Berita

Smartphone Mid-Range Huawei P9 Lite Mini Meluncur

Bulan April tahun lalu, Huawei meluncurkan smartphone flagship mereka yang bertajuk Huawei P9, dan sekarang ini tak terasa usianya telah lebih dari satu tahun. Seakan ingin memanfaatkan nama besar dari P9, Huawei segera menghadirkan produk turunan dari smartphone dengan dual kamera tersebut. Kini, smartphone mid-range Huawei P9 Lite Mini meluncur secara diam-diam.

Kenapa bisa dikatakan secara diam-diam? Karena pabrikan asal Tiongkok itu tidak terlihat mengumumkan kehadiran ponsel kelas menengah ke atas tersebut. Namun, Huawei P9 Lite Mini diketahui dari salah satu ritel di Hungaria karena sudah menjual varian dual-SIM dari smartphone ini.

Huawei P9 Lite Mini merupakan varian lain dari P9 Lite, yang mempunyai ukuran lebih kecil. Tapi, tidak hanya berbeda ukuran, seri Mini ini juga mempunyai spesifikasi yang sedikit dipangkas.

Berbeda dengan Huawei P9 Lite yang mengusung layar seluas 5,2 inch, varian P9 Lite Mini ini hadir dengan layar ideal 5 inch beresolusi HD 1280 x 720 pixel. Kamera depan smartphone ini juga lebih kecil, jika sang ‘kakak’ nya beresolusi 8 MP, sedangkan untuk varian mininya beresolusi 5 MP.

Namun ternyata, hanya ukuran layar dan kamera depannya saja yang berbeda, sebab untuk spesifikasi lainnya memiliki kesamaan. Smartphone Huawei P9 Lite Mini dipersenjatai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 425 yang mempunyai prosesor Quad Core 1.4 Ghz.

Selain itu, kinerja prosesor di dukung oleh kapasitas RAM sebesar 2 GB dan memori internal 16 GB yang pastinya masih dapat diekspansi dengan microSD. Smartphone Huawei P9 Lite Mini juga telah menjalankan Android 7.0 Nougat dan dilapisi dengan EMUI 5.1. Kemudian, ponsel ini sudah di sokong oleh baterai berkapasitas 3.020 mAh.

Perihal masalah harga, Huawei P9 Lite Mini terjual seharga € 190 di Hungaria atau setara dengan Rp 3 jutaan. Banyak konsumen juga yang mengharapkan akan hadir varian single SIM dengan harga yang lebih murah.

Bukan hanya P9 Lite Mini saja yang diluncurkan oleh Huawei, kabarnya perusahaan ini tengah menyiapkan smartphone dari jajaran Honor yaitu Honor 7X. Namun belum bisa dipastikan ponsel ini kapan melenggang di pasaran.