Tips & Trik

Tips Memperhatikan Spesifikasi Saat Membeli Ponsel Android

Hampir setiap saat muncul berita mengenai rilisnya smartphone terbaru dengan beragam spesifikasi yang ada. Apalagi dengan ramainya ajang perhelatan MWC 2017, beberapa vendor smartphone saling berlomba untuk memamerkan produk ponsel terbaru mereka. Dimulai dari harga smartphone yang murah sampai dengan harga yang mahal. Bagi kamu yang ingin membeli ponsel Android terbaru, terkadang spesifikasi yang hadir membuat bingung memilih. Ada rasa khawatir dan menyesal bila sudah terlanjur membeli smartphone yang tidak sesuai dengan harapan.

Tips Memperhatikan Spesifikasi Saat Membeli Ponsel Android

Oleh sebab itu, untuk menghindari permasalahan tersebut, alangkah baiknya kamu tahu beberapa tips memperhatikan spesifikasi saat membeli ponsel Android sebagai berikut:

1. Desain dan Display
Tentunya, desain adalah pertimbangan pertama saat kamu ingin membeli sebuah ponsel. Pastikan desain yang kamu pilih sesuai dengan selera. Selain itu, tampilan layar juga harus diperhatikan. Pertimbangkanlah ukuran, resolusi dan kerapatan pixel pada smartphone yang ingin kamu beli. Semakin besar layar ponsel, maka semakin besar pula jumlah pixel yang dimilikinya.

2. Memori Internal
Kapasitas memori internal merupakan salah satu poin penting. Walaupun penyimpanan dapat diperluas dengan microSD, namun ada beberapa aplikasi yang mengharuskan untuk di instal ke dalam memori internal. Untuk amannya, pilihlah smartphone yang memiliki memori internal minimal 8 GB dengan asumsi pemakaian 4 GB oleh sistem operasi.

3. Prosesor
Kecepatan prosesor sangat mempengaruhi kinerja smartphone. Dengan kecepatan dapur pacu yang lebih tinggi dan memiliki banyak inti core, dipastikan performa yang ditampilkan akan baik untuk bermain game HD atau keperluan multitasking. Kecepatan prosesor di ukur dalam satuan Hz, setidaknya pilihlah smartphone yang memiliki kecepatan prosesor minimal 1 GHz.

4. RAM (Random Access Memory)
Saat ini, banyak sekali ponsel Android kelas menengah ke atas yang berlomba menghadirkan produk dengan RAM besar. Memang, faktor RAM berperan penting sebagai komponen pendukung kinerja prosesor agar lebih baik. Semua aplikasi yang kamu jalankan, secara otomatis tersimpan di dalam RAM. Semakin besar kapasitas RAM smartphone maka semakin optimal pula kinerjanya dalam menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

5. Kamera
Spesifikasi kamera tentunya sangat penting apalagi untuk kamu yang hobby dengan bidang fotografi. Biasanya para pencari smartphone mencari kamera yang beresolusi lebih dari 5 MP untuk hasil gambar yang lebih baik. Semakin besar megapixel-nya, maka gambar yang dihasilkan semakin bagus pula kualitasnya. Tapi, bukan hanya faktor megapixel saja yang memperngaruhi bagusnya kamera smartphone, namun banyak faktor lain yang membuatnya jadi smartphone dengan kamera terbaik.

6. Baterai
Kapasitas baterai yang disematkan pada smartphone menjadi salah satu pertimbangan saat kamu ingin membeli ponsel Android. Kapasitas baterai yang besar akan membuat hidup ponsel lebih lama, namun sebenarnya hal ini tergantung dengan seberapa sering pengguna menggunakan ponselnya. Untuk ponsel mid-level, setidaknya harus menggunakan baterai berkapasitas 2200 mAh atau lebih.