Berita

Vivo Xplay 5 Elite, Smartphone Pertama di Dunia dengan RAM 6 GB

Pasar smartphone modern saat ini sudah tidak segan-segan lagi bersaing gila-gilaan soal spesifikasi. Berkat kemajuan teknologi, tentu saja. Jika beberapa waktu lalu setiap vendor saling berlomba-lomba menawarkan layar super tajam, lalu kamera ber-megapixel gahar, dan terakhir prosesor deca-core, bagaimana dengan trend sekarang? Kita bisa meramalkan bahwa, tidak lama lagi, persaingan akan bergeser ke ranah memori.

Vivo Xplay 5 Elite, Smartphone Pertama di Dunia dengan RAM 6 GB

Diumumkan di Beijing pada penghujung bulan Februari 2016 kemarin, Vivo Xplay 5 Elite menjadi smartphone pertama di dunia yang dipersenjatai dengan RAM sebesar 6 GB. Iya, Anda tidak salah baca, kok. Smartphone satu ini bakal memiliki memori jauh lebih besar daripada kebanyakan laptop sekarang. Jika Anda tidak begitu familiar dengan brand-nya, mari kita flashback sedikit ke tahun 2014. Vivo bukanlah pemain baru. Tahun 2014 kemarin, Vivo Xplay 3S diluncurkan dengan menawarkan tampilan resolusi Quad HD (1440 x 2560) pertama di dunia. Hanya saja, saat itu LG lebih gesit dengan cepat-cepat memasarkan G3 ke berbagai negara.

Vivo Xplay 5 juga bukan cuma soal memori. Layar AMOLED 5.43 inci-nya juga memiliki resolusi Quad HD dan melengkung di kedua sisi seperti layar Samsung Galaxy S7 Edge. Ia hadir lengkap bersama software yang didesain khusus untuk mendukung fungsionalitas edge. Bodinya terbuat dari logam campuran aluminum dan magnesium, sehingga bisa dipastikan bahwa smartphone ini super kuat tetapi tidak terlalu berat. Desainnya pun dibuat ergonomis agar pas dan nyaman dalam genggaman tangan. Adapun dapur pacu ditenagai oleh Snapdragon 820 dan baterai 3.600 mAh berfitur fast charging. Di panel belakangnya, kita bisa menemukan kamera Sony IMX298 16 MP, LED flash dual-tone, dan sensor sidik jari.

Fitur unik lain dari Vivo Xplay 5 yakni sistem pendinginannya. Vivo Xplay 5 menggunakan sistem pendinginan berbasis liquid (cairan). Sistem ini jauh lebih efektif daripada sistem pendinginan dengan menggunakan udara. Sehingga, tidak mengherankan ketika Vivo mengklaim performa Xplay 5 tidak akan terpengaruh oleh isu overheat.

Saat ini, baru Vivo Xplay 5 dengan RAM 4 GB yang sudah siap untuk pre-order. Harganya lumayan, sekitar US$565 atau Rp7.486.250,00. Sementara, Vivo Xplay 5 Elite dengan RAM 6 GB diperkirakan bakal dibanderol paling tidak US$600 alias nyaris Rp 8 juta-an.

Ngomong-ngomong, perlu diingat, bukan cuma Vivo Xplay 5 Elite yang siap beraksi dengan RAM 6 GB. Samsung Galaxy Note 6 digosipkan juga hendak mengusung RAM 6 GB. Apakah diam-diam sang vendor asal Korea Selatan mau mencuri start rilis?

Mari kita nantikan kehadiran kedua produk super ini di tanah air.