Seputar TeknoTips & Trik

Trik Membedakan Laptop Original dan Laptop KW

Saat ini, laptop menjadi alat kebutuhan yang begitu penting selain smartphone. Dengan menggunakan laptop, kita bisa mendapatkan berbagai kemudahan unfuk melakukan aktivitas komputasi sehari-hari. Berkat bobot dan bentuknya yang simpel, banyak Sobat Gaptex yang lebih memilh membeli laptop daripada komputer PC. Namun saat membeli laptop, Anda perlu tahu trik membedakan laptop original dan laptop KW, sehingga tidak mudah tertipu oleh penjual nakal.

Di kesempatan sebelumnya, kami juga telah memberikan beberapa trik jitu, salah satunya ialah trik membedakan baterai laptop original, OEM dan KW yang bisa Anda jadikan acuan saat ingin membeli baterai laptop baru. Namun kali ini, kita akan mencari tahu bagaimana caranya membedakan laptop palsu alias KW yang saat ini banyak sekali beredar di toko-toko tanpa Anda sadari.

Berikut ini beberapa trik membedakan laptop original dengan laptop KW:

1. Periksa Harga Laptop
Sebelum membeli laptop yang Anda inginkan, Anda harus mencari tahu harga pasaran laptop secara online. Anda harus curiga laptop yang dijual lebih murah karena laptop KW biasanya akan dijual lebih murah dari pada laptop aslinya. Namun, terkadang ada juga penjual laptop yang menjual KW dengan harga sama seperti harga laptop aslinya. Anda harus berhati-hati lagi dalam membelinya dan mintalah saran teman atau keluarga Anda sebelum membeli laptop.

2. Teliti dengan brosur dan merek laptop
Sebelum membeli laptop, biasanya Anda akan disuguhkan brosur produk. Isinya soal spesifikasi laptop secara detail serta berbagai kelebihannya. Tapi terkadang brosur itu terbuat dari kertas fotokopi biasa dan isinya bisa dikatakan tidak lengkap. Maka Anda harus curiga. Reseller laptop resmi biasanya akan menyediakan brosur dengan kualitas bagus dan memiliki stiker resmi dari setiap merek laptop yang dijualnya. Jangan lupa mengecek kesesuaian isi brosur dengan laptop secara langsung.

3. Periksa Segel Laptop
Periksa segel menjadi cara termudah untuk membedakan laptop asli atau tidak. Ini karena segel laptop asli akan dipasang rapi dan memiliki kualitas bagus seperti hologram atau segel merek laptop itu sendiri. Sedangkan laptop KW biasanya akan memiliki segel yang kurang rapi dan kualitas yang kurang bagus pula.

4. Periksa Kondisi Laptop
Memeriksa kondisi bodi laptop juga cukup mudah dilakukan karena laptop asli pastinya telah melewati proses quality control yang akan membuat laptop sangat baik tanpa cacat sama sekali. Namun, pada laptop KW biasanya akan ada cacat meski hanya sedikit karena laptop merupakan rakitan toko itu sendiri.

5. Periksa Spesifikasi Laptop
Seringkali SPG laptop biasanya akan menyediakan brosur dimana akan ada spesifikasi yang tersemat pada laptop tersebut. Jika ingin membelinya, alangkah baiknya jika Anda mengecek spesifikasi terlebih dahulu karena bisa jadi brosur yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang ada di laptop.

6. Periksa Kartu Garansi
Kemudian, Anda bisa mengecek kartu garansi laptop. Hal ini dikarenakan garansi bakal menjamin kualitas laptop tersebut. Garansi yang diberikan juga bervariasi, mulai dari 6 bulan, setahun, dua tahun, bahkan ada yang lima tahun. Namun, laptop asli biasanya hanya akan memberikan kartu garansi selama 1-2 tahun saja.

7. Ajak Teman yang Mengerti Laptop
Agar keputusan yang diambil lebih meyakinkan dan sesuai, lebih baik ajaklah kerabat, kolega, atau teman kerja yang mengerti dan paham tentang laptop luar-dalam. Umumnya, mereka akan tahu apa laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita, bahkan akan mengacu pada beberapa merek kualitas tertentu. Secara otomatis mereka juga bisa mengetahui laptop mana dari merek resmi atau yang dirakit.

8. Periksa Kualitas Layar
Layar atau LCD pada laptop merupakan komponen yang sangat penting, karena bisa mengungkap keseluruhan hasil operasional laptop. Anda bisa mengecek apakah ada bintik noda di layar, biasanya putih dan sangat terlihat bila dilihat dalam latar belakang yang terang. Jamur di layar juga sering menjadi masalah yang luput dari pemantauan. Cara mengeceknya dengan memiringkan layar sekitar 30 derajat, dimana akan terlihat warna putih seperti jamur.

9. Periksa Baterai dan Charger
Komponen ini juga sangat penting, jadi Anda harus teliti memeriksanya. Baterai laptop dapat diperiksa di dalam ikon baterai di kanan bawah taskbar. Anda bisa melihat hasil monitoring, jika kondisi 100% charge penuh tapi hanya dipakai 5 menit saja yang turun sampai 80%, maka tanda-tanda baterainya kurang bagus.

Baterai fisik bisa dilihat dengan melepas kunci di bagian belakang laptop. Periksalah apakah baterai asli atau baterai palsu/replace. Sedangkan cara mudah untuk mengecek charger adalah memasukkan colokan listrik ke laptop. Dari segi fisik, pengisi daya yang asli biasanya agak berat dibanding non-ori.

Demikianlah trik membedakan laptop asli dengan laptop KW. Jangan percaya dengan mudah! Anda harus mengecek laptop sekali lagi dengan sangat hati-hati agar tidak menyesal saat membelinya nanti. Semoga bermanfaat!