Tips & Trik

Tanda-Tanda Ponsel Disadap dan Cara Mengatasinya

Bukanlah hal baru di era sekarang jika membahas tentang penyadapan telepon ataupun ponsel. Tetapi mungkin sebagian dari Anda masih belum begitu mengerti dan tahu tanda-tanda ponsel disadap dan cara mengatasinya. Seperti yang Anda ketahui penyadapan dilakukan oleh pihak hacker karena ada niat dan maksud untuk mengetahui secara diam-diam mengenai sesuatu tentang Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang penyadapan ponsel
– Tanda-tanda ponsel disadap
– Cara mengatasi dan menghentikan penyadapan ponsel

Penyadapan ini pastinya sangat mengganggu privasi Anda bukan? Jika Anda menjadi korban penyadapan, maka berbagai aktivitas di ponsel Anda akan diketahui oleh orang lain, dan pada akhirnya rahasia Anda pun akan diketahui oleh seseorang jika Anda menyimpan beberapa rahasia di ponsel. Misalnya chatting, panggilan telepon, sms dan berbagai hal yang Anda lakukan di ponsel pastinya akan diketahui oleh seorang penyadap. Maka dari itu, penting untuk Anda ketahui tanda- tanda ponsel Anda sedang disadap, diantaranya:

Proses shutdown berlangsung lebih lama
Dilansir dari Liputan6.com, sebelum sebuah ponsel mati (shutdown), ponsel tersebut harus menyelesaikan terlebih dahulu tugas-tugas yang sedang diproses. Jika ponsel Anda sedang disadap dan ponsel sedang mengirim data tanpa Anda ketahui, ponsel Anda harus menyelesaikan proses pengirim data tersebut sebelum akhirnya shutdown. Oleh karena itulah, proses shutdown ponsel akan berlangsung lebih lama dari biasanya.

Suara Panggilan Sering Terganggu
Jika ketika Anda menelepon, tiba-tiba selalu terdengar suara bising atau kresek-kresek yang mengganggu. Tanyakan pada lawan bicara Anda, apakah ia pun mendengarkan suara yang sama? Jika tidak Anda perlu waspada, karena ini adalah satu tanda bahwa panggilan Anda sudah disadap.

Ada Aplikasi Tidak Dikenal
Pihak terkait misalnya hacker, biasanya menyadap dengan memasang aplikasi tambahan pada ponsel targetnya dan biasanya hacker akan menyembunyikan aplikasi tersebut agar tidak diketahui targetnya. Untuk mengakalinya, coba cek di Pengaturan – Aplikasi atau Pengelola Aplikasi, lalu periksa apakah ada aplikasi asing di ponsel Anda. Jika ternyata ada aplikasi mencurigakan yang tidak pernah Anda instal sebelumnya, itu bisa berupa malware atau aplikasi mata-mata yang mencuri data Anda.

Baterai Mudah Habis dan Panas
Untuk mengirim data Anda, aplikasi mata-mata yang dipasang oleh hacker harus terus berjalan di background. Dampak dari hal ini, ponsel Anda akan menjadi cepat panas dan boros baterai. Coba periksa penggunaan baterai Anda. Jika ada program aneh yang terus berjalan, bisa jadi ponsel Anda sedang disadap. (Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Android Boros)

Boros Kuota
Ponsel yang disadap biasanya akan boros kuota. Hal ini karena adanya aplikasi asing yang terus mengirim data di background tanpa sepengetahuan Anda.

Ponsel Menjadi Lemot
Seringkali merasakan ponsel Anda lemot saat menjalankan aplikasi atau game? Kemungkinan ada malware yang berfungsi mengirim data ke orang lain. Bayangkan ketika Anda mengobrol, ternyata pada saat yang sama aplikasi mata-mata yang dipasang juga berfungsi. Itulah mengapa ponsel Anda menjadi terasa lemot saat pengoperasiannya.

Lokasi Tiba-Tiba Aktif
Salah satu tujuan hacker menyadap ponsel adalah untuk mengetahui lokasi Anda. Oleh karena itu, jika tiba-tiba pengaturan lokasi ponsel Anda aktif (ketika biasanya dimatikan), mungkin ada aplikasi yang memaksa lokasi tersebut aktif. Dengan kata lain, bisa jadi ini salah satu tanda ponsel Anda sedang disadap.

Sering Muncul Iklan Pop Up
Beberapa aplikasi penyedap ponsel tidak dapat dijalankan secara otomatis. Itulah mengapa ada aplikasi penyadap yang memanfaatkan iklan pop up untuk mengaktifkan aplikasinya. Sehingga ketika iklan pop up tersebut diklik, maka aplikasi mata-mata tersebut pun akan aktif.

WiFi Sering Aktif Sendiri
Anda harus waspada, ketika Anda berada di tempat umum dan tiba-tiba koneksi WiFi Anda aktif. Ini juga salah satu tanda ponsel Anda sedang disadap. Mengapa harus WiFi? Karena melalui koneksi WiFi di tempat umum, hacker dapat dengan mudah menginfeksi dan mentransfer data targetnya.

Jika Anda merasakan salah satu atau beberapa dari tanda-tanda ponsel disadap tersebut. Maka sebaiknya, Anda melakukan cara mengatasi atau menghentikan penyadapan pada ponsel Anda di bawah ini, berikut penjelasannya:

1. Lakukan reset pabrik pada ponsel Anda. Sebelum melakukannya, jangan lupa cadangkan terlebih dahulu data-data penting di ponsel Anda (kecuali aplikasi).

2. Beli kartu perdana baru dan jangan biarkan orang asing tahu nomor baru ponsel Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk menghentikan penyadapan yang dilakukan pada ponsel Anda setelah meresetnya.

3. Senantiasa jaga privasi ponsel Anda, dengan membubuhkan pin, pola atau kata sandi pada ponsel Anda, hal ini dapat membantu memungkinkan tidak sembarang orang dapat membuka dan mengaksesnya ponsel Anda.

4. Berbuat baiklah kepada orang lain, sehingga perbuatan baik tersebut akan menghindari Anda dari hal demikian.

5. Jangan membohongi orang lain, kerena jika Anda terus berbohong maka orang lain akan terus mencari tahu kebenaran yang Anda sembunyikan. Penyadapan ini dapat dilakukan oleh orang tersebut untuk mengungkap kebohongan Anda. Berusahalah untuk terus terang dan terbuka sehingga Anda terhindar dari penyadapan ini.

6. Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar Anda terhindar dari mereka ingin yang berbuat buruk kepada Anda.

Demikianlah artikel ini kami bahas, semoga dapat menambah pengetahuan yang bertanya-tanya tentang penyadapan ponsel. Privasi itu penting, sehingga Anda dapat terhindar dari penyadapan hacker yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat.