Berita

Sony Luncurkan Mirrorless Full Frame A7R Mark III

Setelah merilis Alpha A9, Sony kembali meluncurkan kamera mirrorless full frame. Kamera yang dimaksud ialah Alpha A7R Mark III yang merupakan generasi penerus dari model sebelumnya. A7R Mark III merupakan model ketiga dari seri mirrorless full frame A7R yang mengandalkan resolusi tinggi. Sensor full frame Exmor R yang tertanam di dalamnya mempunyai resolusi 42,4 MP.

Dengan tingginya tingkat resolusi tersebut, tidak heran jika kamera mirrorless besutan Sony selalu masuk dalam jajaran kamera terbaik untuk vlogger, karena mampu menghasilkan kualitas video dengan gambar jernih dan tajam.

Kamera dengan sensor beresolusi tinggi umumnya memiliki burst rate rendah karena banyaknya jumlah data yang harus diproses dalam setiap frame. Namun tidak demikian halnya dengan A7R Mark III yang sanggup menjepret 10 frame per detik (10 fps), dua kali lebih tinggi dari A7R Mark II yang hanya menghasilkan 5 fps. Selain itu, buffer A7R Mark III mampu menampung 76 JPEG/RAW atau 28 file RAW tanpa kompresi.

Kecepatan itu bisa jadi dimungkinkan oleh prosesor Bionz X baru yang digadang-gadang memiliki kinerja 1,8 kali lebih tinggi dibandingkan chip serupa dengan A7R Mark II. Selama kamera sedang menulis data ke kartu memori, pengguna masih bisa menjalankan fungsi lainnya, seperti playback dan mengakses tombol fungsi atau menu.

Peningkatan lainnya pada A7R Mark III yaitu in-body image stabilizer (IBIS) yang diklaim bisa memberikan kompensasi hingga 5,5 stop atau 1 stop lebih tinggi jika dibandingkan IBIS milik A7R Mark II. Dengan adanya image stabilizer model baru ini, A7R Mark III sanggup menjalankan model Pixel Shift Multi Shooting, yang mana kamera menangkap 4 foto berbeda karena masing-masing digeser 1 pixel. hasilnya ialah data sebesar 169,2 MP yang meningkatkan resolusi dan akurasi warna foto.

Kemudian, sistem fokus A7R Mark III terdiri dari 425 titik contrast detect dan 399 titik phase detect. Kamera mirrorless ini mampu mengunci fokus dalam keadaan low light dua kali lebih cepat dibandingkan pendahulunya, sedangkan fitur Eye AF2 lebih akurat dan kencang.

Spesifikasi lainnya yang tersemat dalam A7R Mark III ialah WiFi USB Type C, baterai baru dengan kapasitas 2 kali lebih besar, dua slot kartu memori, multi selector joystick, serta perekaman video 4K secara full width atau dengan format Super 35 mm (oversampling 5K). Dengan segala kelebihan yang tersemat didalamnya, Sony akan membanderol A7R Mark III dengan harga mulai 3.200 dollar AS atau Rp 43,5 juta dan mulai dijual secara resmi pada bulan November mendatang.

Spesifikasi lengkap A7R Mark III:
– 10 fps
– ISO 100 to 32000
– BSI 42.2 MP full frame sensor same sensor
– 14 bit raw for everything including continuous shooting
– 4K HDR video
– 5 axis stabilization to 5.5 stops
– Autofocus from a9
– Eye AF operates at double the speed
– Bionz X processor
– Low vibration shutter, completely new shutter
– 399 phase detection AF points
– 4K video at 24p and 30p
– USB 3.1
– 3.69 million dot OLED tru-finder
– 8 fps shooting continuous Live View
– PC sync port
– Built-In Wi-Fi/Bluetooth, Dual SD Slots