Berita

Snapchat Berhasil Melampaui Jumlah Pengguna Twitter

Berdasarkan data yang diperoleh dari Bloomberg awal Juni 2016, jumlah pengguna aplikasi Snapchat mencapai 150 juta orang per hari. Angka tersebut meningkat cukup tajam jika dibandingkan data pengguna pada Desember tahun lalu dimana Snapchat digunakan oleh 110 juta orang per hari. Dengan demikian dalam hal pengguna aktif, Snapchat kini lebih populer daripada Twitter yang menurut data yang sama digunakan oleh 140 juta orang per hari.

Snapchat Berhasil Melampaui Jumlah Pengguna Twitter

Sebagaimana diketahui, usia Snapchat baru 4 tahun. Sementara itu, Twitter yang didirikan tahun 2006 telah memasuki usia 10 tahun. Pertumbuhan pengguna Snapchat semakin pesat, sedangkan pengguna Twitter dikabarkan terus menurun sehingga jumlah pengguna Snapchat kini berhasil melampaui Twitter. Hal ini dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki Snapchat lebih berhasil memikat kalangan anak muda karena fitur tersebut terkesan lebih aplikatif.

Snapchat adalah aplikasi ephemeral messaging untuk berbagi video dan foto yang termasuk rajin merilis berbagai fitur dan filter terbaru. Dengan aplikasi tersebut, komunikasi antar sesama pengguna menjadi lebih menyenangkan. Salah satu fitur yang dimiliki adalah pengguna Snapchat dapat bertukar wajah dalam foto. Snapchat memiliki software untuk swap wajah dalam foto, lalu mengubahnya menjadi puppies, barf rainbows, dan lain sebagainya.

Selain fitur tersebut, pengguna juga dapat berkirim video pendek dengan tambahan pesan tertentu. Snapchat juga memiliki fitur Snapstreak yang mendorong pengguna untuk menggunakan aplikasi secara teratur. Snapstreak akan menghitung seberapa sering penggunanya berkomunikasi dengan pengguna lain. Di samping itu, terdapat pula fitur lain seperti Discover untuk mengakses informasi terkini dari beberapa media pemberitaan dan laman Stories untuk menampilkan unggahan teman yang akan terhapus secara otomatis dan terganti setiap 24 jam.

CEO Twitter, Jack Dorsey, belum berkomentar banyak tentang jumlah pengguna Snapchat yang telah melebihi Twitter. Meski demikian, Dorsey mengakui bahwa Snapchat memiliki konsep perpesanan instan yang sangat modern. Lebih lanjut, Dorsey mengungkapkan, Twitter sedang melakukan pengembangan agar aplikasi microblogging besutannya tidak terlalu membuat bingung para pengguna ke depannya.