Review

Review Sony Xperia T2 Ultra: Layar 6 Inci dengan Dual-SIM

Tidak dapat dipungkiri layar besar menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi sebagian besar pengguna. Meski konsekuensi dari perangkat menjadi lebih sulit dibawa, ukurannya yang besar diyakini memberi kepuasan lebih saat melakukan berbagai hal seperti browsing, bermain game, atau menonton video. Sony merupakan salah satu dari berbagai perusahan smartphone yang ikut serta dalam memasarkan produk smartphone dengan spesifikasi mumpuni, salah satu produk tersebut adalah Sony Xperia T2 Ultra: layar 6 inci dengan dual-sim.

Sony Mobile (sebelumnya dikenal sebagai Sony Ericsson Mobile) adalah anak perusahaan elektronik Sony Corporation. Perusahaan Sony yang dimulai dengan Windows Mobile OS telah berpindah ke Android dan merupakan bagian penting dari pasar smartphone saat ini. Perusahaan ini memasarkan beberapa produknya yang tahan air dan tahan debu.

Sony memiliki berbagai tipe seri, yang rata-rata berjenis Xperia. Salah satunya Sony Xperia T2 Ultra, Sony Xperia seri ini memiliki panjang bodi 165,2 mm dengan ketebalan 7,7. mm dan lebar 83,8 mm, sedangkan ketebalannya hanya 171,7 gram. Tipe SIM yang ada pada Sony Xperia T2 Ultra adalah micro-SIM. Di layar, Sony Xperia T2 Ultra menggunakan layar sentuh IPS LCD capatitive 16M warna, yang diketahui memiliki tampilan visual yang sangat mirip dengan aslinya. Ukuran layarnya sendiri 6 inci atau sama dengan 71,7% dari keseluruhan bodi Sony Xperia T2 Ultra. Dengan resolusi layar 720 x 1280 piksel, memberi kemampuan multitouch hingga 10 jari, berarti 10 jari bisa memberi perintah ke layar secara bersamaan, biasanya ini terjadi saat bermain game.

Desain
Sepintas, penampilan Xperia T2 Ultra ini masih mengusung desain bergaya Xperia Z Ultra. Bagi sebagian pengguna, apalagi handheld kecil mungkin akan sulit mengoperasikan Xperia T2 Ultra dengan satu tangan. Namun jangan khawatir karena Sony pun menyediakan fitur One-Handed Operation. Walau dengan tampilan yang cukup lebar, bodi Xperia T2 Ultra ini termasuk dalam smartphone tipis dengan ketebalan hanya 7.65mm. Bila dipegang bahkan perangkat ini terasa ringan.

Xperia T2 Ultra hadir dengan dominasi bahan plastik glossy yang membuatnya terlihat seperti bahan kaca berlapis, terutama pada cover belakang. Sayangnya, casing sangat mudah ‘ternoda’ oleh sidik jari pengguna. Akan lebih baik jika pengguna menambahkan casing tambahan untuk melindunginya agar tidak mudah kotor dan tergores.

Hanya beberapa tombol fisik yang sangat penting termasuk tombol power (lock), kontrol volume, dan shutter kamera yang semuanya berkumpul di sisi kanan. Sayangnya sisi belakang smartphone ini tidak dilapisi kaca seperti pada kebanyakan seri Xperia Z.

Kamera dan Baterai
Sementara untuk kamera utama berukuran 13 MP dengan fitur seperti autofocus, LED-Flash, geo-tagging, face detection, HDR, sweep panorama dan lain-lain. Untuk kamera sekunder berukuran 1,1 MP. Dengan mode Background defocus pengguna bisa menangkap gambar bergaya bokeh atau membuat latar belakang objek utama foto menjadi terlihat kabur. Sementara dengan Potrait retouch pengguna bisa memberi make up pada potretnya. Menariknya efek make up bisa ditampilkan langsung pada viewfinder, sayangnya ada jeda waktu antara kondisi nyata dengan yang tertampil.

Dikapasitasi oleh baterai non-removable 3000mAh tipe Li-Ion, baterai ini memiliki daya yang setara dengan standby pada jaringan 2G sampai 1071 tanpa mati dan 1046 pada jaringan 3G tanpa mati, serta dapat digunakan hingga 14 jam pada jaringan 2G sebelum mati dan 24 jam pada jaringan 3G.

Spesifikasi Lain
Untuk sistem operasi, sistem operasi dari Xperia T2 Ultra ini menggunakan Android 4.3 Jelly Bean yang masih bisa diupdate ke tipe KitKat. Sedangkan chipsetnya menggunakan Qualcomm MSM8928 Snapdragon 400, dengan kecepatan CPU Quad-core 1,4 GHz Cortex A7. Semuanya didukung dengan kemampuan grafis yang dibantu oleh GPU Adreno 305, selain itu juga dibantu dengan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. Sementara jika masih kurang, juga disediakan kapasitas memori eksternal hingga 32 GB. Dan terdapat pilihan konektivitas termasuk Wi-Fi, GPS, Bluetooth, NFC, USB OTG, FM dan 3G. Sensor yang ada di telepon meliputi Compass Magnetometer, Proximity sensor, Accelerometer dan Gyroscope.

Kelebihan Sony Xperia T2 Ultra:
– Layar 6 inci dan sudah beresolusi HD
– Memiliki kamera belakang yang besar 13 megapixel
– Kapasitas daya baterai besar hingga 3000 mAh
– Dapur pacu ditenagai Chipset Qualcomm MSM8928 Snapdragon 400 dengan Quad-core 1.4 GHz Cortex-A7

Kekurangan Sony Xperia T2 Ultra:
– Sulit jika digunakan dengan satu tangan
– Kamera depan hanya dibekali 1,1 megapixel
– Belum ada pelindung layar (seperti Corning Gorilla Glass)
– Sistem operasi masih Android Jelly Bean

Harga Sony Xperia T2 Ultra
Cek harga terbaik Sony Xperia T2 Ultra disini.