Tips & Trik

Trik Membuka Video YouTube Yang Diblokir

YouTube merupakan salah satu aplikasi yang paling populer dan pasti Anda sering kunjungi ketika mencari berbagai jenis video yang ingin Anda tonton. Sayangnya, tidak semua video di YouTube dapat Anda lihat. Karena terdapat beberapa konten yang tidak dapat di lihat karena pemblokiran! Untuk itu, kali ini kami rangkumkan trik membuka video YouTube yang diblokir agar bisa membantu Anda membuka video yang Anda inginkan.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Fungsi YouTube
– Rating YouTube
– Alasan-alasan video YouTube diblokir
– Trik membuka video YouTube yang diblokir

Sebagian besar pengguna internet di Indonesia menonton atau melihat video online melalui situs YouTube. Situs video ini membuktikan urutan terbesar no.2 dari Top Site yang sering dikunjungi dari warga lokal melalui Alexa.com. Perlu Anda ketahui, terdapat cara mudah download video YouTube di Android yang kami rangkumkan pada artikel kami sebelumnya. Ini menjadi jawaban untuk Anda yang bingung untuk mendownload video di YouTube.

Akan tetapi Anda juga pasti pernah merasakan terkadang jangankan mendownload video, ketika ingin membuka video saja ada beberapa yang mengalami kondisi di mana video yang ingin Anda tonton tidak dapat diputar karena diblokir oleh pihak YouTube. Pemblokiran terjadi karena beberapa hal, salah satunya dari pihak pengunggah yang tidak mengizinkan videonya disaksikan pengguna di negara tertentu. Penggemar musik EDM pasti ingat kasus klip video David Guetta berjudul Love is Gone yang tidak bisa diputar di Indonesia saat itu karena diblokir oleh pihak label langsung.

Alasan lain video YouTube diblokir adalah adanya batasan usia untuk beberapa konten tertentu. Biasanya, YouTube akan menentukan usia pengguna dan menentukan layak atau tidaknya pengguna tersebut menonton konten yang ada dalam video. Untuk menyiasati hal ini, berikut ini trik mudah membuka video youtube yang diblokir yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Menggunakan ProxMate
Untuk mengatasi masalah pemblokiran video YouTube, Anda dapat menggunakan ProxMate. ProxMate adalah plugin atau ekstensi browser yang membantu Anda menonton video YouTube yang sudah diblokir sekalipun dengan mengandalkan proxy yang mampu melintasi batas-batas aturan sebuah situs, termasuk YouTube.

Cara penggunanya cukup mudah. Jika Anda menemukan video yang diblokir padahal ingin Anda tonton, Anda cukup mengaktifkan ProxMate melalui menu bar yang tersedia. Cukup dengan satu klik, baik untuk menyalakan atau mematikan, maka video yang semula diblokir bisa Anda lihat. Sangat disarankan untuk menggunakan Chrome sebagai browser jika Anda ingin mengaktifkan ProxMate.

2. Menggunakan Tunnel banner
Selain menggunakan Proxmate Anda dapat menggunakan Tunnel banner. Caranya adalah dengan membuka vpn suatu jaringan. Cara kerja Tunnel banner ini adalah membuka vpn yang menjadi akses jaringan ke video yang diblokir. Bukan hanya video tetapi juga situs yang diblokir. Cara menggunakannya adalah dengan menginstal lalu masuk pada aplikasi Tunnel banner kemudian hidupkan atau matikan di menu utama. Hanya dengan menyalakannya Anda sudah dapat menikmati video YouTube yang diblokir sekalipun.

3. Tanpa Software atau Ekstensi
Bagi Anda yang tidak ingin repot dengan software atau ekstensi browser tambahan, maka trik membuka video YouTube yang diblokir ini pasti lebih cocok untuk Anda. Dikutip dari TribunStyle.com, Anda dapat menonton video yang diblokir yang Anda inginkan dengan melakukan trik secara manual. Cara manual yang perlu Anda lakukan hanya sebatas mengubah tautan url pada video yang diblokir. Tautan url YouTube yang biasanya dimulai dengan https://www.youtube.com/watch?v= kemudian Anda ubah saja ke https://www.youtube.com/v/ atau dengan kata lain ubah “/watch? V =” ke “/v/”. Video yang semula diblokir kemudian dapat Anda tonton.

4. Menggunakan Hola
Hola bisa menjadi plugin dan situs website sehingga dapat menjadi salah satu trik membuka video YouTube yang diblokir. Anda hanya perlu menginstal Hola. Instalan tersebut jika dalam bentuk plugin, tetapi jika dalam bentuk situs website Anda hanya perlu mengunjungi situs website Hola. Setelah Anda selesai pilih negara mana Anda menggunakan Hola kemudian buka video yang diblokir.

Demikianlah trik membuka YouTube yang diblokir, Anda sekarang bebas untuk menonton video apapun yang Anda inginkan di YouTube. Meski begitu, kami mengingatkan Anda untuk tetap menjadi pengguna dan penonton YouTube yang bertanggung jawab dan bijak. Semoga bermanfaat.