Tips & Trik

5 Tips Aman Memakai HotSpot Wi-Fi Umum

Semua yang digunakan secara bersama-sama barang tentu akan memberikan dampak yang lebih berbahaya dibandingkan dengan yang digunakan secara pribadi, bukan? Tak terkecuali layanan Wifi/Hotspot publik yang kini sangat mudah ditemui, mulai dari restoran, hotel, kafe, hingga warung kaki lima. Nah, bagi Anda pengguna mobile yang kerap menggunakan layanan Wifi umum ini, ada beberapa tips aman yang harus senantiasa Anda lakukan. Lihat pengertian istilah Wifi, Hostspot dan Wireless disini.

tips aman wifi umum

Prinsip utama menggunakan akses publik adalah menghindari penggunaan internet banking dan transaksi keuangan lainnya. Hal lain yang juga Anda anggap penting sebaiknya hanya dikerjakan pada jaringan private.

Berikut 5 tips aman menggunakan wifi umum :

1. Gunakan Antivirus dan Firewall
Selalu gunakan antivirus dan perlindungan firewall terupdate dan terbaik di perangkat yang Anda miliki. Software-software tersebut setidaknya akan membantu Anda tetap berada dalam koneksi yang aman dan bebas gangguan meski tak 100%.

2. Enkripsi informasi penting
Jika memang mendesak dan harus melakukan transaksi keuangan atau pertukaran data penting, lakukan enksripsi dengan menggunakan VPN (virtual private netwerk). Tentu saja Anda harus mengeluarkan kocek untuk menikmati jasa VPN yang kredibel.

3. Cegah Bocor
Sedapat mungkin, hindari transaksi penting dan memberikan data kartu kredit ketika Anda tersambung via wifi publik, terlebih yang tidak dilengkap dengan password. Hacker dan pihak yang tidak bertanggungjawab akan sangat mudah masuk ke dalam jaringan Anda untuk melakukan kejahatan.

4. Matikan Mode Sharing
Khusus pengguna laptop dan PC, Anda dapat melakukan tips ini. Bila Anda memakai PC Windows, Anda bisa memulai dengan membuka pengaturan sharing lanjutan pada pengaturan Jaringan serta Internet dalam Control Panel. Dari sini, Anda akan dapat memilih untuk sharing file, printer, dan jaringan yang ditemukan, ini akan membuat computer Anda terlihat terhubung pada jaringan yang sama. Untuk Mac, masuklah ke Sistem Preferences, lalu Sharing, dan pastikan tak ada pilihan lain yang difungsikan.

5. Gunakan Secure Socket Layer (SSL)
Sebuah website pada prinsipnya cuma mentransfer content dalam wujud teks umum, Hal semacam itu mempermudah siapapun untuk menyusup dalam koneksi jaringan Anda. Banyak website memakai SSL untuk mengenkripsi transfer data, namun Anda tak mesti bergantung pada service website untuk berlindung. Anda bisa membuat koneksi ini terenkripsi dengan ekstensi browser SSL Everywhere. Dengan mengaktifkan plugin ini, nyaris semua koneksi website akan dilindungi memakai SSL.

Semoga bermanfaat!