Review

Review Xiaomi Redmi 1S: Harga Murah Kinerja Hebat

Xiaomi Redmi 1S adalah salah satu smartphone murah dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Tampilan desain dari ponsel pintar buatan Xiaomi ini sangat baik, sehingga tak heran jika Xiaomi Redmi 1S menjadi ponsel android pilihan yang banyak dicari dan terbilang laris di Indonesia saat ini. Masuknya smartphone Xiaomi ke pasar Indonesia telah menjadi ancaman nyata untuk para pemain lama di pasar gadget dunia.

Xiaomi produsen smartphone yang terbilang sukses asal Tiongkok, China telah meluncurkan smartphone low entry dengan tipe Xiaomi Redmi 1S. Telah meluncur xiaomi redmi 1s di lazada¬†yang dikenal dengan nama Hongmi yang artinya “beras merah” 1S di China. Bahkan ini termasuk smartphone dengan kinerja hebat dengan harga murah. Untuk itu di bawah ini kami berikan penjelasannya.

Tampilan
Penampilan fisik Xiaomi Redmi 1S tidak jauh berbeda dengan smartphone touchscreen candybar pada umumnya. Wajahnya didominasi oleh layar 4,7 inci yang dikelilingi oleh bezel hitam yang mengkilap. Layar ini dilapisi dengan kaca Dragontrail anti gores yang diklaim tahan terhadap goresan dengan pelapis layar Gorilla Glass buatan Corning. Bahan penutup belakang terbuat dari plastik embedding logo Xiaomi di bagian bawah, dan memiliki struktur yang tidak licin, sehingga tangan pengguna akan menjadi lebih kuat.

Di bagian bawah layar, Anda akan melihat tiga tombol, Menu, Home, dan Back. Di bawah fungsi Home, Anda bisa melihat indikator notifikasi yang unik memiliki warna lebih. Setidaknya ada enam pilihan warna yang bisa dijadikan indikator pemberitahuan untuk aplikasi, telepon, dan pesan singkat, yaitu biru, merah, kuning, hijau, biru muda, putih, dan ungu. Konektor USB ditanam di sisi bawah, bersebelahan dengan lubang mikrofon. Di sisi atas, Anda akan menemukan jack audio 3,5 inci dengan posisi sedikit ke kanan. Lokasi tombol suaran dan power regulator disatukan di sisi kanan. Speaker menjadi salah satu komponen dengan layout yang cukup unik, yaitu di sisi belakang, dekat dengan kamera belakang.

Kamera
Saat membicarakan kualitas kamera, harus diakui, tidak begitu istimewa. Kamera 8 MP yang berada di belakangnya memang mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih di kelasnya, namun tetap kalah jika diadu dengan kamera yang dibuat oleh smartphone terkenal lainnya. Dalam kondisi cahaya agak redup, kamera ini mungkin tidak bisa menghasilkan gambar yang diharapkan. Uniknya, kamera belakang ini mampu memindai QR Code secara otomatis tanpa harus memasang aplikasi tambahan.

Dan dilengkapi Kamera 1,6 megapiksel bertengger di atas layar, di sebelah pojok kiri atas. Kamera ini bisa digunakan untuk konferensi video atau snap foto selfie, meski kualitasnya tidak selalu bisa diandalkan. Di sisi lain, ada opsi pengaturan efek tambahan yang dapat dimasukkan ke dalam foto, termasuk pengaturan ISO dari 100 hingga 1600. Pilihan pengaturan ini muncul saat pengguna mengubah tampilan pengaturan ke Mode Tingkat Lanjut.

Kinerja
Berbicara soal performa, Xiaomi Redmi 1S tidak bisa diremehkan. Meski terkesan kecil, smartphone ini telah menggunakan daya Chipset Qualcomm MSM8228. Xiaomi Redmi 1S sudah meningkatkan media penyimpanan internal menjadi 8 GB dan juga dibekali dengan RAM yang cukup besar 1 GB.

Namun sayangnya, kenikmatan bermain tidak begitu bertahan lama karena daya kecil yang dimiliki oleh baterai, yang hanya 2.000 mAh. Daya baterai cukup kecil mengingat prosesor yang disematkan tidak sembarangan. Dan smartphone ini mudah terasa panas bagian belakang saat beroperasi. Hal ini sangat mengganggu saat bermain game atau saat melihat sosial media.

Spesifikasi Lainnya
Seperti gadget lainnya, Redmi 1S menggunakan sistem operasi MIUI. Bagi yang belum tahu, ini adalah sistem operasi berbasis Android yang telah dimodifikasi secara khusus oleh Xiaomi, sehingga tampilan dan fiturnya terlihat lebih eksklusif dan lebih lengkap dari OS Android standar. Perangkat ini menggunakan OS MIUI 5, yang setara dengan Android 4.3 Jelly Bean. Banyak yang mengatakan bahwa tampilan antarmuka yang tersedia di MIUI sangat mirip dengan iOS 7.

Sebenarnya, MIUI memiliki desain antarmuka, terutama ikon dan fungsi yang lebih bervariasi, dan pengguna diberi pilihan penyesuaian tampilan yang lebih beragam. Xiaomi menyediakan tema tambahan yang bisa diunduh secara resmi. Ada beberapa fungsi tambahan yang disediakan oleh MIUI, seperti informasi tentang smartphone di bagian About Phone pada menu Settings. Anda bisa melihat spesifikasi Redmi 1S sepenuhnya, tidak hanya OS Android dan seri smartphone saja.

Beberapa fungsi unik lainnya yang disediakan adalah mode Do Not Disturb yang menonaktifkan notifikasi saat smartphone terkunci. Ada juga fungsi Lite Mode yang mengubah tampilan dasar MIUI menjadi lebih sederhana. Untuk penyimpanan data, Xiaomi menyediakan layanan MIUI Cloud hingga 10 GB. Lockscreen memiliki fungsi tambahan yang cukup unik. Bila Anda menekan kursor dua kali dengan cepat, Anda akan beralih ke fungsi Pemutar Musik. Fungsi ini memungkinkan Anda mengakses semua Musik yang tersimpan di smartphone dan memutarnya tanpa harus membuka Lockscreen.

Kelebihan Xiaomi Redmi 1S:
– Antarmuka MIUI 5 praktis
– RAM 1 GB
– Memori internal besar 8 GB
– Beterai berkapasitas 2.000 mAh
– Kamera utama 8 Megapixel dan kamera depan 1.6 Megapixel

Kekurangan Xiaomi Redmi 1S:
– Masih menggunakan OS Android Jelly Bean 4.3
– Softbutton tidak dilengkapi backlight

Harga Xiaomi Redmi 1S
Cek harga terbaik dari Xiaomi Redmi 1S disini.