Berita

VAIO akan Rilis Smartphone Android bertajuk Phone A

Tiga tahun lalu, perusahaan raksasa asal Jepang yaitu Sony, membuat keputusan yang cukup mengejutkan dimana perusahaan tersebut menjual divisi VAIO. Apakah Sobat Gaptex masih ingat dengan merk ini? Ya, nama VAIO tadinya disematkan pada laptop-laptop premium dari Sony. Namun seiring memburuknya ekonomi penjualan dari Sony, divisi laptop VAIO pun akhirnya dijual. Perusahaan Jepang yang membeli VAIO juga cukup bijaksana dalam mengembangkan namanya yang masih mempunyai kesan gahar. Tahun lalu, mereka merambah bisnis smartphone yang menjadi ladang subur bagi para pembisnis teknologi saat itu.

VAIO akan Rilis Smartphone Android bertajuk Phone A

Tetapi sayangnya, beberapa hal yang diharapkan tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Seperti contohnya smartphone pertama VAIO yang diluncurkan tahun 2016 lalu di dukung oleh Windows Phone. Platform mobile Windows memang dikabarkan cukup kewalahan karena kalah bersaing dengan platform Android dan Ios. Smartphone itu bernama VAIO Phone Biz yang sebenarnya memiliki desain cantik namun tidak begitu mengesankan bila dipandang dari hardware-nya.

Penjualan VAIO Phone Biz bisa dikatakan sangat mengecewakan, sehingga pabrikan Jepang ini bertekad untuk memperbaiki hal tersebut dengan merilis smartphone anyar dengan spesifikasi menjanjikan. Untuk mewujudkan rencananya, kali ini VAIO memasang sistem operasi Android dalam upaya membentuk bisnis smartphone-nya kembali.

Tetapi perusahaan sepertinya tidak mau menghabiskan terlalu banyak dana untuk membuat R & D tambahan sehingga mereka lebih menghadirkan perangkat yang sama seperti produknya tahun lalu. Bedanya hanyalah perangkat sekarang menjalankan sistem operasi Android. Ponsel ini bernama VAIO Phone A. Dengan mengusung layar sentuh seluas 5,5 inch dan beresolusi Full HD 1080p membuatnya seperti ponsel premium seperti brand lainnya.

Kemudian untuk dapur pacunya, VAIO Phone A menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 617 yang dipadukan dengan RAM 3 GB dan memori internal sebesar 16 GB. Bila dirasa kurang, Anda masih bisa menambahkan memori dengan microSD. Selain itu terdapat pula kamera utama sebesar 13 MP dan kamera depan sensor 5 MP.

Meskipun sama namun bukan berati tidak ada perubahan dari tahun lalu sebab untuk model Android telah ditambahkan Dual-SIM dan radio 3G. Kabarnya, ponsel dengan Android Marshmallow ini akan diluncurkan di Jepang pada tanggal 7 April mendatang dengan harga jual sebesar $225 atau setar Rp 3 juta, dan kemungkinan akan dijual di negara lain.