Berita

Sandisk Luncurkan SSD 1TB Tertipis di Dunia

Solid State Drive (SSD) adalah salah satu media penyimpanan yang menggunakan integrated circuit (IC) yang dirakit sebagai memory untuk menyimpan data secara presisten. SSD sangat berbeda dengan magnetic disk seperti hardisk atau floopy disk yang menggunakan komponen elektromagnetiks yang terdapat disk atau platter yang berputar, serta head yang bergerak untuk membaca dan menulis pada disk menggunakan gelombang elektromagnetik.

Sandisk Luncurkan SSD 1TB Tertipis di Dunia

Saat ini sudah banyak orang yang mempertimbangkan untuk menggunakan SSD. Karena bentuknya yang lebih kecil daripada hardisk komputer pada umumnya, selain itu juga SSD terbukti mampu menembus kecepatan baca tulis sepuluh kali lebih cepat dibanding hardisk. Oleh karena itu, para vendor tak hanya bersaing dalam urusan kecepatan saja, tapi mereka juga bersaing dalam urusan ukuran mana yang terkecil dan tertipis. Dan lagi-lagi Sandisk berhasil menunjukkan tingkat kecanggihannya yang berhasil mengimbangi ketenarannya di market teknologi. Sandisk mengumumkan varian terbaru perangkat SSD mereka, yang mereka beri nama X400.

SSD yang ditujukan untuk perusahaan alias OEM ini dinyatakan memiliki kecepatan yang super kencang. Kemampuan membacanya menembus angka 545MB/s serta kecepatan tulisnya 520MB/s. Sandisk X400 ini juga memiliki kecepatan baca / tulis secara acak sebesar 95.000 IOPS dan 75.000 IOPS. Hal yang menarik lagi adalah Sandisk menyatakan bahwa SSD X400 milik mereka ini merupakan SSD dengan slot M.2 tertipis di dunia! SSD ini disebutkan memiliki ketebalan hanya 1,5 milimeter saja. Berkat penggunaan teknologi X3 generasi keenam yang terbukti mampu menciptakan flash memory 3D yang meyimpan tiga bite per cell.

Untuk urusan daya tahannya, Sandisk mengatakan bahwa SSD X400 mampu bertahan hingga 320TB dari kecepatan tulisnya, alias seumur hidup. SSD ini juga telah disupport dengan enkripsi data AES 256-bit dan TCG Opal 2.0, yang menjadikannya sangat cocok untuk digunakan di sekolah, perusahaan besar, maupun di lembaga keuangan.

Ada dua varian dari SSD X400 ini. Yang pertama yaitu dengan jenis SSD umumnya seperti ukuran hardisk pada laptop biasa. Varian yang kedua adalah yang menggunakan slot M.2 2280. Sedangkan untuk ukurannya, kedua varian tersebut memiliki beberapa pilihan seperti 128Gb, 256GB, 512GB, hingga 1TB.