Berita

Speaker Pintar Buatan Spotify yang Siap Dirilis

Berlin, Germany - April 20: The logo of the music streaming service Spotify is displayed on a smartphone on April 20, 2017 in Berlin, Germany. (Photo Illustration by Thomas Trutschel/Photothek via Getty Images)

Pertengahan bulan Maret lalu, sempat terdengar Spotify akan membuat speaker pintarnya. Lewat sebuah undangan yang disebarkan, Spotify akan mengadakan sebuah acara peluncuran pada tanggal 24 April 2018 pagi di New York City, Amerika Serikat. Dari undangan itu dimaksudkan untuk memperkenalkan speaker pintar buatan Spotify yang siap dirilis, yang memang akan menjadi perangkat hardware pertama layanan musik tersebut.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spotify yang akan menghadirkan speaker pintar
– Kabar bentuk dari speaker pintar Spotify
– Kabar harga yang dipatok untuk sebuah speaker pintar Spotify

Kelihatannya, Spotify ingin masuk ke dunia bisnis yang sedang diperebutkan oleh Google, Amazon, dan Apple. Seperti yang telah diketahui, saat ini sudah ada Google Home yang akan bersaing dengan Amazon Echo dan Apple Home Pod. Namun, dalam memproduksi perangkat tersebut, Spotify mencari celah yang selama ini belum disentuh oleh Google, Amazon dan juga Apple. Belum diketahui, speaker pintar buatan Spotify ini akan mengusung teknologi baru atau tidak.

Perusahaan layanan streaming musik Swedia, Spotify, sedang bersiap untuk memperluas bisnis perangkat keras (hardware). Berita tentang rencana Spotify untuk merambah perangkat keras memang telah terdengar sejak beberapa bulan yang lalu. Indikasinya adalah iklan pop-up tentang produk speaker pintar yang tiba-tiba muncul di layar ponsel sejumlah pengguna Spotify. Kini, beredar sejumlah gambar yang diklaim sebagai bentuk speaker pintar buatan Spotify.

Dalam iklan tersebut, speaker pintar ini tampak bertengger di grill AC mobil, seperti holder ponsel. Bentuknya bulat, dengan highlight LED berwarna hijau khas Spotify dipinggirannya. Di sisi depan terdapat layar digital, dan juga tombol fisik untuk shuffle dan play/pause. Dikutip dari Detik.com, foto yang beredar masih menimbulkan pertanyaan, apakah perangkat tersebut benar-benar dapat mengeluarkan suara, atau hanya kontroler untuk perangkat audio mobil.

Ketika mengacu ke iklan Spotify yang dibagikan oleh anggota forum Reddit, tampaknya perangkat Spotify ini memiliki kemampuan untuk membaca perintah suara. Namun, belum diketahui apakah perangkat ini terhubung dengan Google Assistant, Alexa, atau mungkin asisten digital Spotify sendiri. Bersama dengan gambar speaker tersebut, turut juga menampilkan harga yang dipatok sebesar 12,99 dollar AS per bulan. Pelanggan akan mendapatkan akun premium berikut dengan sang speaker pintar Spotify. Namun, pengguna Spotify lainnya melaporkan melihat harga 14,99 dollar AS per bulan. Sehingga kemungkinan harga ini masih belum ditetapkan oleh Spotify.

Terlepas dari gambar dan harga, belum ada informasi lain yang diketahui tentang speaker pintar buatan Spotify ini. Dan sesuai kabar yang terdengar, pihak Spotify pun telah menyebarkan undangan yang dikhususkan untuk acara perilisan produknya di bulan April ini. Kita tunggu saja kabar langsung dari pihak Spotify.