Berita

Stop Langganan Indihome, Telepon Rumah Bisa Tetap Digunakan

Beberapa hari yang lalu PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sempat mendapat sedikit permasalahan terkait masalah Indihome. Dikabarkan Telkom mendapat petisi dari akun Katsuo Ono asal Pontianak, yang kemudian ditandatangani oleh ribuan netizen. Di dalam petisi tersebut, Katsuo menyatakan bahwa pihak Telkom semena-mena terhadap pelanggan. Awalnya promo yang ditawarkan adalah Paket ‘Unlimited tanpa batas pemakaian wajar/Fair Usage Policy (FUP)’, namun tiba-tiba berganti menjadi Paket ‘Unlimited dengan FUP’. Pelanggan merasa dirugikan karena perubahan kebijakan dibuat tanpa pemberitahuan kepada pelanggan. Mereka merasa seolah tertipu dengan promo yang diberikan Indihome.

Stop Langganan Indihome, Telepon Rumah Bisa Tetap Digunakan

Kemungkinan besar para pelanggan turut yang menandatangani petisi tersebut akan berhenti berlangganan Indihome. Namun pelanggan tersebut tentunya khawatir jika berhenti berlangganan Indihome, mereka akan kehilangan nomor telepon rumah yang selama ini mereka pakai.

Tapi kini pihak Telkom sendiri telah memberikan solusi bagi pelanggan yang ingin berhenti berlangganan tapi tidak ingin kehilangan nomor telepon rumahnya. Vice President Consumer Marketing and Sales Telkom, Jemy V. Cofindo menyatakan bahwa pihak Telkom telah menyediakan solusi dari permasalahan tersebut dengan tetap mengijinkan pengguna untuk terus menggunakan nomor telepon rumah walaupun tidak lagi menggunakan layanan internet dari Indihome.

Jemy menambahkan kalau sambungan telepon tetap bisa disalurkan melalui jaringan fiber optik. Walaupun sangat disayangkan mengingat fiber optik sendiri memiliki kapasitas yang sangat besar. Seharusnya dengan kapasitas yang besar itu, fiber optik tak hanya digunakan untuk panggilan telepon saja.

Ia juga mengatakan kalau sebenarnya masyarakat tidak perlu takut dengan kebijakan FUP. Jemy menganggap FUP tersebut sudah sangat longgar, dengan kuota mencapai 300GB. Walaupun telah mencapai kuota, pelanggan pun masih bisa menggunakan internet, namun speednya saja yang diturunkan.

Solusi dari pihak Telkom yang disampaikan oleh Jemy inipun sekaligus meralat FAQ Indihome di situs resmi Telkom. FAQ nomor 33 sebelumnya disebutkan bahwa Indihome merupakan layanan yang terintegrasi, mulai dari telepon, internet hingga layanan tv. Jadi kalau salah satu layanan dihapus, maka secara otomatis layanan lain juga dimatikan.