Seputar Tekno

5 Fungsi Tersembunyi Yang Dimiliki Bluetooth

Seperti yang kita ketahui, Bluetooth adalah teknologi yang digunakan untuk menghubungkan sejumlah perangkat telekomunikasi dalam jarak pendek. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan koneksi nirkabel tersebut. Sejak diperkenalkan pada tahun 1994 hingga sekarang, Bluetooth terus mengalami peningkatan dengan versi terbarunya Bluetooth 4.0. Fungsi utama Bluetooth adalah berbagi file, namun ada beberapa fungsi lain yang perlu Anda ketahui untuk lebih mengoptimalkan penggunaan Bluetooth.

Fungsi Tersembunyi Yang Dimiliki Bluetooth

Setidaknya ada lima fungsi Bluetooth yang perlu diketahui, sebagai berikut :

1. Mencetak Dokumen
Aktivitas mencetak dokumen dengan kabel terkadang dirasa kurang praktis, terutama jika file yang hendak dicetak tersimpan di memori smartphone. Anda bisa saja memindahkan file tersebut ke PC atau notebook, lalu mencetaknya dengan menggunakan printer. Dengan koneksi Bluetooth, Anda kini tidak perlu lagi memindahkan file terlebih dulu. Apabila smartphone dan printer yang Anda gunakan sudah support dengan Bluetooth, Anda kini bisa langsung mencetak dokumen. Praktis, cepat, dan tidak repot lagi menyambung dan mencolokkan kabel.

2. Mendengarkan Musik
Pada tulisan sebelumnya, kita pernah mereview Bluetooth speaker dan Bluetooth headset, seperti JBL Clip+ dan Plantronics Backbeat Pro. Kedua produk tersebut menunjukkan bahwa Anda tidak perlu lagi colok-mencolok kabel untuk menikmati lagu-lagu favorit dari pemutar musik. Jika Anda ingin menyetel musik dengan suara kencang, Bluetooth speaker bisa menjadi pilihan. Sementara jika Anda ingin memutar musik dengan suara pelan, Bluetooth headset bisa Anda manfaatkan.

3. Berbagi Koneksi Internet
Anda pernah mendengar istilah “tethering”? Dengan fitur “tethering & hotspot”, Anda bisa menggunakan koneksi internet yang dimiliki smartphone lain. Tethering sendiri adalah berbagi koneksi internet dimana perangkat yang akan melakukan tethering harus terkoneksi dengan internet. Perangkat tersebut selanjutnya digunakan perangkat lain untuk mengakses internet. Dengan mengaktifkan koneksi Bluetooth, Anda dapat melakukan tethering sesama perangkat yang saling support satu sama lain. Namun biasanya, fitur ini menjadikan konsumsi baterai dan kuota data menjadi boros.

4. Menghubungkan Mouse, Keyboard, dan Proyektor
Seperti penggunaan Bluetooth speaker dan Bluetooth headset, aplikasi Bluetooth pada mouse, keyboard, dan proyektor, memungkinkan Anda untuk menggunakan keseluruhan perangkat tersebut secara nirkabel. Baik ketika menggunakan komputer maupun laptop, Anda tidak perlu lagi terganggu dengan kabel yang berseliweran di atas meja kerja. Dengan memanfaatkan Bluetooth, pekerjaan Anda menjadi semakin praktis. Anda cukup menyalakan aktivasi Bluetooth pada masing-masing perangkat untuk selanjutnya digunakan sesuai kebutuhan Anda.

5. Bertukar File dengan Kamera Digital dan Handycam
Jika memori penyimpanan pada kamera digital dan handycam Anda sudah penuh, Anda bisa memindahkannya ke perangkat lain, seperti smartphone, notebook, atau PC tablet. Syaratnya adalah seluruh perangkat yang digunakan support dengan koneksi Bluetooth. Namun yang kembali perlu diingat adalah Bluetooth digunakan dalam jarak pendek, biasanya tidak lebih dari jangkauan 10 meter. Semakin tinggi atau terbaru versi yang digunakan, transfer file yang dilakukan pun semakin cepat.

Semoga bermanfaat.