Tips & Trik

Tips Mengembalikan Kontak yang Hilang (Terhapus) di Android

Kontak merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi yang ada di dalam sebuah android, kontak ini berfungsi sebagai sebuah buku telepon yang mana digunakan untuk menyimpan nomor telepon. Dengan adanya bantuan dari aplikasi ini, dapat mempermudah penggunanya saat ingin menelpon atau mengirim sebuah pesan tanpa harus memasukan nomor telepon terus menerus karena nomor telepon tersebut hanya perlu disimpan di dalam android Anda. Namun nyatanya bisa dibilang suatu kebiasaan jika Anda tidak sengaja menghapus kontak yang tersimpan pada android Anda. Rata-rata semua orang pasti mengalaminya dan kebingungan mencari cara untuk mengembalikan nomor yang tidak sengaja dihapus tersebut. Untuk itu dengan ini kami memberikan tips mengembalikan kontak yang hilang (terhapus) di android Anda. Simak selengkapnya di bawah ini.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, aplikasi kontak pada android semakin berkembang dan menarik karena terdapat banyak fitur yang disediakan. Maka tidak jarang begitu banyak pengguna android mendownload berbagai aplikasi untuk mendukung penggunaan dari ponsel yang ia miliki. Misalnya saja jika yang suka menggambar dapat mendownload 5 aplikasi menggambar digital di android atau bagi yang suka swafoto dapat mendownload satu di antara 7 aplikasi kamera selfie terbaik di android dan lain sebagainya.

Nomor kontak yang hilang atau terhapus di android adalah kesalahan fatal yang dapat terjadi oleh siapa saja dan kapan saja, Anda pastinya tidak akan ingat semua nomor kontak yang tersimpan dan juga akan membutuhkan waktu jika harus menemui orang yang bersangkutan untuk meminta kontaknya kembali. Sangat menjengkelkan bukan? Bagaimana jika yang terhapus merupakan nomor penting misalnya saja nomor telepon keluarga, rekan bisnis, sahabat, bahkan pacar. Namun jangan khawatir jika Anda menggunakan android serta menggunakan akun gmail pada ponsel android maka besar kemungkinan Anda masih dapat mengembalikan kontak yang sudah hilang atau terhapus di Android tersebut. Berikut tipsnya yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

1. Mengubah Pengaturan Kontak
Terkadang beberapa kontak atau nomor telepon yang hilang di android. Hanya masalah kontak tidak sengaja disembunyikan atau tidak ditampilkan pada daftar kontak. Umpamanya, kontak memori telepon akan tidak terlihat jika pengaturan kontak hanya menampilkan kontak SIM saja dan begitu juga sebaliknya yang akhinya seolah-olah Anda merasa kontak tersebut hilang padahal hanya tersembunyi akibat pengaturan kontak.

Untuk itu ikuti langkah-langkah menampilkan semua kontak di bawah ini :

– Buka aplikasi Kontak di android Anda, lalu pilih Menu atau tiga titik tombol di pojok kanan atas (sesuai dengan android Anda karena masing-masing merek berbeda). Kemudian pilih Kontak untuk ditampilkan.

– Kemudian, pilih Semua kontak untuk menampilkan semuanya, termasuk kontak di memori telepon dan kartu SIM.

– Langkah terakhir, silahkan cek kembali apakah kontak yang hilang sudah ada atau belum ada.

Jika belum ada, bisa jadi kontak tersebut telah dihapus secara permanen dari perangkat android Anda. Tunggu sebentar, meski sudah terhapus secara permanen, bukan berarti kontak Anda tidak bisa dikembalikan lagi. Sebenarnya kontak hp Anda sudah tersimpan di akun gmail dengan aman, asalkan Anda telah melakukan backup sebelumnya. Cukup lakukan Kembalikan kontak, semua nomor telepon yang terhapus dapat kembali ada di android. Namun tetap pastikan sebelum kontak di android ponsel Anda hilang, Anda belum pernah melakukan kontak backup sebelumnya. Jika tidak, maka ini tidak akan berhasil.

2. Mengembalikan Kontak Dari Akun Google
– Silakan login atau buka akun Gmail Anda melalui browser web di komputer atau laptop Anda.

– Lalu masuk ke inbox Gmail. Di kiri atas akan ada menu dropdown di bawah logo Google, klik panah ke bawah untuk membuka menu dropdown, lalu pilih Kontak.

– Anda akan dibawa ke halaman Kontak Google. Pada menu sebelah kiri pilih More dan kemudian pilih Export. Lalu pop up akan muncul, cukup pilih Go To Old version. Dengan demikian hal ini akan menampilkan keseluruhan daftar kontak yang sebelumnya pernah Anda backup.

– Tips mengembalikan kontak yang hilang tersebut dengan tandai (centang) semua kontak. Kemudian pilih menu More dan klik Pulihkan Kontak.

– Disini Anda bisa mengatur rentang waktu, mohon tentukan kira-kira kapan kontak telepon di ponsel tidak hilang atau masih ada. Setelah itu klik Pulihkan.

– Terakhir, Anda beralih ke perangkat android. Untuk menyelaraskan kembali kontak tersebut ke menu Settings.

– Account – Google. Pilih akun Gmail yang Anda gunakan, lalu pilih menu Sinkronkan sekarang.

Akhirnya, sekarang semua kontak yang hilang kembali seperti semula. Dengan fitur sinkronkan dan backup data dari Google Anda bisa mengembalikan kontak yang hilang atau terhapus secara tidak sengaja di android Anda.