Seputar Tekno

9 Shortcut Keyboard Gmail Untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

Apakah Sobat Gaptex sudah tahu jika Gmail memiliki beberapa shortcut keyboard yang dapat membantu pekerjaan agar lebih mudah dan cepat? Anda dapat membuat email baru, memilih email pada inbox, ataupun membuang email ke kotak sampah dengan cepat hanya dengan menekan beberapa tombol pada keyboard dan secara otomatis Gmail akan melakukan perintah yang Anda maksud.

9 Shortcut Keyboard Gmail Untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

Namun sebelum dapat menggunakan shortcut keyboard pada Gmail, Anda harus mengaktifkan shortcut keyboard pada Gmail terlebih dahulu. Berikut caranya :
– Plih menu Setting pada akun Gmail Anda, kemudian pilih ‘Settings’ atau ‘Setelan’.
– Setelah pilihan ‘Umum’ atau ‘General’ terbuka, scroll ke bawah dan Anda akan menemukan ‘Pintasan Keyboard’ atau ‘Keyboard Shortcut’ lalu pilih ‘On’ atau ‘Pintasan aktif’.
– Terakhir, Anda harus mengklik’Save Changes’ atau ‘Simpan Perubahan’.

Setelah mengaktifkan Shortcut keyboard, Anda baru dapat menggunakannya pada akun Gmail Anda. Inilah 9 Shortcut Keyboard yang dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda saat menggunakan Gmail :

1. C
Anda dapat menekan huruf “C” pada keyboard untuk membuat email baru pada akun Gmail Anda.

2. D
Huruf “D” pada keyboard dapat membantu Anda untuk membuat email melalui tab baru dalam satu window.

3. J dan K
Anda dapat menggunakan huruf “J” dan “K” untuk melakukan scroll ke bawah (J) dan ke atas (K) jika sedang melihat atau memilih email pada inbox. Kemudian tekan Enter untuk membukanya.

4. N dan P
Kedua huruf ini dapat digunakan sebagai scroll ke atas dan ke bawah jika Anda ingin memilih percakapan.

5. S
Tekanlah huruf “S” bila Anda ingin memberi bintang pada email yang sedang Anda buka jika Anda merasa email tersebut cukup penting untuk Anda.

6. # (atau Shift 3)
Gunakan tombol ini jika Anda ingin memindahkan sebuah email ke trash atau sampah.

7. Shift + U
Anda dapat menekan tombol Shift + U jika ingin menandai email yang tengah Anda baca atau email yang telah pilih agar tertanda belum terbaca (marked unread).

8. G lalu tekan S
Tekan huruf G lalu huruf S bila Anda ingin menampilkan seluruh email yang sudah Anda tandai dengan bintang (Starred folder).

9. G lalu D
Rangkaian huruf ini berfungsi untuk menampilkan seluruh draft email yang terdapat pada folder draft Anda.

Semoga bermanfaat!