Tips & Trik

Tips Sehat Lindungi Mata dari Radiasi Smartphone

Di era globalisasi sekarang ini smartphone telah menjadi kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan bagi setiap orang, tidak dipungkiri bila ponsel pintar tidak bisa lepas dari tangan dan juga penglihatan mata walaupun 10 menit. Walaupun sebenarnya, ponsel juga saat ini termasuk sesuatu yang bisa membantu dan mendukung dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun perlu diketahui terdapat beberapa penyebab yang sangat berbahaya jika terlalu lama menggunakannya. Jika mata terasa perih, maka hal yang harus dihindari adalah mengubah pola pengoperasian smartphone dengan mengikuti tips sehat lindungi mata dari radiasi smartphone.

Meski smartphone ini memiliki banyak kegunaan bagi penggunanya, smartphone ini tetap memiliki konsekuensi buruk bagi kesehatan manusia, sebaiknya Anda harus mengetahui tips meminimalisir radiasi ponsel agar aman dan terhindar dari hal buruk radiasi tersebut.

Tips Sehat Lindungi Mata dari Radiasi Smartphone
Menggunakan smartphone dapat membuat mata terasa perih ini disebabkan oleh radiasi layar smartphone yang berlebihan, hal tersebut bisa dihindari dan dicegah agar penglihatan mata tetap sehat. Beberapa tips sehat lindungi mata dari radiasi smartphone di bawah ini dapat Anda terapkan sebelum terlambat.

1. Gunakan Pelindung Layar
Sebagai pengguna smartphone yang cerdas, ada baiknya dapat mengatur penggunaan smartphone jangan sampai terlalu berlebihan dalam penggunaannya. Tips pertama gunakan pelindung layar smartphone Anda dengan antigores dan sebagainya, pasanglah pelindung layar yang jernih untuk meminimalisir efek radiasi dari smartphone Anda.

2. Sesuaikan Kecerahan Layar
Sesuaikan tingkat kecerahan layar berdasarkan kondisi di sekitar Anda. Pengaturan kecerahan yang terlalu rendah atau terlalu banyak dapat membuat stres mata Anda dan bisa menimbulkan masalah dalam mempertahankan fokus. Oleh karena itu Anda harus menghindarinya dengan mengatur resolusi kecerahan layar smartphone yang digunakan dengan tepat, tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup.

3. Menggunakan Kacamata
Kacamata bisa dijadikan alternatif lain untuk melihat benda dengan jelas, kacamata biasanya digunakan untuk penderita penyakit rabun. Tapi sekarang ini tidak sedikit kacamata yang digunakan hanya sebatas hanya bergaya. Bahkan jika Anda tidak memiliki penyakit rabun, Anda bisa menggunakan kacamata biasa untuk mengurangi radiasi dari ponsel cerdas Anda.

4. Gunakan Smartphone Dalam Jarak Aman
Jika smartphone Anda tidak memiliki antigores atau apapun, langkah lain untuk meminimalkan efek radiasi adalah dengan mengatur jarak smartphone saat Anda gunakan, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan mata. Jarak yang aman saat menggunakan smartphone kira-kira 30cm, intinya tidak terlalu dekat saat menggunakannya.

5. Batasi Penggunaan Smartphone
Sebagai pengguna smartphone Annda harus membatasi penggunaan smartphone paling tidak 2 jam digunakan untuk istirahat. Dalam waktu tersebut, hindari memegang smartphone Anda, meski terlihat sangat berat bagi Anda, namun Anda tetap harus melakukannya untuk kebaikan Anda sendiri. Istirahatkan mata sejenak ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Mengistirahatkan mata sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar tetap segar dan sehat. Dengan sering mengistirahatkan mata Anda, hal itu akan mengurangi kelelahan pada mata, jadi penglihatan Anda tidak terganggu.

6. Keluar Untuk Melihat Pemandangan
Meski hal ini tidak berhubungan dengan smartphone, namun tips ini sangat efektif, dengan melihat pemandangan di luar, terutama pepohonan, maka mata Anda akan mengalami kesehatan dan kebugaran. Anda tidak boleh terus-terusan hanya menyaksikan smartphone, sesekali lihatlah pemandangan di luar.

7. Berkedip Sesering Mungkin
Menurut sebuah penelitian, setiap orang mengedipkan mata tiga kali lebih sedikit saat sedang asyik menggunakan smartphone. Dengan berkedip sesering mungkin bisa menjaga mata tetap lembab dan mata tidak akan merasa kekeringan yang menyebabkan mata perih.

8. Hindari Mengucek Mata Secara Berlebihan
Jika Anda mengucek mata terlalu sering saat mata kering atau berdebu, sebaiknya hentikan melakukannya. Mengucek mata terlalu sering bisa menyebabkan iritasi pada mata dan hal-hal seperti ini biasanya disebabkan karena debu dan kotoran yang jatuh di mata. Anda seharusnya hindari mengucek mata secara berlebihan saat menggunakan smartphone.

9. Sering Berkonsultasi
Anda harus sering berkonsultasi ke dokter jika Anda mengalami sesuatu yang aneh pada mata. Terlalu sering menggunakan smartphone memang bisa menyebabkan kerusakan mata dan rasa sakit, jika mengalami gejala ini segera konsultasikan ke dokter atau sejenisnya.

10. Berbaring datar saat membaca
Pada malam hari, saat Anda harus membaca dengan kondisi berbaring, lakukan dengan terlentang. Berbaring ke satu sisi (kiri atau kanan) akan memberi tekanan tinggi pada mata dan menyebabkan penyimpangan penglihatan antara kiri dan kanan. Berbaring datar atau telentang adalah cara terbaik untuk memberi perhatian pada kondisi terbaik.

Demikianlah beberapa tips sehat yang dapat kami sampaikan agar dapat meminimalisir radiasi yang dapat membahayakan mata Anda. Mudah-mudahan Anda bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan smartphone ini. Lindungi kesehatan mata Anda.