Tips & Trik

Tips Ampuh Mengatasi Ponsel Xiaomi yang Bootloop

Apakah kalian sudah tau apa itu bootloop? Bootloop sendiri adalah salah satu kondisi dimana ponsel Anda mati dengan sendirinya walau ponsel dalam keadaan nyala atau bahkan pada saat Anda gunakan beraktivitas. Pada saat itu juga ponsel Anda langsung mati dan hanya muncul logo MI saja. Maka bagi Anda pengguna ponsel Xiaomi, alangkah baiknya ketahui tips ampuh mengatasi ponsel Xiaomi yang bootloop (mati) berikut ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Apa itu bootloop
– Penyebab bootloop
– Kondisi bootloop
– Tips ampuh mengatasi bootloop

Teknologi smartphone khususnya Xiaomi memang benar-benar mengalami perkembangan yang sangat cepat. Bahkan Xiaomi juara satu di China sebagai ponsel mumpuni dengan harga terjangkau. Sebagian besar ponsel Xiaomi mengusung konsep teknologi layar sentuh, dan menariknya Xiaomi juga menggunakan desain baterai tanam yang membuat baterai ponsel tidak lagi mudah untuk dibongkar dan diganti.

Desain baterai tanam tersebut membuat ponsel Xiaomi menjadi lebih ramping dan memberikan slot kartu sekaligus memori pada di luar ponselnya. Namun sayangnya terkadang kehadiran desain baterai tanam ini dianggap memiliki kekurangan, terutama ketika ponsel mengalami masalah. Menurut JalanTikus.com, terdapat delapan masalah yang dapat dialami pengguna Xiaomi salah satu masalahnya adalah bootloop.

Anda sebaiknya perlu tahu apa itu bootloop, karena masalah bootloop dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Xiaomi Anda dapat setiap saat mati dengan sendirinya. Tentunya bagi Anda yang belum pernah mengalami hal seperti itu atau belum tahu mengapa ponsel Anda mengalami kejadian itu dapat dipastikan Anda akan merasa bingung dan panik bukan? Dan hal yang paling umum pengguna lakukan adalah menelepon Call Center Xiaomi untuk mengeluhkan jika produk Xiaomi jelek dan error tanpa sebab.

Tetapi jika Anda mengatakan sesuatu seperti itu Anda salah, masalahnya bukan disebabkan oleh produk Xiaomi yang buruk. Namun masalahnya disebabkan oleh Anda para penggunanya. Hal ini karena Anda mungkin sering meng-otak atik sistem tanpa mengetahui risiko yang akan terjadi. Mungkin Anda mencoba mengubah sistem ponsel Xiaomi dan akhinya menyebabkan ponsel Anda mengalami bootloop, jadi ingatlah Sobat jangan salahkan produk Xiaomi jelek yaa.

Perlu Anda ketahui, masalah bootloop juga bisa terjadi karena Anda juga sering melakukan Root pada ponsel Xiaomi Anda dan bisa jadi karena Anda salah menginstal aplikasi SuperSu. Bagi Anda yang ingin mengetahui kondisi dan tips ampuh mengatasi ponsel Xiaomi yang bootloop maka Anda wajib menyimak penjelasan di bawah ini:

Kondisi Ponsel Xiaomi yang Bootloop
Bagi Anda yang melakukan restart pada ponsel Xiaomi Anda tidak akan nyala dan hanya muncul logo MI saja. Selain itu, Anda juga tidak bisa masuk ke menu recovery mode di ponsel Xiaomi Anda. Dan Anda juga tentunya tidak akan bisa menginstal via fastboot itu karena ponsel Xiaomi Anda hanya bisa memunculkan logo MI saja.

Maka ketika hal tersebut terjadi, Anda jangan langsung panik jika Anda ingin memecahkan masalah seperti di atas. Dan agar Anda tidak bingung lagi jika mengalami hal seperti di atas maka Anda harus tahu tips ampuh mengatasinya.

Tips Ampuh Mengatasi Ponsel Xiaomi yang Bootloop
Bootloop merupakan suatu kondisi dimana sistem Android tidak dapat melakukan booting atau start-up sehingga pengguna tidak dapat mengakses menu utama (homescreen). Di bawah ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika ponsel Xiaomi mengalami bootloop:

1. Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi MI Flash di situs web resmi Xiaomi

2. Harap sambungkan ponsel Xiaomi Anda yang mengalami bootloop ke laptop/pc dengan menggunakan kabel data yang Anda miliki

3. Kemudian masuk ke menu Fastboot, caranya dengan menekan tombol power dan volume bawah

4. Setelah tampilan sudah berubah, Anda masuk ke menu directory dengan mengklik Sistem c, lalu Program file (x86), lalu pilih Xiaomi, klik MiPhone, klik Google, dan yang terakhir klik Android

5. Setelah berada di menu folder, Anda mengklik Shift

6. Kemudian klik kanan pada mouse Anda, setelah itu tunggu beberapa menu akan muncul dan Anda harus memilih menu Open CMD Administrator

7. Setelah Anda keluar dari halaman CMD Administrator pada layar Anda, maka Anda harus mengetik perintah “fastboot-w” (tanpa tanda kutip), lalu tunggu hingga proses selesai

8. Ketik lagi perintah “fastboot-continue” dan klik tombol enter dan tunggu hingga proses pemulihan sistem pada ponsel yang bootloop Anda selesai

9. Kemudian, ponsel xiaomi Anda telah direstart dan dapat digunakan kembali.

Demikian tips ampuh mengatasi ponsel Xiaomi yang bootlop, jadi sekarang jangan khawatir Anda tidak perlu khawatir lagi jika ponsel Xiaomi mengalami bootloop. Karena kondisi bootloop bukanlah akibat dari produk Xiaomi yang jelek. Anda jangan khawatir untuk membeli produk Xiaomi karena semua masalah bisa diselesaikan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasi bootloop dan mengetahui masalah yang bisa terjadi di ponsel Xiaomi. Semoga berhasil.