Tips & Trik

Tips Memperbaiki Headset Rusak Sebelah

Hampir sebagian orang yang memiliki smartphone, pasti ia juga memiliki perangkat tambahan seperti powerbank ataupun headset. Apalagi untuk Anda yang sangat gemar mendengarkan musik menggunakan smartphone atau perangkat MP3 Player lainnya, tentu sudah tak asing lagi dengan alat bernama headset. Ya, perangkat pendukung ini berguna untuk mendapatkan sensasi suara musik yang lebih optimal

Tips Memperbaiki Headset Rusak Sebelah

Ketika Anda berada dikeramaian, pastinya suara loadspeaker pada smartphone akan kalah dan sulit tuk didengar. Tapi, jika menggunakan headset, permasalahan itu dapat teratasi. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih pula, saat ini banyak sekali model headset yang dijual pasaran, mulai dari headset kabel seperti Sony headphone MDR-Z1R hingga headset bluetooth atau wireless.

Selain jenis dan modelnya, ada pula headset mono yang memang mengeluarkan output suara tunggal dan stereo yang menghasilkan suara ganda. Meski begitu, umumya headphone kabel dirancang memiliki dua output untuk telinga kiri dan kanan. Namun, bagaimaa jadinya headset jenis ini rawan rusak, contohnya suara hilang sebelah?

Jika sudah begini, Anda jangan terlalu panik dan terburu-buru untuk membeli headset baru. Karena pada dasarnya headset rusak sebelah itu dapat diperbaiki sendiri. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya memerlukan beberapa alat bantu seperti timah, selotip, solder, pinset, dan korek api. Jika sudah siap semua, Anda dapat melakukan cara-cara berikut ini:
· Langkah awal yaitu hubungkan headset dengan smartphone, kemudian putarlah sesuatu seperti musik atau video.
· Dengarkan suara yang dikeluarkan output headset dengan kedua telinga untuk menentukan bagian mana yang suaranya hilang sebelah.
· Saat mendengarkan, cobalah untuk tekuk-tekuk kabel headset sampai Anda menemukan perubahan suara. Maksudnya disini yaitu perubahan suara yang dikeluarkan oleh headset akan menyala atau tidak.
· Apabila sudah ketemu bagian kabel mana yang bermasalah, Anda dapat memotong kabel tersebut.
· Potong beberapa cm kabel yang bermasalah, lalu sambungkan kembali erat-erat.
· Setelah itu, lakukan pengecekan ulang. Jika belum, maka Anda dapat memotong danmenyambungkan kabel kembali sampai suara sudah terdengar.
· Cek ulang. Apabila suara sudah normal, silahkan tutup sambungan kabel dengan selotip.