Seputar Tekno

5 Aplikasi Pada Smartphone Android yang Wajib Anda Hapus

Semakin banyak aplikasi yang diunduh ke ponsel Anda, maka semakin berkurang pula kapasitas RAM ponsel tersebut. Hal inilah yang menjadi penyebab smartphone kerap menjadi lemot saat digunakan. Dan tahukah Anda kalau ada beberapa aplikasi yang memenuhi internal memory dengan cache yang sangat banyak atau menyedot kuota data dengan sangat cepat. Tentunya hal itu akan merugikan, bukan?

Aplikasi Pada Smartphone Android yang Wajib Anda Hapus

Untuk menjaga kapasitas RAM dan kuota data pada ponsel Anda, berikut 5 aplikasi yang harus dihapus dari ponsel Anda :

1. Facebook
Aplikasi ini memiliki banyak fitur, ukuran file yang cukup besar, dan notifikasinya pun selalu muncul. Begitu juga dengan konten yang menghasilkan banyak cache dan memenuhi memory internal ponsel Anda, serta menguras kuota dengan sangat cepat. Sebaiknya Anda menghapus aplikasi ini dari ponsel, dan mengakses Facebook menggunakan browser tanpa perlu mengurangi RAM smartphone Anda.

2. Facebook Messenger
Aplikasi messenger dari Facebook ini juga cukup menguras RAM dan kuota internet, juga dapat membuat baterai ponsel menjadi ‘lowbat’ dengan cepat. Memang dengan aplikasi satu ini, Anda dapat mengobrol atau chat dengan teman Facebook secara intens. Tapi apakah Anda merelakan kuota Anda cepat habis hanya karena aplikasi chat ini?

3. Path
Path memungkinkan penggunanya untuk memajang foto dan video sehingga banyak sekali cache yang jumlahnya mencapai ratusan MB. Bagi Anda yang memiliki ponsel Android dengan spesifikasi terbatas, jangan heran kalau aplikasi Path Anda sering membuat ponsel Anda hang atau error. Aplikasi ini memang tidak dapat diakses dengan browser, jadi kalau Anda memang ingin memasangnya boleh saja asalkan Anda rutin membersihkan cache pada ponsel Anda dengan menggunakan Clean Master.

4. Aplikasi Widget Cuaca
Sebaiknya Anda segera menghapus aplikasi widget cuaca, baik itu dari bawaan ponsel ataupun yang sengaja Anda download. Karena aplikasi satu ini sangat memberatkan ponsel Anda. Tanpa disadari aplikasi satu ini berjalan terus menerus karena update cuaca yang berlangsung setiap saat. Anda masih dapat mengetahui keadaan cuaca dengan menggunakan WiFi saat Anda sedang berada di area WiFi. Anda tinggal ketik ‘weather’ di kolom pencarian Google.

5. Antivirus
Tahukah Anda kalau aplikasi antivirus yang tersedia secara gratis di Google Play Store memiliki ukuran yang rata-rata besar dan cukup berat untuk dijalankan pada smartphone. Hal itu disebabkan karena antivirus tersebut akan men-scan seluruh data yang terdapat pada memory internal ponsel. Jadi jangan heran jika ponsel malah bertambah lemot setelah memasang aplikasi antivirus.