Seputar Tekno

5 Alternatif Software Terbaik Selain Microsoft Office

Microsoft Office merupakan perangkat lunak besutan Microsoft yang berguna untuk mengelola data, membuat catatan maupun laporan, dan banyak kegunaan lainnya. Saat Sobat membeli sebuah komputer atau laptop, bisa dikatakan Microsoft Office menjadi software wajib yang ada di dalamnya. Namun karena besarnya memori yang di ‘makan’ oleh software tersebut, banyak orang mencari alternatif software terbaik selain Microsoft Office yang bisa digunakan. Apa sajakah itu?

Bukan hanya untuk PC saja, namun Microsoft Office sekarang gratis di Android dan iOS sehingga Anda bisa menggunakannya lewat perangkat mobile. Namun meskipun menjadi software wajib yang dimiliki saat Anda membeli laptop berbasis Windows, Anda harus membayar untuk mendapatkan software Microsoft Office secara resmi. Apabila Anda tidak mau membayar, mungkin Anda bisa mencari versi bajakannya, tapi tentu saja melanggar hak cipta sehingga beresiko yang harus Anda tanggung sendiri.

Oleh karena itu, kami akan memberikan 5 alternatif software pengganti Microsoft Office yang dapat Anda gunakan secara gratis, termasuk dalam mode offline. Walaupun gratis, software-software di bawah ini memiliki fungsi seperti Microsoft Office dan memiliki fitur yang tidak kalah banyaknya dibandingkan Microsoft Office.

1. Kingsoft Office
Kingsoft Office adalah perusahaan pengembang perangkat lunak yang berkantor pusat di Hong Kong, dan berfokus pada perangkat lunak perkantoran yang berisi tiga aplikasi kantor penting yaitu Kingsoft Writer, Kingsoft Presentation dan Kingsoft Spreadsheets. Didirikan pada tahun 1989, Kingsoft Office telah mengabdikan lebih dari dua dekade untuk pengembangan perangkat lunak perkantoran yang mudah digunakan. Ia telah mempertahankan antarmuka pengguna yang serupa dengan Microsoft Office yang berarti bahwa pengguna baru tidak memerlukan pelatihan ulang, dan ada tingkat kompatibilitas yang tinggi antara kedua produk tersebut.

Kingsoft Office adalah salah satu perusahaan paling awal yang terlibat dalam penelitian dan pengembangan pengolah kata dan aplikasi perkantoran lainnya, dan merupakan pemimpin pasar pada akhir tahun 1980an dan awal tahun 1990an. Saat ini, Kingsoft Office dipandang sebagai alternatif andalan selain Microsoft Office. Software ini juga telah menjalin hubungan kerja sama dengan Dell dan berkolaborasi dengan Intel dan IBM, serta akan terus berlanjut di masa mendatang, untuk secara konsisten menyediakan produk dan layanan inovatif berkualitas tinggi.

2. LibreOffice
LibreOffice adalah sebuah office suite gratis dan open source, sebuah proyek dari The Document Foundation. Ini bercabang dari OpenOffice.org pada tahun 2010, yang merupakan versi open source dari StarOffice sebelumnya. Suite LibreOffice terdiri dari program untuk pengolah kata, pembuatan dan pengeditan spreadsheet, tayangan slide, diagram dan gambar, bekerja dengan database, dan menyusun formula matematika. Software ini tersedia dalam 110 bahasa.

LibreOffice menggunakan format file ISO/IEC standar internasional OpenDocument sebagai format aslinya untuk menyimpan dokumen untuk semua aplikasinya. LibreOffice juga mendukung format file dari kebanyakan perkantoran utama lainnya, termasuk Microsoft Office, melalui berbagai filter import/eksport. LibreOffice tersedia untuk berbagai platform komputasi, termasuk Microsoft Windows, macOS, dan Linux (termasuk LibreOffice Viewer for Android) dan juga dalam bentuk office suite online.

3. Google Docs
Google Docs adalah program yang cukup lengkap untuk dijadikan sebagai pengganti Microsoft Office. Google Docs dibuat oleh perusahaan besar yang pastinya sudah Sobat kenal adalah Google. Hampir semua fitur dan kegunaan Microsoft Office juga akan ditemukan dalam program Google Docs.

Saat ini Google Docs menghadirkan tiga program yang bisa Anda nikmati secara gratis yakni Docs seperti Microsoft Word, Sheets seperti Microsoft Excel, dan Slides seperti Microsoft Power Point. Karena program ini berbasis web atau versi online, maka syarat utama untuk dapat menikmati program ini adalah dengan memiliki akun Google. Tidak sulit memiliki akun Google. Bahkan jika Anda memiliki satu akun Google, akun itu akan digunakan untuk semua aplikasi online yang dikeluarkan oleh Google.

4. Zoho Docs
Zoho Docs adalah Sistem Manajemen Dokumen Online di mana Anda dapat menyimpan semua file Anda dengan aman di lokasi yang terpusat, dan mengakses manapun secara online. Ini adalah homepage untuk semua dokumen, spreadsheet, presentasi, gambar, musik, video, dan lainnya. Anda dapat membuat, mengedit, berbagi, melihat dan mengunggah semua jenis file termasuk Zip, PDF, dan masih banyak lagi.

Zoho Documents juga berguna sebagai alat kolaborasi Online dimana Anda dapat berbagi dan berkolaborasi dengan teman atau kelompok anggota. File bersama mudah diakses dan mudah berkolaborasi dengan rekan kerja meskipun berada di zona waktu yang berbeda. Anda juga bisa melakukan banyak fungsi dengan file yang tersimpan, seperti file Archive, Attach files, file sharing, Send Email, Import dan Export.

5. Polaris Office
Polaris Office oleh Infraware, INC adalah layanan kantor gratis yang berjalan pada platform seperti Android, iOS, Windows dan macOS. Ia mampu mengedit format file Microsoft Office (doc/docx,hwp, ppt/pptx, txt, xls/xlsx) dan melihat file PDF. Semua file yang tersimpan di Polaris disinkronisasi dengan perangkat lain yang terhubung, sehingga dokumen diperbarui secara otomatis ke versi terbaru. Ini juga menyediakan berbagai layanan penyimpanan awan seperti Box, Dropbox, Google Drive, OneDrive, dan lainnya.

Selain itu, Polaris Office memiliki program agen yang memungkinkan mengunggah dan mendownload dokumen dari komputer desktop ke perangkat mobile. Ia juga tersedia dalam beberapa bahasa yaitu Cina, Inggris, Prancis, Jerman, Jepang, Korea, Rusia, dan Spanyol.