Tips & Trik

3 Langkah Atasi Aplikasi Messenger Terhenti (Keluar Sendiri)

Kami yakin, ketika Anda membuka artikel ini pastinya Anda sudah menggunakan aplikasi Messenger bukan? Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi chatting yang dikembangkan oleh Facebook Inc. dan terhubung langsung ke akun Facebook yang kita miliki. Dengan berbagai kemudahan yang ada di Messenger, namun aplikasi ini juga terkadang mengalami masalah seperti misalnya terhenti atau keluar sendiri. Untuk itu kami uraikan 3 langkah atasi aplikasi Messenger terhenti (keluar sendiri).

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Apa itu aplikasi Messenger
– Pop up aplikasi Messenger
– Penyebab aplikasi Messenger bermasalah
– 3 langkah atasi aplikasi Messenger terhenti (keluar sendiri)

Aplikasi Messenger terhubung dengan akun Facebook, semakin penggunanya akan mempunyai banyak teman Messenger sesuai dengan teman yang ada di Facebook. Namun meskipun begitu, Facebook Messenger termasuk dalam 5 aplikasi pada smartphone Android yang wajib Anda hapus.

“Sayangnya, Messenger Telah Berhenti” atau “Unfortunatetly Messenger Has Stoped” merupakan pop up yang sering muncul ketika Messenger terjadi masalah. Aplikasi Messenger terhenti atau error, dan akan keluar dengan sendirinya dikarenakan ponsel Anda membuka aplikasi terlalu banyak. Hal demikian sering terjadi karena ponsel Anda sudah banyak menyimpan sampah di dalam ponsel, sehingga akan menyebabkan aplikasi Messenger memunculkan pesan pop up tanda error. Untuk itu, berikut 3 langkah atasi aplikasi Messenger terhenti (keluar sendiri) yang bisa Anda coba untuk mengembalikan aplikasi tersebut bisa Anda gunakan kembali.

1. Hapus Data Messenger dan Hentikan
Langkah ini ampuh untuk memecahkan masalah di aplikasi messenger Anda yang sering terjadi karena Anda telah membebaskannya dari Chace, history, temporary, dan lain sebagainya. Anda dapat melakukan langkahnya dengan mudah, terlebih dahulu Anda buka menu Pengaturan (Settings) kemudian Manajemen Aplikasi, setelah itu cari aplikasi Messenger dan klik “Paksa berhenti” dan “Hapus Data”.

2. Install Ulang Aplikasi Messenger
Langkah menginstall ulang aplikasi Messenger Anda adalah cara ampuh untuk memecahkan masalah pada aplikasi Messenger Anda, karena jika Anda menginstal ulang aplikasi Messenger Anda maka aplikasi Messenger Anda akan terlihat seperti aplikasi Messenger pertama yang Anda install. Namun, sebelum menginstall ulang sebaiknya Anda menghapus file sampah dan restart telepon Anda. Ini dilakukan agar data aplikasi Messenger bersih secara total. Untuk menginstall aplikasi Messenger lagi, Anda harus menginstall aplikasi Messenger lagi di Google Play Store atau di Play.Google.com. Langkahnya yakni buka ke menu Pengaturan (Settings) lalu pilih Manajemen Aplikasi dan temukan aplikasi Messenger dan klik “Hapus installan”.

3. Hapus File Chace atau File Sampah
Salah satu penyebab masalah terjadi dalam aplikasi Messenger itu adalah karena banyaknya file sampah yang menumpuk di memori ponsel Anda yang akan menyebabkan aplikasi yang Anda jalankan terasa lambat. Sehingga Anda perlu untuk menghapus file Chace atau file sampah di smartphone Anda. Anda bisa melakukan langkah menghapus file Chace atau file sampah aplikasi Messenger dengan membuka menu Pengaturan (Settings) kemudian pilih Manajemen Aplikasi dan cari aplikasi Messenger lalu klik “Hapus Memori”.

Demikianlah, 3 langkah atasi aplikasi Messenger terhenti (keluar sendiri) yang kami uraikan khusus untuk Anda. Dengan salah satu maupun ketiga langkah ini, aplikasi Messenger Anda bisa digunakan kembali dengan lancar dan tanpa gangguan pop up error lagi. Semoga bermanfaat.