Berita

U11 Eye, Smartphone HTC Pertama Usung Dual Kamera Selfie

Seperti yang Sobat Gaptex ketahui, tren kamera ganda di bagian selfie masih mendominasi pasar smartphone saat ini. Setelah banyak smartphone flagship hingga mid-range yang memasang kamera ganda selfie, kali ini HTC memperkenalkan keberadaan produk smartphone terbarunya yang bernama U11 Eye.

Setelah tren kamera ganda di bagian belakang seperti yang tersemat pada Asus ZenFone 4 Max, nampaknya tren kamera ganda selfie mulai muncul di antara vendor gadget. HTC menjadi produsen terbaru untuk mengenalkan smartphone terbarunya dengan dual selfie camera. Smartphone tersebut bernama HTC U11 Eye ini dilengkapi dua buah sensor di sisi depan, masing-masing memiliki resolusi 5 MP dan lensa aperture f/ 2.2 dengan bidang pandang 80 derajat.

Kamera ganda ini mampu mengabadikan foto selfie dengan efek blur di latar belakangnya (bokeh) dimana latar belakangnya terlihat kabur, sedangkan objek utamanya tetap tajam. Ada juga fungsi stiker HDR Boost dan Augmented Reality (AR) yang bisa menambahkan aneka kreasi di seputar wajah pengguna, seperti Snapchat di Snapchat dan Facebook.

Dual kamera tersebut juga digunakan untuk fitur unlock wajah, dan memiliki kemampuan untuk mendeteksi apakah ada gambar wajah yang nyata atau hanya gambar atau video. Tetapi, masih belum jelas apakah kamera ganda yang ada bisa tertipu dengan penggunaan masker 3D seperti yang dimungkinkan oleh iPhone X. Dengan kekurangan ini, HTC nampaknya hanya merekomendasikan pengguna menggunakan fitur ini untuk membuka kunci perangkat dan tidak disarankan menggunakan otorisasi pembayaran.

Sementara di bagian belakangnya, HTC U11 Eye tertanam kamera utama dengan resolusi 12 MP dan bukaan lensa dengan f/1.7. HTC juga membenamkan fitur optical image stabilizer (OIS) dan perekaman video 4K pada alat pengambilan foto ini. Di bawah peletakan kamera terdapat sensor sidik jari untuk membuka kunci smartphone serta memberi otorisasi pembayaran.

Dari segi tampilan, desain HTC U11 Eye merangkul konsep “Liquid Design” yang semuanya mengilap seperti flagship U11 Plus sebelumnya. Ukuran layar 6 inci dan bezel tipis rasio aspek 18: 9 dengan resolusi 2160 x 1080 piksel. Untuk dapur pacunya, HTC U11 Eye dilengkapi chipset kelas menengah dari Qualcomm Snapdragon 652. Spesifikasi lainnya meliputi 4 GB RAM, media penyimpanan 64 GB, baterai 3.930 mAh, dan tahan air plus debu berkat sertifikasi IP67. Sedangkan sistem operasi yang sudah berjalan pada smartphone ini ialah Android Oreo.

HTC U11 Eye telah tersedia di Hong Kong minggu ini seharga 3.898 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 6,7 jutaan. Namun, jadwal ketersediaan ponsel tersebut secara global belum diketahui.