Berita

Sony Xperia XZ Premium, Smartphone dengan Layar 4K HDR Pertama di Dunia

Setelah sempat meredup di dunia smartphone, Sony diam-diam mencuri perhatian para pecinta smartphone dengan memperkenalkan jagoan terbarunya di ajang MWC 2017 yang diberi nama Xperia XZ Premium. Ponsel pintar ini merupakan ponsel yang mengusung layar beresolusi 4K HDR pertama kalinya di dunia. Bahkan Sony Xperia XZ dinobatkan sebagai salah satu smartphone dengan spesifikasi terbaik di ajang internasional tersebut.

Sony Xperia XZ Premium, Smartphone dengan Layar 4K HDR Pertama di Dunia

Walaupun telah resmi dirilis, namun sayangnya Xperia XZ Premium dan versi mininya yaitu Xperia XZs baru akan dijual secara umum pada akhir bulan Juni. Saat acara MWC 2017 pun, smartphone ini masih hanya bisa dilihat dan dipegang, serta hanya beberapa orang saja yang boleh mereview-nya. Ini membuktikan bahwa series Xperia XZ memang belum siap untuk dipasarkan.

Meski begitu, Sony telah berhasil membuat para pecinta ponsel pintar tergiur dengan spesifikasi dan fitur gahar yang ditawarkan oleh Xperia XZ Premium. Lantas apa saja spesifikasi tersebut? Yang pertama dan yang paling menonjol adalah dari segi layarnya yang mengusung resolusi 4K HDR dari Teknologi Sony BRAVIA. Hal ini menjadikannya sebagai smartphone pertama di dunia yang memakai layar resolusi tertinggi saat ini. Dengan mendukung layar berukuran 5,5 inch beresolusi 3.840 x 2.160 ppi dan kerapatan 801ppi, membuatnya terlihat mewah sekaligus elegan. Walaupun tidak menggunakan layar berjenis OLED dan hanya LCD biasa saja, namun jangan remehkan Xperia XZ karena kekuatannya dua kali lipat luar biasa.

Bukan hanya menjadi smartphone dengan layar 4K pertama di dunia, Sony Xperia XZ Premium juga merupakan smartphone pertama di dunia yang memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 835 yang dipadukan RAM sebesar 4 GB. Walaupun Samsung Galaxy S8 pernah dirumorkan akan memakai Snapdragon 835, ternyata Sony sanggup mendahuluinya. Selain itu, ponsel flagship ini juga mendukung hardware modem Snapdragon X16 LTE yang dapat memberikan kecepatan internet 1 GB/detik sehingga menjadikan Xperia XZ sebagai calon ponsel 5G-ready pertama bila benar akan diluncurkan tahun ini.

Sebagai ciri khas Sony, smartphone premium Xperia XZ juga telah mengantongi sertifikasi IP68 sehingga membuatnya tahan air sampai kedalaman 1,5 meter hingga 30 menit. Untuk pelindung layar depan dan belakang terdapat Gorilla Glass 5. Spesifikasi lainnya yang disematkan pada ponsel ini adalah memori internal 64 GB lengkap dengan slot microSD, kamera utama 19 MP, kamera depan 13 MP, baterai berkapasitas 3.230 mAh dengan Quick Charge 3.0, OS Android 7.1 Nougat, dan fitur pemindai sidik jari.

Untuk masalah harga, Sony belum memberikan bocoran yang jelas sebab smartphone ini sedang proses perkembangan sampai benar-benar siap diluncurkan. Semoga Sony cepat-cepat menjualnya sebelum produsen smartphone lain mendahuluinya dengan cara mengeluarkan produk terbaik mereka.