Seputar Tekno

5 Macam Software Desain Grafis

Apa Sobat Gaptex pernah melihat iklan atau papan reklame yang mencuri perhatian? Atau logo-logo yang unik dan kreatif? Di zaman yang semakin modern ini, secara rutin Anda akan menjumpai beragam jenis cara pemasaran baru, dan terkadang pekerjaan tersebut berkaitan erat dengan desain grafis yang menarik. Sebuah profesi yang mulai berkembang pada tahun 1950-an dan sampai saat ini semakin maraknya dunia desain grafis.

5 Macam Software Desain Grafis

Apabila Anda baru ingin mempelajari desain grafis, pastinya kegiatan ini adalah hal yang sangat menyenangkan apalagi memiliki jiwa seni dengan rasa penasaran yang tinggi. Demi mendukung aktivitas mendesain grafis Anda, pastinya memerlukan software untuk edit grafis tersebut. Ada banyak software desain grafis yang dapat Anda gunakan untuk mulai belajar desain. Yang paling terpopuler dan bahkan telah menjadi standar dalam industri grafis adalah produk dari perusahaan Adobe. Salah satunya adalah Photoshop yang kehebatannya dalam mengolah grafis tidak diragukan lagi.

Selain Photoshop yang dapat juga digunakan untuk editing foto, ternyata masih ada lagi software desain grafis untuk membuat desain grafis. Berikut ini 5 macam software desain grafis yang di antaranya adalah:

1. Adobe Photoshop
Software ini adalah software desain grafis yang paling lengkap dan canggih. Kemampuan software ini dalam memperbaiki gambar dan foto yang sangat mumpuni. Photoshop banyak digunakan oleh percetakan dan fotografer pro, atau bahkan digunakan untuk keperluan rumahan.

2. CorelDraw
Software ini banyak digunakan oleh para desainer grafis untuk berbagai kebutuhan, contohnya dalam bidang promosi. Corel Draw sangat cocok untuk membuat desain brosur, poster, spanduk atau desain lainnya.

3. Adobe Ilustrator
Software ini dirancang khusus untuk membuat desain vektor. Anda dapat membuat logo, karakter animasi dan lainnya yang menyangkut ilustrasi desain vektor. Sobat Gaptex dapat membuat berbagai bentuk dari karakter yang nantinya dapat dipadukan dengan Photoshop untuk mempercantik efek visual

4. Adobe FreeHand
Adobe FreeHand merupakan software desain grafis vektor 2 dimensi yang menggunakan lambang geometri seperti garis, titik, lengkung dan poligon. Software ini sebenarnya milik perusahaan Macromedia dan kemudian di beli oleh Adobe pada tahun 2005.

5. AutoCAD
AutoCAD merupakan software desain grafis 2D atau 3D yang sangat kompleks. Software ini biasanya digunakan untuk para penggiat Teknik Sipil untuk mendesain sebuah bangunan seperti jembatan, rumah, mall atau gedung bertingkat lainnya.