Berita

Vivo X20 Plus UD, Smartphone Pertama dengan Fingerprint In-display!

Sebelum ini, kami telah memberitakan beberapa kali mengenai Vivo yang mencetuskan inovasi paling anyar di dunia smartphone yaitu fingerprint in-display. Sebenarnya hal ini sudah dipamerkan Vivo pada bulan Juli 2017 lalu, namun akhirnya perusahaan tersebut secara resmi memperkenalkan Vivo X20 Plus UD, smartphone pertama dengan fingerprint in-display di dunia!

Dalam acara Consumer Electronics Show (CES) 2018 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, awal bulan ini, Vivo memamerkan perangkat smartphone pertama di dunia dengan teknologi fingerprint scanner yang terintegrasi dengan layar (in-display). Namun saat itu, nama perangkat belum diungkapkan. Belakangan, minggu ini, Vivo akhirnya meluncurkan perangkat dengan nama X20 Plus UD.

Dikembangkan melalui kolaborasi dengan Synaptics sebagai pemilik teknologi pemindai sidik jari in-display, Vivo X20 Plus UD adalah varian baru dari ponsel X20 Plus yang meluncur pada bulan September tahun lalu. Sensor pemindai sidik jari Synaprics yang disematkan di bawah layar Vivo X20 Plus UD diklaim mampu mendeteksi sidik jari dalam beberapa milidetik dan mampu bekerja di bawah lapisan tebal 1,5 mm, termasuk pelindung layar atau antigores.

Pengguna cukup meletakkan jari di bagian bawah layar ponsel tempat pemindai sidik jari berada. Yang membuat Vivo X20 Plus UD berbeda dari smartphone lainnya saat ini, proses pemindaian tidak dilakukan pada permukaan alat khusus, namun langsung di layar.

Jika dibandingkan dengan teknologi konvensional, fingerprint in-display ini memungkinkan layar ponsel menutupi hampir seluruh bezel-lezz tanpa harus memindahkan pemindai sidik jari ke belakang. Vivo juga mengklaim bahwa dengan memasukkan pemindai sidik jari di layar, perangkat akan lebih mudah membuat anti air dan debu.

Spesifikasi Vivo X20 Plus UD mencakup layar 6,43 inci yang beresolusi Full HD 2,160 x 1,080 piksel dan aspek ratio 18: 9, seperti pendahulunya Vivo V7, prosesor Snapdragon 660, 3.905 mAh boreai, RAM 4 GB, penyimpanan internal 128 GB, dan kamera 12 MP ganda di bagian belakang dan Kamera selfie 5 MP.

Vivo X20 Plus UD akan mulai dipasarkan di China dengan tag harga 3.598 yuan atau sekitar Rp 7,2 juta pada 1 Februari mendatang. Tentu saja harganya tidak murah untuk ukuran smartphone China dengan spesifikasi mid-range. Tetapi, teknologi fingerprint in-display membuatnya lebih bermakna dari perangkat lainnya. Sedangkan, jadwal kehadirannya di negara lain diluar China masih belum diketahui.

Tapi ada hal penting yang harus Anda ketahui sebelumnya. Pelindung layar yang melebihi ketebalan tertentu akan menghalangi fungsi pemindai sidik jari tersebut. Untuk memastikan Anda tidak memiliki masalah dengan pembaca biometrik, smartphone ini akan terjual lengkap dengan screen protector dari Vivo. Cukup tipis, namun tetap bisa memberikan fungsi yang bagus untuk pemindai sidik jari in-display.

Anda juga harus hati-hati karena goresan di layar di tempat tertentu akan bisa menghalangi kerja pemindai sidik jari. Bisa dikatakan tidak akan berhasil. Maka Anda harus membeli pelindung layar baru. Tapi dengan tenang, Vivo sudah menyediakan bagi Anda yang membutuhkan pelindung layar standar perusahaan.