Berita

Smartphone Lipat Baru Bakal Hadir Pada Tahun 2017!

Dari tren yang sedang terjadi, kita mungkin sudah menebak bahwa hal besar berikutnya yang bakal nge-hits adalah smartphone yang bisa dilipat-lipat. Hal ini sudah diindikasikan oleh layar fleksibel yang foldable ciptaan Samsung. Sejak dikembangkan pertama kali tahun 2011, teknologi tersebut telah diterapkan di berbagai produk Samsung, dimulai dari Samsung Galaxy Note Edge hingga yang terbaru pada layar melengkung Samsung Galaxy S6 Edge. Meski, pengguna tidak bakal bisa mengubah kelengkungan layar smartphone mereka, sebab panel fleksibel yang digunakan telah ditahan tetap di tempat oleh lapisan kaca layar.

Smartphone Lipat Baru Bakal Hadir Pada Tahun 2017!

Lebih lanjut, sejak tahun kemarin, Samsung dirumorkan sedang mengerjakan sebuah handset yang diberi nama kode Project Valley. Huruf inisial V pada nama Project Valley dianggap menandakan bahwa produk yang tengah dirancang itu akan bisa dilipat-lipat. Samsung sendiri belum mengeluarkan konfirmasi terkait rumor mengenai Project Valley.

Beberapa media memprediksi bahwa Samsung akan merilis smartphone lipat mereka pada tahun 2016 ini. Akan tetapi, para ahli teknologi berkata bahwa prediksi tersebut kurang realistis, dan smartphone yang sepenuhnya bisa dilipat baru bakal hadir di tahun 2017.

Kevin Wang, Research Director dari IHS Technology, baru-baru ini memposting sebuah status di Weibo yang mengatakan bahwa meskipun para perancang dan produsen layar telah membuat kemajuan yang signifikan untuk layar yang bisa dilipat, implementasi komersial pertama untuk panel layar fleksibel semacam ini tidak akan siap hingga paling tidak awal tahun depan. Agar panel layar dapat dilipat dua dengan sempurna tanpa menyebabkan kerusakan, panel layar harus bida ditekuk dengan jari-jari kelengkungan 3 mm.

Sebagai perbandingan, layar lengkung LG G4 memiliki jari-jari kelengkungan 3000 mm. LG G Flex memiliki jari-jari kelengkungan 700 mm. Adapun tepi-tepi layar Samsung Galaxy S6 Edge memiliki jari-jari kelengkungan 7 mm. Dibutuhkan sedikit upaya lagi agar memungkinkan produksi smartphone yang benar-benar bisa dilipat dan ditekuk sempurna.

Masih menjadi pertanyaan apakah Samsung dan LG akan mencoba mengalahkan ekspektasi Kevin Wang dengan merilis smartphone lipat pada akhir tahun ini. Yang pasti, smartphone yang fleksibel akan semakin memperluas kemungkinan penggunaan, serta tentu lebih awet dan bisa menghemat tempat.