Berita

Samsung Rilis Notebook 9 (2018) & Versi S Pen

Di penghujung tahun 2017 ini, Samsung tengah merilis ultrabook terbaru miliknya yang terdiri dari dua model. Model yang paling kecil yaitu Samsung Notebook 9 (2018) dengan layar 13.3 inch dan bobot seberat 995 gram, sedangkan model lainnya memiliki bobot 1.250 gram. Keduanya hadir dengan hardware tingkat tinggi karena akan menyasar segmen high-end.

Apabila dilihat secara sekilas, Samsung Notebook 9 (2018) memiliki desain yang hampir sama dengan ultrabook lainnya, karena memiliki ketipisan yang luar biasa, seperti Xiaomi Mi Notebook Air. Laptop tipis ini dibuat dari material magnesium alloy yang disebut dengan Meta12, yang mana bahan ini dikenal ringan sekaligus tahan lama.

Baik versi 13,3 inch atau 15 inch, Samsung Notebook 9 (2018) telah mengusung Real View Display dengan resolusi Full HD 1080p sehingga kualitas gambar akan ditingkatkan lebih bagus lagi. Terlebih lagi sudah didukung oleh 95% sRGB coverage atau deltaE < 2.5 dan tingkat kecerahannya dapat naik hingga 500 nits. Demi memberikan kepuasan bagi konsumen, Samsung Notebook 9 (2018) dibekali secara eksklusif oleh prosesor generasi 8 Intel Core i7 yang dipadukan dengan RAM hingga 16 GB dan memori SSD hingga 1 TB.

Sedangkan untuk model 15 inch, Anda akan mendapatkan kualitas grafis yang menakjubkan berkat adanya GPU Nvidia MX150 2GB GDDR3, yang mana bobotnya akan bertambah 40 gram apabila ingin menggunakan dukungan grafis tersebut. Walaupun tidak menyebutkan berapa kapasitas baterai dari kedua perangkat, tapi kabarnya masa pakai baterai dari Samsung cukup mengesankan karena memakai baterai 6-cell 75Wh.Ternyata Samsung menyiapkan versi ketiga yang diberi nama Samsung Notebook 9 Pen 13.3. Sesuai namanya, perangkat ini memiliki dukungan S Pen dari seri Galaxy Note milik perusahaan. Karena telah mengusung S Pen, tentunya layar model yang ketiga ini mirip dengan layar di Galaxy Note. Walaupun beratnya sama persisi seperti model 13.3 inch, tatapi kapasitas baterainya lebih kecil yaitu 39 Wh. Layar pada ultrabook tersebut juga bisa dibalik hingga 360 derajat alias hybrid, alhasil Anda bisa menggunakannya sebagai tablet atau laptop.

Bukan hanya itu, Samsung juga memberikan beberapa aksesori untuk melengkapi Samsung Notebook 9 (2018), termasuk keyboard backlit, sensor sidik jari, serta speaker 2x 1.5W. Pilihan konektivitas meliputi satu port USB Type-C, port HDMI, dan port USB biasa di samping slot microSD. Lebih menariknya lagi, model 15 inch juga mendukung port Thunderbolt 3 bagi mereka yang memerlukan layar tambahan dan aksesori eksternal lainnya.

Untuk masalah harga dan ketersediaan, Samsung Notebook 9 (2018) dan versi S Pen diluncurkan bulan Desember ini di Korea dan bakal disusul ke pasar lainnya dalam beberapa bulan mendatang. Namun sayang, belum ada harga pasti mengenai perangkat tersebut. Kita tunggu saja kehadirannya di Indonesia.