Berita

Spesifikasi Samsung Galaxy S9 Plus Muncul di Geekbench

Seperti yang sudah diketahui bahwa Samsung telah menghadirkan smartphone flagship miliknya tahun ini, sebut saja series Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 yang laris manis dipasaran global. Seiring dengan peluncuran smartphone flagship tersebut, tentunya rumor akan mengarah ke perangkat flagship Samsung berikutnya. Perangkat yang dimaksud adalah Galaxy 9 beserta versi “Plus”-nya, dimana spesifikasi Samsung Galaxy S9 Plus muncul di Geekbench baru-baru ini.

Pada bulan Juli 2017 lalu, sempat beredar kabar bahwa di situs benchmark Geekbench terdapat sebuah perangkat dengan nomor model SM-G9650 yang diduga kuat akan menjadi Galaxy S9. Kali ini, perangkat baru dengan nomor model SM-G965F tampil di Geekbench yang diperkirakan akan menjadi Galaxy S9 Plus. Spesifikasi perangkat ini pun terkuat lewat bocoran screenshot di situs benchmark tersebut.

Dalam foto tangkapan layar aplikasi benchmark, tampaknya Galaxy S9 Plus terlihat hanya didukung oleh RAM berkapasitas 4 GB, yang berarti besarnya memori utama ini tidak berbeda dari Galaxy S8 maupun S8 Plus yang sudah dirilis tahun ini. Namun sebelumnya memang pernah tersiar rumor jika Galaxy S9 Plus masih dibekali RAM 4 GB sehingga screenshot Geekbench akan menjadi penguat dugaan. Sepertinya Samsung masih menganggap belum perlu menerapkan kapasitas RAM jumbo seperti Xiaomi Mi Note 2, OnePlus 3, maupun Galaxy C9 Pro miliknya yang mengusung RAM 6 GB.

Munculnya Samsung Galaxy S9 Plus ini memang hal yang wajar, karena pabrikan asal Korea Selatan ini diharapkan untuk merilis smartphone flagship terbarunya pada kuartal pertama tahun 2018. Menurut situs Geekbench, Samsung SM-G965F telah berjalan pada Android 8.0 Oreo dan menggunakan chipset “universal9810”, yang diduga kuat menjadi chipset Exynos 9810, dimana chipset ini telah diumumkan secara resmi oleh Samsung.

Meskipun masih menggunakan RAM sebesar 4 GB, Galaxy S9 Plus telah menyematkan chipset terbaru dan Android 8.0 Oreo, serta mampu mencetak skor 1191 untuk uji single core dan 3835 untuk uji multi core. Duo Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus juga tampaknya akan dibekali Snapdragon 845 untuk varian yang dijual di negara-negara tertentu.

Seperti Galaxy S8 dan S8 Plus yang meluncur awal tahun ini, meluncur dengan dua jenis chipset yaitu Snapdragon 835 dan Exynos 8895, yang mana keduanya sama-sama memiliki RAM 4 GB. Hal inilah yang menandakan jika Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus juga akan hadir dengan Snapdragon 845 dan Exynos 9810, serta dipadukan dengan RAM 4 GB. Kemungkinan akan ada juga varian yang lebih tinggi dengan varian RAM 6 GB untuk pasar tertentu seperti Korea Selatan atau Tiongkok.

Karena dikabarkan akan meluncur pada kuartal pertama tahun 2018, Galaxy S9 Plus diharapkan akan rilis menjelang ajang Mobile World Congress (MWC). Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 26 Februari hingga 1 Maret, dengan kemungkinan Samsung akan memilih tanggal 25 Februari 2018 untuk menghadirkan kedua smartphone flagship terbarunya itu.