Review

Review Sony Xperia L1: Ponsel Budget dengan Spesifikasi Mumpuni

Sony tidak ingin ketinggalan jauh dari rival-rivalnya sehingga ia kembali meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama Sony Xperia L1. Dengan diluncurkan perangkat ini, Sony berhasil menghembuskan angin segar bagi konsumen di segmen kelas bawah. Pasalnya, Sobat pasti tahu jika kebanyakan ponsel baru dari Sony masuk kategoru high-end dan mid-end sehingga kurang dijangkau oleh konsumen entry-level. Berikut ini review Sony Xperia L1 yang bisa Anda telaah lebih dalam.

Xperia L1, smartphone Android murah dari Sony sendiri merupakan penerus dari seri Xperia L yang dirilis pada tahun 2013. Perangkat ini juga menghadirkan kualitas yang lebih baik dari pendahulunya. Namun, meski dilengkapi dengan spesifikasi yang lebih berkualitas, perangkat ini diklaim dibanderol dengan harga terjangkau. Jadi diprediksi akan menjadi salah satu kelebihan dari Sony Xperia L1 ini.

Desain
Untuk menarik konsumen, Sony Xperia L1 menghadirkan desain yang lebih modern dengan layar 5,5 inci yang memiliki resolusi HD 720 x 1280 piksel dan kerapatan 267 ppi. Layar mengadopsi panel Display IPS yang memiliki sudut pandang lebih lebar dan mampu menampilkan beragam konten dengan kualitas grafis yang menakjubkan. Namun sayang, layarnya tidak Full HD, karena masih menggunakan resolusi layar HD. Meski resolusinya cukup standar, namun penggunaan teknologi panel LCD IPS membuatnya cukup nyaman bila dilihat.

Selain itu, desainnya juga terlihat elegan, sehingga membuatnya terkesan tidak murahan. Di bagian atas dan bawah, serta sisi kanan dan kiri yang melengkung, membuatnya lebih mudah untuk dipahami. Sony nampaknya memberi sedikit sentuhan modern dengan memberikan tiga pilihan warna, yakni hitam, putih, dan pink.

Sedangkan dimensi ponsel hadir dengan panjang 151 mm, lebar 74 mm, dan ketebalan 8,7 mm. Bobotnya mencapai 180 gram. Walaupun cukup berat, tapi sedikit bisa diatasi dengan desain ergonomis yang dibawanya.

Fitur
Beralih ke sektor konektivitas, Sony Xperia L1 tersedia dalam varian Single SIM dan Dual SIM, yang kemungkinan akan mempengaruhi harganya. Selain itu, pengguna juga bisa memilih sesuai kebutuhan komunikasi mereka. Keduanya juga sama-sama mengadopsi port USB Type-C yang mempermudah pengisian baterai dan mempercepat pengiriman file dari komputer ke smartphone.

Lalu ada juga teknologi 4G LTE yang menyediakan akses internet super cepat saat pengguna menonton video streaming, bermain game online, atau browsing. Teknologi jaringan 4G LTE ini juga diklaim mampu memberikan akses internet super cepat. Karena aktivitas download bisa berjalan di 150 Mbps dan upload di 50 Mbps. Meski begitu, Sony juga tetap mempertahankan jaringan lama GSM dan HSPA.

Sedangkan untuk konektivitas nirkabelnya, Sony Xperia L1 memiliki fitur NFC, Wi-Fi 802.11, WiFi Direct, dan Hotspot. Sedangkan untuk kebutuhan transfer data, bisa dipenuhi dengan maksimal berkat fitur Bluetooth v4.2, A2DP, LE, aptX, dan USB Type-C 1.0 reversible connector. Selain itu, terdapat fitur pemetaan lokasi yang akurat melalui teknologi GPS teknologi navigasi GPS dan GLONASS juga. Berbekal semua fitur ini, Sony Xperia L1 siap bersaing di segmen menengah ke bawah.

Kinerja
Beralih ke spesifikasi Sony Xperia L1 yang paling kompleks, yaitu dapur pacunya. Sektor ini sebenarnya dipenuhi dengan komponen yang memiliki kualitas low-mid-end. Kinerjanya didukung oleh chipset Mediatek MT6737T yang dipadukan dengan prosesor Cortex-A53 Quad-Core berkecepatan 1,4 GHz Cortex-A53 cukup handal untuk menangani aplikasi dan game standar. Sedangkan sisi multitasking dilengkapi dengan RAM 2 GB, sehingga aktivitas multitasking standar pada Sony Xperia L1 mampu berjalan lancar.

Kehadiran kartu grafis GPU Mali-T720MP2 juga memungkinkan berbagai permainan dan multimedia ditampilkan dengan cukup baik. Sistem operasi yang dihadirkan sudah cukup terupdate, yaitu Android versi 7.0 Nougat sehingga mendukung berbagai aplikasi terbaru.

Keunggulan dari sisi penyimpanan Xperia L1 adalah Sony membekalinya dengan memori internal 16 GB. Kapasitas memori internal yang tersedia tentu saja menyediakan cukup ruang untuk menyimpan file sistem dan kumpulan file hiburan pengguna. Namun jika digunakan untuk menyimpan file berukuran jumbo, kapasitas penyimpanan Xperia L1 kurang memadai.

Karena itu, ruang penyimpanan milik Xperia L1 masih bisa diperluas dengan penambahan microSD dengan kapasitas maksimal 256 GB. Jadi pengguna tidak akan kekurangan ruang penyimpanan. Dengan demikian, kinerja sektor spesifikasi Sony Xperia L1 memang bisa dikatakan cukup memadai.

Kamera
Sementara dari sisi kamera, spesifikasi Sony Xperia L1 mengusung dua perangkat kamera sesuai dengan segmen mid-range. Kedua kamera dengan resolusi bagus ini bisa memenuhi kebutuhan fotografi pengguna.

Di sektor kamera belakang, ada kamera utama 13 MP dengan aperture f/2.2 dengan hasil foto tajam dan jernih. Kamera utama dari Sony Xperia L1 telah dilengkapi fitur Autofocus untuk penguncian fokus lebih mudah dan LED Flash untuk memaksimalkan pencahayaan saat memotret di tempat dengan cahaya minim. Kamera ini juga mampu menghasilkan video 1080p@30fps.

Sementara di sektor kamera depan, kamera 5 MP tertanam dengan aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan selfie dan video call dengan cukup jelas. Sony juga melengkapi Xperia L1 dengan fitur pendukung kamera seperti geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama.

Kelebihan Sony Xperia L1:
– Desain terlihat elegan dan mudah dioperasikan
– Layar ideal yang membuatnya semakin menyenangkan saat dipakai bermain game atau menonton film
– Tersedia OS Android Nougat 7.0
– Konektivitas lengkap
– Harga cukup murah
– Kamera mumpuni

Kekurangan Sony Xperia L1:
– Tidak ada sensor sidik jari
– Dapur pacu kurang powerful

Harga Sony Xperia L1
Cek harga terbaik Sony Xperia L1 disini.