Berita

Samsung Resmi Luncurkan Galaxy J6 dan J8

Akhirnya, tepat di hari ini Selasa tanggal 22 Mei 2018 pihak Samsung resmi luncurkan Galaxy J6 dan J8. Kedua ponsel papan menengah dari Samsung ini akan dipasarkan di India. Meskipun belum ada kabar resmi keduanya akan ikut melenggang juga di pasar Tanah Air, namun tidak ada salahnya Anda mengetahui seperti apa spesifikasi dan harga kedua ponsel terbaru dari Samsung ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tanggal resmi peluncuran kedua ponsel Samsung
– Spesifikasi Galaxy J6 dan J8
– Harga Galaxy J6 dan J8

Jika membahas spesifikasi dari masing-masing perangkat, keduanya memiliki beberapa kesamaan. Akan tetapi keduanya juga memiliki perbedaan yang dapat dilihat dari tampilannya. Dilansir dari Kompas.com, Samsung Galaxy J6 dan Galaxy J8 akan tersedia dalam tiga varian warna, yakni biru, hitam, dan gold. Untuk sistem keamanan, keduanya menggunakan fitur face unlock dan fingerprint scanner di bodi belakang.

Jika sebelumnya Galaxy J7 duo si penerus J7 plus memiliki layar 5,5 inci. Lain halnya dengan Samsung Galaxy J6 yang dibekali tampilan layar infinity display alias berbingkai bezel tipis dengan bentang layar sebesar 5,6 inci, dan berpanel Super AMOLED. Selain itu, Galaxy J6 juga memiliki resolusi gambar HD Plus dengan rasio aspek 18,5: 9. Di belakang perangkat tertanam kamera tunggal beresolusi 13 megapiksel dengan aperture (bukaan) f/1.9.

Sementara kamera depan Galaxy J6 memiliki resolusi 8 megapiksel yang dapat digunakan pengguna untuk berselfie. Keduanya didukung LED flash untuk menunjang pengambilan foto yang minim cahaya. Galaxy J6 dipersenjatai dengan prosesor Exynos 7870 dan memiliki dua slot kartu SIM berukuran nano dan jack headphone 3,5 mm. Galaxy J6 didukung baterai berkapasitas 3000 mAh dan micro USB plug untuk pengisian dan transfer data. Sistem operasi akan berjalan dengan Android 8.0 Oreo.

Ada dua varian yang ditawarkan untuk Galaxy J6 yakni varian RAM 3 GB dan 32 GB penyimpanan yang dibanderol 13.990 rupee atau sekitar Rp 2,9 juta. Varian lainnya adalah dengan kapasitas RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB yang dijual di India seharga 16.490 rupee atau sekitar Rp 3,4 juta. Sementara untuk Galaxy J8 sepertinya mengusung spesifikasi yang sedikit lebih unggul. Layar Super AMOLED lebih besar dengan panjang diagonal 6 inci. Perangkat ini memiliki resolusi gambar Full HD didukung oleh layar infinity display dengan rasio aspek 18,5: 9.

Jika sebelumnya Galaxy J6 mengusung kamera tunggal, maka inilah perbedaan dari Galaxy J8, di mana Galaxy J8 menghadirkan kamera ganda di belakangnya. Kamera ganda ini masing-masing memiliki resolusi 16 MP untuk kamera utama dan 5 MP untuk kamera sekunder dengan kedalaman efek depth of field (bokeh). Sementara bagian depan dilengkapi dengan kamera 16 MP beresolusi tunggal dengan bukaan f/1.9. Keduanya didukung LED flash untuk membantu pencahayaan. Galaxy J8 juga memiliki dua slot kartu SIM berukuran nano dan jack headphone jack 3.5mm.

Kapasitas baterainya jelas lebih besar dari Galaxy J6 yaitu 3.500 mAh, dengan konektor micro-USB untuk mengisi daya. Galaxy J8 dipersenjatai SoC Snapdragon 450 dan juga akan dioperasikan dengan OS Android 8.0 Oreo. Jika membahas kapasitas Galaxy J8 hanya memiliki satu varian RAM 4 GB dan 64 GB internal yang dapat diperluas hingga 256 GB. Galaxy J8 dijual seharga 18.990 rupee atau sekitar Rp 3,9 juta.

Tidak hanya teknologi kecerdasan buatan (AI) yang disematkan pada kedua perangkat, karena terdapat pula fitur “Chat Over” yang dikembangkan oleh tim Indian R&D India yang memungkinkan pengguna untuk menonton video saat sedang mengobrol di WhatsApp.