Review

Review Sony Xperia XA1: Kamera 23 MP, Harga Terjangkau

Perangkat mid-range Sony 2017 adalah ponsel yang difokuskan pada kamera, sesuatu yang tidak sering Anda dapatkan pada harga yang ditawarkan oleh Sony. Untuk itu, berikut review Sony Xperia XA1: kamera 23 MP, harga terjangkau yang patut Anda dipertimbangkan untuk menjadi salah satu pilihan smartphone terbaru Anda. Daripada penasaran di bawah ini kami uraikan beberapa keunggulannya.

Produsen smartphone Sony kembali meluncurkan amunisi baru untuk smartphone besutannya yakni Sony Xperia XA1. Smartphone ini hadir dengan mengusung kamera beresolusi 23 MP yang siap merayu pengguna yang menyukai fotografi. Tak hanya itu, sistem operasi terinstal menggunakan Android terbaru Nougat dan juga performa handal dan bertenaga. Harga Sony Xperia XA1 sendiri diluncurkan untuk mengambil kelas menengah dengan harga terjangkau yang siap bersaing menjadi pesaing Sony Xperia Z3. Selain itu, ponsel ini juga telah menyediakan koneksi internet super kencang dan kapasitas penyimpanan yang besar dengan sejumlah fitur canggih yang dimiliki.

Kamera
Kamera utama yang dimiliki Sony Xperia XA1 beresolusi 23 MP dengan fitur LEDFlash, Autofocus, PDAF Sensor dan sejumlah fitur lain yang menunjang hasil bidikan yang tajam dan jernih. Selain itu, kamera belakang Sony Xperia XA1 juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas Full HD 1080p @ 30fps yang jernih saat ditonton kembali. Dan untuk pecinta selfie, Sony Xperia XA1 menanamkan kamera depan beresolusi 8 MP dengan lensa wide angle. Kamera depan smartphone ini mampu menghasilkan gambar yang begitu jernih dan terang serta sudut pandang luas untuk selfie beramai-ramai,

Desain dan Tampilan
Layar smartphone tipe ini berukuran 5.0 inci dan dilengkapi panel IPS LCD yang support capacitive touchscreennya memiliki berbagai warna hingga mencapai 16 juta warna. Tidak hanya itu, fitur juga disematkan Image Enhance Technology, Border-less Edge to Edge Design yang membuat layar terlihat tanpa bezel di sebelah kiri kanannya. Smartphone ini mengusung konsep resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 294 ppi per incinya sehingga menghasilkan kualitas layar yang jernih dan tajam. Bahkan permukaan layar juga mendukung multitouch yang responsif dan telah diperkuat oleh lapisan Corning Gorilla Glass seperti yang sudah diaplikasikan pada Sony Xperia Z5.

Desain Sony Xperia XA1 terlihat sangat stylish dan menawan. Bodi smartphone ini dibalut dengan bahan metal yang kuat dan solid untuk menghasilkan casing menawan dalam berbagai varian warna yakni hitam, putih, emas dan pink. Dimensi Sony Xperia XA1 sendiri mencapai 145 x 67 mm dengan bodi ramping setebal 8 mm. Sedangkan untuk bobot Sony Xperia XA1 sendiri mencapai 143 gram dengan konsep desain kotak dan empat sudut sedikit runcing.

Spesifikasi Lain
Di dalam bodinya ada slot SIM yang mendukung Dual SIM dan optional Single SIM. Sony Xperia XA1 juga telah dilengkapi dengan jaringan GSM 2G, 3G HSDPA dan 4G LTE dengan kecepatan akses internet HSPA Plus 42 / 5.76 Mbps hingga LTE. Fiturnya yang lengkap juga telah didukung sejumlah konektivitas seperti Wi-Fi, Hotspot, navigasi GP, Browser, GPRS-EDGE, Bluetooth, NFC dan juga microUSB.

Selanjutnya, untuk sistem operasi Sony Xperia XA1 telah menjalankan OS Android v7.0 Nougat dalam dukungan antarmuka yang cukup cantik. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan yang besar untuk kebutuhan pengguna dalam hal penyimpanan download game atau aplikasi atau file multimedia. Terdapat memori internal 32 GB yang dapat diupgrade dengan kartu microSD hingga kapasitas 256 GB di slot yang tersedia.

Kupas lagi di dapur pacu dan juga performa yang ditawarkan Sony Xperia XA1 dengan bandrolan harga terjangkau di kelas ini. Di dalam bodi tersebut telah dipersenjatai chipset MediaTek MT6757 Helio P20 yang mengusung prosesor Octa-core dalam top speed 2,3 GHz yang responsif dan handal. Bahkan processor 8 inti ini mampu menjalankan multitasking dan juga komputasi beberapa aplikasi dan game dengan cepat. Itu karena ponsel Sony Xperia XA1 ini didukung RAM sebesar 3 GB sehingga mampu menjanjikan untuk bermain game berukuran berat. Bahkan kualitas grafisnya bisa diacungi jempol dengan menggunakan GPU Mali T880 MP2 (900 MHz). Dan juga dipasok baterai berkapasitas 2300 mAh plus fast charging, yang dapat menunjang pengguna tidak perlu berlama-lama dalam pengisian ulang daya.

Kelebihan Sony Xperia XA1:
– Desain yang elegan dan menawan
– Sistem operasi Android v7.0 Nougat
– Prosesor berpacu memakai Mediatek Helio P20
– RAM 3 GB, memory Internal 32 GB
– Kamera utama 23 MP dengan LEDFlash, Autofocus, PDAF
– Kamera depan 8 MP
– Baterai berkapasitas 2300 mAh + Fast Charging

Kekurangan Sony Xperia XA1:
– Tidak terdapat Fingerprint Scanner
– Kamera depan tidak dilengkapi LED Flash
– Baterai non-removable (bersifat tanam)

Harga Sony Xperia XA1
Cek harga terbaik dari Sony Xperia XA1 disini.