Review

7 Smartphone Berteknologi 4K Terbaik

Apakah Anda termasuk pengguna smartphone yang mengedepankan resolusi layar? Jika iya, maka tidak salahnya jika Anda membaca artikel ini karena kami akan membahas tentang 7 smartphone berteknologi 4K terbaik, sehingga mampu menawarkan warna tajam dan tampilan begitu jernih.

Kebanyakan orang tentunya menginginkan gadget mereka mendukung resolusi layar hingga 4K. Selain lebih jelas, layar resolusi 4K ini juga menawarkan warna yang tajam dan kelegaan tersendiri bagi penggunanya. Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa resolusi 4K hanya tersedia di gadget seperti monitor gaming atau laptop saja, tapi sebenarnya tidak.

Resolusi 4K juga tersedia di smartphone berbasis Android dan iOS. Pada tahun 2017 lalu, teknologi semacam itu cenderung menjadi spesifikasi wajib untuk ponsel high-end. Sebenarnya ada banyak sekali ponsel yang sudah support 4K, tapi kali ini kami telah merangkumnya hingga 7 pilihan terbaik. Apa sajakah itu? Mari simak di bawah ini:

1. Sony Xperia Z5 Premium
Sony memang selalu meluncurkan smartphone canggih, salah satunya Xperia Z5 Premium yang menjadi smartphone pertama dari Sony yang memiliki layar beresolusi 5,5 inci 4K (3840 x 2160). Berbekal salah satu prosesor mobile tercepat, Qualcomm Snapdragon 810 dan RAM 3GB, Xperia Z5 Premium menawarkan performa terbaik di kelasnya. Tampilan 4K yang diusungnya, benar-benar membawa kemampuan fokus, warna, kecerahan, white balance dan visibilitas menuju kesempurnaan. Sejauh ini, Xperia Z5 adalah ponsel 4K paling sempurna di semua sisi.

Cek harga terbaik Sony Xperia Z5 Premium disini.

2. iPhone 7
Apple bangga mengenalkan iPhone 7 sebagai penerus iPhone 6 dengan berbagai fitur dan inovasi baru di dalamnya. Dari semua fitur baru itu termasuk layar resolusi 4K yang dimilikinya. Selain layar yang menjadi fokus utama, ponsel ini juga memiliki kamera baru, fitur tahan air dan debu, speaker stereo, prosesor baru dan peningkatan memori internal. iPhone 7 sendiri hadir dalam varian memori internal versi 32/128/256 GB, dengan RAM 2 GB, dan masa pakai baterai diperkirakan 14 jam untuk pemakaian umum. Bagian kamera juga sangat mumpuni, mengingat ponsel berbasis iOS juga merekam video atau mengabadikan foto menjadi kualitas 4K.

Cek harga terbaik iPhone 7 disini.

3. Samsung Galaxy S8+
Belum lama ini, Samsung telah meluncurkan produk terbarunya yaitu Samsung Galaxy S8+, dimana ponsel ini merupakan primadona kalangan remaja karena desain dan tampilannya sangat mewah nan elegan. LCD layar yang ditawarkan juga menambahkan nilai jual utama, karena menyematkan layar melengkung. Spesifikasinya pun yang sangat luar biasa pada segi kamera dan juga RAM yang mencapai 4 GB. Bila dilihat dari sisi kamera dan kerapatan layar, smartphone ini memiliki resolusi 4K dan kamera setara dengan DSLR.

Cek harga terbaik Samsung Galaxy S8+ disini.

4. ZTE Axon Pro
Tidak banyak ponsel buatan ZTE yang menarik bagi pengguna Android. Tetapi, ZTE Axon Pro sepertinya bisa mengubah segalanya. Berbekal chipset Qualcomm Snapdragon 810 octa-core 2GHz dan 4 GB RAM, smartphone ini memiliki fitur yang sangat mengesankan. Selain itu, terdapat layar TFT LCD 5,5 inci TFT dari ZTE Axon Pro sebenarnya memiliki resolusi QHD (2560 x 1440 piksel). Namun, ia memiliki kemampuan merekam video atau mengambil foto dengan kualitas 4K. Satu-satunya kekurangan dari ponsel ini adalah kapasitas baterai hanya 3.000 mAh.

Cek harga terbaik ZTE Axon Pro disini.

5. Moto X Style
Setelah banyak mendapat kritik pedas, Motorola akhirnya memperbaiki seri terbaru Moto X yang menawarkan perubahan pada baterai, kamera, storage dan juga layar. Kabar baiknya, layar pada perangkat ini sudah mendukung 4K. Bukan hanya itu, kamera beresolusi 21 MP dan layar 5,7 inci seakan menyempurnakan segalanya. Dari segi lain, Moto X Style dilengkapi dengan RAM 3 GB dan kapasitas baterai 3.000 mAh. Meskipun harganya agak mahal, tapi sepadan dengan fitur dan spesifikasi yang diusungnya.

Cek harga terbaik Moto X Style disini.

6. Nokia 8
Nokia 8 dilengkapi dengan prosesor okta-core Snapdragon 835, RAM 4GB, dan memori internal 64 GB yang bisa diperbesar dengan microSD. Spesifikasi itu juga didukung dengan ukuran layar 5,3 inci. Dari sisi desain, perangkat ini mengingatkan akan seri Lumia premium. Sedangkan untuk perangkat lunak, Nokia 8 sudah menjalankan Android 7.1.1 Nougat. Meski melakukan sejumlah penyesuaian pada tampilan perangkat lunak, HMD memastikan pengalaman menggunakan perangkat ini seperti stock Android. Karena itu, perusahaan tidak membawa banyak bloatware.

Untuk segi fotografi, Nokia 8 dilengkapi kamera belakang ganda dengan resolusi 13MP yang masing-masing berfungsi untuk menangkap warna dan gambar hitam-putih, dan kamera depan 13MP. Kedua kamera menggunakan lensa Zeiss dan sudah mendukung perekam video 4K. Rencananya, smartphone yang dibanderol sekitar Rp 9,3 juta itu dipasarkan tahun ini. Adapun empat pilihan warna yang tersedia untuk Nokia 8 yaitu Polished Blue, Polished Copper, Tempered Blue, dan Steel.

Cek harga terbaik Nokia 8 disini.

7. LG G4
LG G4 adalah versi perbaikan G3 di sisi desain, spesifikasi dan fitur. Baterai Li-ion di dalamnya bisa diganti, namun hanya berkapasitas 3.000 mAh. Perangkat ini mendukung pengisian daya nirkabel, dan baterai bisa bertahan sampai 20 jam untuk timetalk. LG G4 memiliki RAM 3 GB, penyimpanan internal 32 GB dan layar ‘IPS Quantum 5.5’ dengan resolusi 2560 x 1440. Meski tetap Quad-HD, layar di ponsel ini telah menggunakan teknologi Advanced In-Cell Touch (AIT) dan bisa disimulasikan menjadi 4K.

Cek harga terbaik LG G4 disini.