Berita

Xiaomi Mi 5c Rilis, Andalkan Prosesor Surge S1 Buatan Sendiri

Sepertinya Xiaomi memang ingin memberitahukan kepada dunia bahwa brand-nya sudah setara dengan para vendor smartphone penguasa seperti Apple, Samsung dan Huawei dengan meluncurkan prosesor Pinecone yang diberi nama Surge S1. Prosesor terbaru dari Xiaomi ini adalah prosesor pertama kali yang dibuatnya sendiri dan telah disematkan pada smartphone anyar mereka yang baru saja dirilis yaitu Xiaomi Mi 5c.

Xiaomi Mi 5c Rilis, Andalkan Prosesor Surge S1 Buatan Sendiri

Xiaomi resmi menghadirkan varian terbarunya yaitu Mi 5c. Namun pihak mereka sengaja tidak ingin mengumumkan smartphone tersebut di ajang MWC 2017 Barcelona, melainkan Xiaomi lebih memilih untuk merilis Mi 5c di National Convention Center, Beijing. Smartphone ini dirilis secara bersamaan dengan prosesor Pinecone pertama dari Xiaomi yang bertajuk Surge S1. Dengan dirilisnya prosesor Surge S1, Qualcomm dan MediaTek dikhawatirkan akan kehilangan Xiaomi sebagai pelanggan setianya.

Seperti produk sebelumnya, Xiaomi mengemas Mi 5c dengan desain yang manis dan enak dipandang. Dengan dimensi 144.4 x 69.7 x 7.1 mm serta bobot 135 gram serta warna varian Black, Gold dan Rose Gold membuatnya tampak terlihat cantik dan mewah. Layarnya mengusung 5,15 inch berteknologi IPS LCD 16 juta warna dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel berkerapatan 428ppi. Rasio body dan layarnya pun sangat ideal dengan persentase 72.6 %.

Keunggulan lainnya dari Xiaomi Mi 5c adalah sistem operasinya yang telah berjalan pada Android versi 7.1 Nougat sehingga masalah boros baterai sudah tidak ada lagi, sedangkan antarmuka Xiaomi memasang versi yang paling baru yaitu MIUI 8. Dalam urusan performa, Mi 5c memakai prosesor Surge S1 yang merupakan saingan CPU mid-range seperti Qualcomm Snapdragon 625, Helio P23 atau HiSilicon Kirin 655. Prosesor tersebut diklaim memiliki performa dan tenaga yang melebihi Snapdragon 625 dilihat dari hasil Benchmark. Kemudian kemampuan prosesor didukung oleh RAM 3 GB dan memori internal 64 GB.

Kabarnya Xiaomi Mi 5c akan mulai dipasarkan pada 3 Maret 2017 di Negara China terlebih dahulu dengan harga 1.499 Yuan atau sekitar Rp 2.8 jutaan. Meski begitu, belum diketahui apakah ponsel anyar ini memiliki ketersediaan selain di pasar Tiongkok. Namun Xiaomi Mi 5c dipastikan akan hadir di Indonesia karena telah memenuhi syarat TKDN melalui kerja sama dengan PT. Erajaya Swasembada dan PT. Sat Nusapersada.