Berita

Ternyata Tersembunyi Layar Mode “120Hz”di Ponsel Sony

Seperti yang telah diketahui, pada November 2017 lalu, perusahaan game paling populer bernama Razer telah secara resmi meluncurkan perangkat smartphone pertamanya (Razer Phone) kepada publik. Produsen smartphone gaming ini menggunakan refresh rate 120 Hz, itulah mengapa tampilan gerakan di layar seperti saat bermain game terasa cepat dan terlihat lebih halus. Dan tenyata tersembunyi layar mode “120Hz” di ponsel Sony yang selama ini diam-diam mendukung smartphone mumpuni buatannya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang layar mode 120Hz
– Ponsel Sony yang mendukung layar mode 120Hz

Karena dibuat khusus untuk kebutuhan gaming, Razer Phone telah mengusung layar dengan kemampuan frame rate tinggi mencapai 120Hz. Di sisi lain, ternyata smartphone Sony Xperia pun hadir dengan layar mode 120Hz yang tersembunyi. Sebenarnya, sebagian besar layar ponsel saat ini memiliki refresh rate 60 Hz. Namun tidak pada ponsel Sony Xperia XZ Premium yang dapat diatur untuk memiliki refresh rate serupa. Hanya saja, kemampuan ini sengaja disembunyikan dan secara default di nonaktifkan oleh Sony.

Hal itu ditemukan oleh sejumlah pengembang yang hobi mengupas perangkat lunak di forum XDA Developers dan juga Reddit. Mereka dapat mengaktifkan refresh rate 120 Hz pada layar Sony Xperia XZ Premium dengan memodifikasi kernel OS ponsel yang bersangkutan. Ini berarti, Sony Xperia XZ Premium memiliki tiga mode tampilan secara keseluruhan, yaitu 1080p pada 60 fps, 2160p pada 60 fps, dan 1080p pada 120 fps yang tersembunyi. Angka frame per detik (FPS) yang dapat ditampilkan berkorelasi langsung dengan refresh rate.

Ponsel hanya dapat menampilkan gerakan dengan 120 frame per detik jika layar juga dapat me-refresh sebanyak 120 kali per detik (Hz). Dipersenjatai dengan peluncuran OS Android Oreo untuk Sony Xperia XZ Premium dan program Sony Open Device, pengembang dapat membuat ROM kustom untuk perangkat yang mengaktifkan mode tampilan 120 Hz. Namun, sejauh ini hasilnya belum konsisten. Ada pengguna yang bisa melihat perubahan dalam hal kemulusan gerakan, tetapi ada juga yang tidak.

Menariknya lagi, setelah ditelusuri lebih lanjut, modus layar 120 Hz tidak terbatas hanya Xperia XZ Premium, tetapi juga beberapa model lain yang dibuat oleh Sony, seperti Xperia XZ, Xperia XZ1, Xperia XZ1 Compact, Xperia X, Xperia X Performance, Xperia XA2 Ultra dan Xperia XA2.

Selain game, contoh aplikasi lain dengan refresh rate 120 Hz adalah mode “ProMotion” di Ipad Pro. Fitur tersebut diklaim Apple mampu menghasilkan gerakan menulis dan menggambar yang sangat responsif. Intinya pembahasan tentang layar refresh rate 120 Hz berguna untuk kelancaran gerakan, sekaligus membuat layar lebih cepat merespon input si pengguna ponsel.