Review

Review Sony Xperia C3: Cocok Bagi Pencinta Selfie

Sony memperluas pangsa pasarnya dengan melihat banyaknya masyarakat yang gemar berswafoto. Wajar jika vendor asal negeri ini Sakura ini ikutan bersaing yang sebelumnya telah merilis smartphone khusus untuk pecinta selfie. Untuk kali ini, Sony menghadirkan Sony Xperia C3: cocok bagi pencinta selfie. Berikut review selengkapnya.

Selain sebagai alat komunikasi, smartphone juga bisa berfungsi sebagai pengganti kamera digital. Kualitasnya semakin baik dan bisa diandalkan untuk berbagai keperluan, termasuk jurnalistik atau sekedar ekspresi diri. Sony Xperia C3 ini merupakan ‘adik’ dari Sony Xperia C5. Smartphone Sony ini memiliki bodi yang sedikit lebih besar. Namun, bobotnya cukup ringan. Sony mendesain Xperia C3 dengan dimensi setebal 7,6 mm. Hal ini kemungkinan besar karena penggunaan bahan bodi yang disesuaikan dengan desainnya yang tipis.

Untuk karakter desain, Xperia C3 mempertahankan struktur senior khasnya yang mengadopsi konsep keluarga Xperia terbaru. Setiap sudut bodi agak membulat dengan karakter lekukan yang sangat khas, dikenal dengan desain Omni Balance. Xperia C3 menerapkan desain unibody. Hal ini juga terlihat dari penempatan semua panel atau tombol dan slot khusus di sisi bodi. Uniknya, slot kartu SIM di Xperia C3 ini berbentuk panjang dan menyatu dalam satu lubang. Tidak terpisah antara lubang slot kartu SIM 1 dengan kartu SIM 2.

Seperti kebanyakan jajaran Xperia terbaru, Xperia C3 juga menghadirkan tombol khusus untuk mereset smartphone jika sewaktu-waktu hang. Posisinya ada di bagian atas slot kartu SIM yang ditandai dengan tulisan “OFF”.

Tampilan
Bodi bongsor Xperia C3 benar-benar menyesuaikan dengan ukuran layar jumbo 5,5 inci yang memiliki spesifikasi tingkat lebih tinggi. Layarnya menggunakan teknologi IPS sehingga Xperia C3 membuat sudut pandang pengguna jadi lebih luas. Selain itu, resolusi layar Triluminos dengan teknologi BRAVIA Engine 2 termasuk dalam kategori HD (High Definition) yang mampu menghadirkan kejelasan dan ketajaman gambar dan warna terbaik di kelasnya. Namun, beberapa pesaing di kelas yang sama, beberapa telah menyematkan layar full HD 1080p. Layar Sony Xperia C3 juga bisa diakses dengan lancar meski Anda menggunakan sarung tangan (Glove mode).

Kamera
Inil adalah keunggulan utama dari Xperia C3. Ponsel pintar Sony ini khusus diperuntukkan bagi pecinta Selfie. Ada dua kamera di bagian depan dan belakang, yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan foto selfie. Kamera utama beresolusi 8 MP hasil foto akan terasa standar, khas ponsel kelas menengah. Beruntung, Sony Xperia C3 membenamkan berbagai fitur terbaru seperti di smartphone andalan mereka. Sebut saja fitur Superior auto, AR effect, Picture effect, Timeshift burst, Sweep panorama, Portrait retouch dan Social live. Kamera Xperia C3 juga dilengkapi HDR, SteadyShot, Smile shutter, Image stabilizer dan Face Registration.

Selain menggunakan tombol shutter standar di sisi bodi, Anda juga bisa menggunakan mode Touch capture untuk memotret. Selain foto, kamera utama ataupun kamera depan ponsel ini bisa digunakan untuk merekam video. Untuk kamera utama mendukung resolusi full HD 1080p, sementara kamera depan bisa video HD 720p.

Khusus di bagian depan ponsel ini beresolusi kamera 5 MP dan juga didukung LED flash untuk membantu memberikan pencahayaan tambahan. Anda juga bisa menggunakan self-timer mode untuk membuat selfie shots jadi lebih mudah. Menariknya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Portrait Retouch untuk mentransformasi foto selfie dengan 10 beauty style yang berbeda, menambahkan DECO-frames yang menarik dan magic beam eye effects sebelum Anda siap memotret foto.

Dapur Pacu dan Spesifikasi Lain
Dalam hal ini Xperia C3 juga menghadirkan peningkatan spesifikasi. Jeroannya terbilang cukup tangguh. Jika para senior menggunakan chipset MediaTek, Xperia C3 menggunakan Qualcom Snapdragon 400 yang diklaim lebih kuat meski keduanya memiliki clockspeed 1.2GHz. Xperia C3 mengusung sistem operasi Android 4.4.2 KitKat tentunya akan memberikan kenyamanan pengguna dalam mengakses segala fitur atau aplikasi dari smartphone ini.

Dari memori internal berkapasitas 8GB, Xperia C3 membaginya menjadi beberapa bagian. Device Memori berkapasitas 5,10 GB bisa digunakan untuk aplikasi, foto, video audio dan sebagainya. Sisanya dialokasikan untuk sistem.

Konektivitas
Sony Xperia C3 menawarkan kemampuan Dual SIM Dual Standby atau Dual Call. Artinya kedua kartu SIM yang disematkan di ponsel ini bisa aktif bersamaan. Xperia C3 bahkan dilengkapi dengan fitur untuk panggilan masuk yang ditransfer ke kartu SIM lain bila SIM tujuannya tidak terjangkau. Anda yang menginginkan konten di ponsel Anda bisa diputar ke perangkat lain seperti TV layar lebar atau home teather, Xperia C3 juga menyediakan fitur Media Server yang terintegrasi dengan koneksi WiFi. Untuk Xperia C3 ini menggunakan jaringan 3G/HSDPA yang hanya bisa dinikmati di slot kartu SIM utama (SIM 1). Sementara slot SIM 2 hanya mendukung jaringan GSM/GPRS.

Keuntungan Sony Xperia C3:
– Desain tipis dan elegan
– Layar lebar 5.5 inch beresolusi HD
– Menggunakan teknologi IPS LCD Display dan Mobile Bravia Engine 2
– Kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 MP
– CPU Quadcore Snapdragon 400
– Baterai besar 2500 mAh

Kekurangan Sony Xperia C3:
– Tidak support jaringan 4G LTE
– Sulit dioperasikan dengan satu tangan

Harga Sony Xperia C3
Cek harga terbaik dari Sony Xperia C3 disini.