Berita

Tips Block SMS Iklan Dari XL

Seringkali Anda merasa jengkel dengan SMS yang tidak jelas dan terus bermunculan setiap harinya. Jenis SMS tersebut sering kita sebut dengan SMS spam atau SMS sampah. Pengguna layanan seluler pastinya sangat terganggu dengan semua pesan singkat bersifat penipuan atau iklan yang masuk ke inbox ponselnya. Sebagai contohnya operator seluler XL Axiata.

Tips Block SMS Iklan Dari XL

Berikut ini beberapa tips untuk memblokir SMS iklan dari XL:

1. Menelepon layanan 817 (gratis)
Menurut Senior General Manager mFinance Technology, Content and New Business XL Axiata, Yessie Dianty Yosetya menyebutkan bahwa bila para pelanggan terganggu dengan pesan-pesan iklan/komersial, atau juga pesan penipuan hadiah, silahkan menelpon layanan gratis XL dengan nomor 817.

Dnegan menelpon ke layanan 817 tersebut, pelanggan XL dapat melaporkan nomor pelanggan yang menyebar pesan iklan, hoax dan penipuan yang seterusnya akan di blokir dari pusat. Sehingga nomor tersebut tidak bisa lagi mengganggu pelanggan. Yessie juga mengatakan akan selalu menyeleksi konten-konten yang diberikan kepada pelanggan.

2. Lewat aplikasi tambahan di App Store atau Google Play Store
Namun bagaimana bila Anda sudah melaporkan nomor-nomor tersebut ke 817 tapi masih saja ada nomor-nomor baru yang terus berdatangan meneror smartphone setiap harinya? Pasti gerah dan merasa kesal bukan. Oleh sebab itu, seringkali para pelanggan menyayangkan tindakan XL untuk menelpon 817 ini karena tidak terlalu efisien.

Kemudian, para pelanggan XL pun bisa mencari cara lain yaitu mencari aplikasi tertentu yang tersedia di iOS atau Google Play Store. Biasanya terdapat aplikasi yang mampu memblokir nomor-nomor tidak jelas alias spammer. Contoh aplikasi tersebut ialah RCB atau Root Call Blocker. Sayangnya Anda perlu bersusah payah dulu untuk me-root smartphone.

Jika Anda merasa tidak cocok dengan aplikasi RCB, Anda juga dapat mencari aplikasi lain dengan kata kunci “SMS Blocker”. “Call Blocker”, dan sebagainya. Salah satunya aplikasi yang bermanfaat untuk memblokir nomor-nomor SMS yang tidak diinginkan ialah aplikasi “GO SMS Pro”.

3. SMS Pelaporan
Anda dapat melakukan pelaporan nomor-nomor penipuan tersebut dengan cara mengirim SMS berformat: Lapor#Nomor spam#kasus yang dikeluhkan, lalu kirim ke nomor 588. Sebagai contohnya, Lapor#089604414851#Penipuan Mama minta pulsa, kemudian kirim ke 588. Nomor yang terbukti melakukan SMS penipuan atau spam akan diblok secara permanen sesuai parameter yang diberlakukan oleh XL Axiata.

Semoga bermanfaat!