BloggingSeputar Tekno

Apa itu CPA?

CPA adalah singkatan dari “Cost Per Action” atau ” Cost per Acquisition”, dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pembayaran untuk setiap aksi yang dilakukan. Cara kerja CPA pada prinsipnya tergolong sederhana : kita mendapat bayaran ketika seseorang meng-klik link affiliasi milik kita dan menyelesaikan aksinya.

Apa itu CPA

“Aksi” yang dimaksud bisa bermacam-macam, diantaranya :
– Mengisi form
– Mendapatkan Quote
– Mendaftar di Free trial
– Membeli sesuatu

CPA Vs CPC
Secara umum, CPA seharusnya memberikan imbal hasil yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan CPC (cost per click), baik bagi advertiser maupun publisher. Alasannya adalah karena CPA memiliki nilai pembayaran yang lebih tinggi bagi publisher dibandingkan CPC. Pada sisi advertiser, CPA yang membebankan biaya ketika terjadi ‘aksi’ dan bukan hanya klik semata. Agar hal tersebut dapat terwujud, syaratnya adalah konten yang relevan dengan penawaran.

Network CPA
Penawaran berbentuk CPA biasanya ditawarkan oleh sebuah network (jaringan) sebagai pihak ketiga yang menghubungkan advertiser dengan publisher. Saat ini ada banyak sekali network CPA yang populer, tak hanya itu saja, bahkan bebeapa perusahaan CPA menjelma sebagai industri internet yang luar biasa besar.

Berikut beberapa network CPA internasional populer :
– Maxbounty
– Peerfly
– CPAgrip
– Adscendmedia
– Adworkmedia
– dsb

Di Indonesia sendiri, tak banyak network CPA yang tersedia. Salah satu yang terlihat cukup serius dan besar adalah Accesstrade, simak reviewnya disini.

Bagaimana Bergabung di Network CPA?
Untuk bergabung, Anda dapat mengunjungi network CPA yang diinginkan. Selanjutnya lakukan pendaftaran secara manual melalui laman yang disediakan. Isilah data dengan benar dan tunggu review aplikasi Anda disetujui.

Pastikan Anda sudah memiliki ‘alat perang’ atau pengalaman sebelum bergabung di network CPA. Biasanya ada beberapa data dan pertanyaan yang diajukan agar proses approval berjalan lancar, beberapa diantaranya adalah :
– Anda sudah memiliki website yang established
– Niche website atau blog tidak melanggar aturan
– Anda sudah memiliki pengalaman di network CPA lainnya
– Anda sudah memiliki strategi untuk memasarkan berbagai penawaran CPA

Beberapa network besar memberlakukan ‘interview’ melalui telpon atau email sebelum menyetujui aplikasi Anda.

What Next?
Ketika aplikasi Anda sudah disetujui, maka Anda bisa masuk ke dalam akun CPA network untuk mengambil berbagai alat promosi yang disediakan, berupa banner, textlink, referral link, dsb. Pekerjaaan Anda selanjutnya adalah melakukan promosi terhadap sebuah offer melalui berbagai cara yang bisa dilakukan, baik gratisan maupun berbayar.

Referensi CPA
Untuk melihat daftar network CPA, review, rating dan berbagai macam hal mengenai CPA, Anda dapat mengunjungi berbagai website yang memiliki referensi lengkap. Salah satu yang paling kami rekomendasikan adalah :

[sociallocker]Affpaying[/sociallocker]

CPA is so sexy, but …
Bagi kalangan IM (internet marketer), CPA merupakan cara berbisnis online yang cukup sexy. Anda bisa mendapatkan uang hingga tak terbatas dengan melakukan promosi yang tepat. Nilai konversi CPA yang tinggi juga cocok untuk diiklankan dengan berbagai platform berbayar dengan keuntungan berkali lipat.

Tapi … tak semua kalangan cocok dengan CPA mengingat tingkat persaingan yang relatif tinggi dengan perubahan strategi yang cepat dan membutuhkan update teknik berkala agar metodenya selalu sukses menuai keuntungan.

Semoga mencerahkan!