cpanel

Perusahaan
cPanel dimiliki dan dikelola oleh cPanel, Inc. yang berbasis di Houston, TX – Amerika Serikat. cPanel berdiri sejak tahun 1997 dan sejak saat itu menjadi standar pada managed hosting. cPanel dibundel dengan WHM sehingga kerap disebut sebagai cPanel + WHM package (cPanel/WHM).

Basis & Fitur
cPanel merupakan control panel berbasis linux yang menyediakan tampilan grafis (GUI) bagi penggunanya. cPanel menggunakan 3 tier (level) pengaturan, terdiri dari admin, reseller dan pengguna akhir. Melalui cPanel, kita dapat mengontrol sebuah website dan administrasi server dengan lebih mudah.

cPanel didesain untuk berjalan pada dedicated server atau VPS. Versi terakhir cPanel dapat berjalan pada OS CenOS, RHEL dan CloudLinux.

Beberapa aplikasi yang didukung cPanel meliputi Apache, PHP, MySQL, PostgreSQL, Perl, and BIND (DNS). Email based support includes POP3, IMAP, SMTP services.

Lisensi cPanel
Pada layanan hosting, biaya lisensi cPanel biasanya sudah termasuk dalam paket yang dijual. Perusahaan-perusahaan hosting melakukan kerjasama dengan cPanel sehingga dapat membelinya dengan lebih murah untuk digunakan oleh pengguna.

Jika ingin membeli lisensi cPanel secara mandiri, misal untuk server dedicated atau VPS, maka harga yang dikenakan cukup mahal. Meski demikian, Anda dapat menghemat pengeluaran dengan membeli lisensi cPanel melalui pihak ketiga yang menjualnya secara terpisah. Harga lisensi cPanel normal sekitar $16-25 per bulan, sementara lisensi cPanel yang dijual pihak ketiga rata-rata hanya $10 per bulan.

Kompetitor cPanel
Dalam ranah control panel hosting, cPanel memiliki beberapa pesaing, baik yang berbayar maupun gratis. Berikut beberapa pesaing cPanel :

Berbayar :
– Parallels Plesk
– Webmin
– Enkompass
– DirectAdmin

Gratis :
– Froxlor
– VestaCP
– Kloxo
– zPanel
– ISPConfig 3

Semoga bermanfaat!