Tips & Trik

Tips Menghemat Paket Data Internet di Android

Memang sangat mengasyikkan berselancar di dunia maya, hingga tidak jarang banyak yang lupa bahwa setiap menjalankan aplikasi tersebut otomatis akan terus-terusan menyedot paket data internet. Sehingga paket data ini menjadi jajanan yang lebih sering dibeli ketimbang yang lain. Sebaiknya cobalah menerapkan tips menghemat paket data internet di Android Anda, agar berselancar tetap lancar namun tidak boros paket data pastinya.

Dalam hal ini Anda dapat mengetahui:
– Penggunaan paket data internet
– Tips menghemat paket data internet di Android

Menurut Kompas.com, karena semakin banyak komunikasi dilakukan menggunakan ponsel cerdas, kebutuhan paket data atau kuota internet semakin besar. Namun perhatikan, jangan sampai kebutuhan ini justru membuat kantong Anda malah jebol. Saat ini, pengguna dapat memilih antara paket internet unlimited atau dengan kuota. Keduanya memiliki batas penggunaan yang wajar, hanya saja perbedaannya jika paket unlimited, pengguna masih dapat mengakses internet meskipun kecepatannya berkurang. Sementara pada paket kuota, koneksi internet bisa langsung terputus.

Berikut beberapa tips menghemat paket data internet di Android, antara lain:

Ubah fitur Maps ke mode offline
Aplikasi Maps di ponsel dapat menguras kuota internet Anda dengan cepat. Dan anehnya banyak pengguna yang tidak menyadari hal ini. Padahal aplikasi Maps ini dapat menghabiskan lebih banyak paket data saat Anda menggunakannya layanan navigasinya. Maka dari itu aktifkan fitur Maps ini saat Anda butuhkan saja, jika sedang tidak membutuhkannya sebaiknya ubah ke mode offline.

Gunakan fitur Chrome Data Saver untuk browsing
Jika Anda pengguna Chrome browser, Anda dapat memangkas penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkan fitur ini Anda bisa ke menu Settings> Data Saver >ON. Fitur ini dapat mengompres data Anda hingga 50% untuk mengurangi penggunaan data di ponsel Android Anda.

Batasi penggunaan data di background (Restrict Background Data)
Jika Anda benar-benar merasa boros dengan paket data, salah satu cara untuk menghemat adalah menghentikan penggunaan data di background. Anda dapat pergi ke menu Settings> Data Usage> ketuk tiga garis vertikal di kanan atas> Restrict background data> OK. Ini akan memangkas aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background, namun perlu diingat bahwa terdapat kendalanya yakni notifikasi Anda akan terlambat datang.

Identifikasi aplikasi yang menyedot paket data
Banyak aplikasi yang memang dibuat untuk memudahkan koneksi kita ke internet tetapi hal ini tentu saja membutuhkan banyak paket data. Cari tahu aplikasi mana yang menyedot banyak data dengan men-scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang mengambil banyak paket data Anda lewat menu Data Usage. Solusinya Anda dapat menghapus aplikasi dan kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih efisien untuk menghemat paket datanya.

Batasi pembaruan aplikasi hanya jika terhubung dengan wifi
Jika Anda menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka ponsel Anda akan secara otomatis memperbarui aplikasi yang diinstal di dalamnya. Pembaruan yang dilakukan oleh aplikasi terkadang memakan paket data yang cukup besar, ini tentu saja akan membuat paket data Anda jadi boros. Untuk menangani kasus ini, Anda dapat mengaktifkan opsi wifi saja. Aplikasi ini akan memperbarui datanya hanya ketika ponsel Anda terhubung ke wifi. Anda dapat mengaktifkannya dari Play Store, kemudian pilih menu Settings> Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Atau bisa menerapkan 5 cara mengatasi wifi android tidak dapat terhubung, pada artikel kami sebelumnya jika Anda mengalami hal demikian pada ponsel Android Anda.

Nonaktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan
Dengan menonaktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan Anda tidak menggunakan secara berkala. Untuk memulai, Anda dapat masuk ke menu Settings> Accounts > pilih akun yang tidak ingin Anda sinkronkan. Hal ini akan menghemat paket data Anda karena aplikasi tersebut tidak akan terhubung secara otomatis ke internet.

Batasi penggunaan data seluler dan aktifkan peringatan
Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memberi peringatan ketika penggunaan data Anda telah melampaui batas. Untuk menggunakannya, Anda dapat pergi ke Settings> Data Usage> Cellular Data > Set cellular data limit dan ketuk untuk mengaktifkannya.

Gunakan aplikasi Mailbox untuk kebutuhan email
Kebutuhan menggunakan email, tentunya akan membuat paket data Anda banyak tersedot hal ini karena lampiran file yang dikirim atau yang diterima terbilang cukup besar. Untuk mengatasinya Anda dapat mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia diplatfom Android dan iOS. Dengan demikian paket data internet Anda akan tersimpan dengan baik, karena aplikasi ini hanya dapat menyimpan data yang tidak boleh disedot saat menggunakan email.

Itulah tadi beberapa tips menghemat paket data internet di Android Anda. Dari sini Anda dapat menerapkan satu atau lebih tips di atas. Ingat apapun paket data (kuota) yang Anda gunakan harus tetap dibatasi persediaannya dan penggunaanya. Untuk itu jangan terlalu asik ketika internet-an hingga melupakan kuota yang Anda miliki.