Seputar Tekno

7 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Indonesia

Setelah sebelummnya kita telah membahas apa itu pengertian bahasa pemrograman, maka kali ini kami akan memberitahukan 7 bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia, bahkan paling banyak digunakan di seluruh dunia saat ini. Istilah tersebut dipergunakan oleh para programmer komputer untuk merancang beragam aplikasi, baik untuk aplikasi website, dekstop, ataupun mobile.

Aplikasi-aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat membantu penggunanya supaya pekerjaan yang dilakukan secara manual, dapat terkomputerisasi. Contohnya, kalau sistem penjualan yang dulunya memakai buku tradisional, maka dewasa ini menggunakan penerapan penjualan dari komputer, sehingga pekerjaan lebih mudah, efisien, dan lebih menghemat biaya.

Di bawah ini terdapat 7 bahasa pemrograman yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh para programmer komputer di Indonesia ataupun mancanegera.

1. Java
Bahasa pemrograman Java pertama kali diciptakan oleh James Gosling ketika ia bergabung dengan Sun Microsystems dan pertama kali diluncurkan pada tahun 1995. Java menjadi sangat populer dan banyak digunakan terutama karena kemampuannya untuk menjalankan berbagai platform komputer.

Berkat adanya fungsi yang mampu mengoperasikan aplikasi pada beberapa platform, Java juga dikenal dengan tagline “Write once, Run everywhere”. Java dikenal memiliki banyak perpustakaan yang tersedia untuk membuat berbagai aplikasi baik untuk desktop, web dan juga untuk pemrograman mobile.

Bukan hanya itu, sintaks dalam Java telah mengadopsi bahasa C dan C ++ yang dapat dikompilasi di berbagai Java Virtual Machine (JVM) untuk dijalankan. Karena kemampuannya mempromosikan konsep OOP sangat baik untuk membuat aplikasi, maka sampai saat ini bahasa pemrograman Java masih paling populer dan paling banyak digunakan oleh pemrogram dan pengembang sistem komputer di seluruh dunia.

2. PHP
Hypertext Preprocessor atau sering disebut dengan PHP merupakan bahasa pemrograman yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Bahasa pemrograman PHP menjadi bahasa pemrograman untuk membuat web yang banyak digunakan di Indonesia. PHP sendiri menjadi sangat populer dan terkenal di kalangan programmer karena sangat mudah dipelajari.

Banyak programmer web mengandalkan PHP sebagai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi web, salah satunya adalah Facebook, meskipun aplikasi ini dibuat dengan menggunakan PHP dan harus didukung oleh skrip lainnya.

3. Visual Basic
Visual Basic yaitu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman IDE menawarkan bahasa pemrograman visual yang user-friendly dan digunakan untuk meninjau pembuatan perangkat lunak Sistem Operasi berbasis Windows. Visual Basic Alone adalah turunan dari bahasa pemrograman BASIC.

Sebuah survei tahun 2005 menunjukkan 62% pengembang perangkat lunak menggunakan Visual Basic untuk pengembangan perangkat lunak di dalamnya, sehingga membuat Visual Basic menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer.

4. Python
Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Python Software Foundation pada tahun 1991. Python dikenal sebagai bahasa dinamis dan hadir dengan manajemen memori otomatis. Python bisa digunakan untuk membuat berbagai penggunaan perangkat lunak dan dukungan untuk beberapa platform sistem operasi seperti Windows, Linux/Unix, Mac OSX, Symbian dan lainnya.

Bahkan banyak programmer di dunia telah mengakui kalau Python menjadi bahasa pemrograman yang simpel, mudah dipelajari dan memiliki banyak perpustakaan, serta mempromosikan konsep OOP (Object Oriented programming).

5. C#
C# merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft dari Anders Hejlsberg yang telah lama berkembang dalam bahasa pemrograman komputer dan juga menciptakan bahasa pemrograman Borland Turbo Pascal, Borland Delphi dan Microsoft J + +.

Bahasa C# dikenal untuk aktivitas pemrograman modern damn berorientasi objek yang Sobat kenal dengan OOP (Object Oriented Programming) yang biasanya digunakan untuk membuat program di atas arsitektur Microsoft .NET Framework.

Sintaks yang digunakan di C# juga memiliki kesamaan dengan bahasa Java, C dan C++. Selain itu, bahasa pemrograman C# banyak digunakan untuk membangun berbagai aplikasi, terutama pada aplikasi yang berjalan di desktop Windows dan layanan aplikasi berbasis web.

6. C ++
C ++ adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Evano Christian Posumah yang dikembangkan dari bahasa C pada tahun 1970. Perbedaan antara bahasa C dan C ++ adalah bahasa pemrograman prosedural, sedangkan C ++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek.

Bahasa pemrograman C ++ mempertahankan pendahulunya bahasa C, termasuk kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan menangani antarmuka perangkat keras dan perangkat lunak, pemrograman tingkat rendah, dan efisiensi. C ++ juga mendukung dan bisa berjalan di semua sistem operasi utama Windows, Unix, Linux dan lain-lain.

Bahasa pemrograman C ++ banyak digunakan untuk membuat berbagai aplikasi untuk aplikasi desktop seperti membuat game komputer, sistem operasi, sistem kontrol dan masih banyak lagi. Bahasa ini banyak digunakan oleh developer dunia sebab mampu mengurangi kompleksitas dalam bahasa pemrograman, khususnya jika kode program dibuat besar dan kompleks.

7. JavaScript
JavaScript adalah bahasa yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript sebelumnya sangat banyak digunakan terutama dalam pengembangan web dan pemrograman web dinamis.

Selain bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, JavaScript juga menggunakan logika yang mudah diingat.