Review

Review Oppo F5: Tersedia RAM 4 GB & RAM 6 GB

Pasar smartphone Tanah Air kembali diramaikan oleh varian terbaru dari brand Oppo yaitu Oppo F5. Smartphone ini resmi menyambangi Indonesia pada tanggal 13 November 2017 lalu. Perlu diketahui bahwa Oppo F5 menjadi smartphone teranyar dari Oppo yang hadir dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence pada kamera depannya. Bagi Sobat yang penasaran dengan smartphone ini, maka Anda bisa langsung membaca review Oppo F5 sebagai berikut.

Desain yang Elegan
Hadir sebagai penerus Oppo F3, Oppo F5 hadir dengan desain yang elegan berkonsep unibody nan ramping serta bodi melengkung. Ketika Anda memegangnya pertama kali, pasti Anda akan merasakan bodi smartphone terasa nyaman, pas digenggam dengan satu tangan dan tak terlalu besar.

Material yang melapisi Oppo F5 sendiri bertekstur metal matte. Tapi pada kenyataannya, material dari smartphone tersebut ialah polycarbonate. Pada bagian belakangnya, terdapat garis panel antena yang berada di bagian atas dan bawah cover. Kamera utama diletakkan pada sisi pinggir atas cover belakang, dimana sensor fingerprint menyusul di bagian tengah dengan logo tulisan Oppo.

Posisi tray dual SIM dan tombol power berada di pinggir kanan smartphone, sedangkan tombol volume sendiri terletak dipinggir kiri. Bagian atas hanya diisi pinhole mikrofon, sedangkan di bagian bawah smartphone tersemat soket jack headphone 3.5 mm, micro USB port, speaker, dan mikrofon.

Sementara itu, di bagian depan smartphone dipenuhi oleh layar berbingkai tipis yang mana sisi kiri dan kanannya hampir penuh. Layar smartphone berukuran 6 inch dengan resolusi Full HD 1080p dan aspek rasio 18:9. Bahkan rasio layarnya sendiri nyaris penuh sebanyak 84.2 % sehingga mampu memberi pengalaman visual yang nyata, tanpa harus menambah dimensi perangkat. Lebih menariknya lagi, Oppo F5 hadir dengan fitur Split Screen yang mampu menjalankan dua aplikasi sekaligus. Oleh karena itu, Anda jadi bisa menonton You Tube sambil browsing dalam waktu bersamaan di layar selebar 6 inch tersebut.

Performa Mumpuni
Berbicara tentang performa, Oppo F5 merupakan salah satu smartphone berkinerja terbaik di segmen pasar kelas menengah. Dengan harga yang kompetitif, Oppo F5 mampu menawarkan performa yang cepat ketika melakukan aktivitas multitasking.

Sebagai informasi tambahan, jeroan di dalam Oppo F5 ini didukung dengan prosesor MediaTek MT6763MT dengan RAM 4 GB dan memori internal 32 GB. Ada pula varian RAM 6 GB dan ROM 64 GB dengan harga yang lebih mahal. Sistem operasi yang sudah berjalan di Oppo F5 ialah Android Nougat dengan antarmuka ColorOS 3.2.

Salah satu faktor utama yang dapat membuat kinerja Oppo F5 menjadi lebih mulus dan cepat adalah kestabilan layar tampilan ColorOS 3.2. Bahkan, sistem operasi yang berjalan pun lebih lancar dengan kecepatan transfer dokumen 100 kali lebih cepat dari Bluetooth.

Ada beberapa kelebihan lain dari fitur Oppo F5 yang kami rasa menjadi salah satu nilai jual utama karena sangat membantu Anda dalam menggunakan smartphone sehari-hari, yaitu fitur Facial Unlock yang mengusung teknologi pengenal wajah.

Kemudian, ada pula fitur “Do Not Disturb” juga menjadi fitur unggulan smartphone karena membantu pengguna yang gemar bermain game mobile agar tidak diganggu panggilan masuk. Fitur ini bisa diaktifkan saat bermain game mobile atau menonton video streaming. Dengan demikian, panggilan masuk hanya akan berubah menjadi notifikasi. Beralih ke kapasitas daya, Oppo F5 didukung dengan baterai 3.200 mAh yang mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kamera Selfie Terbaik
Bukan Oppo namanya jika tidak memikirkan spesifikasi kamera selfie. Ya, Oppo F5 hadir dengan peningkatan kualitas kamera selfie yang lebih mutakhir. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamera selfie Oppo F5 yang beresolusi 20MP telah dilengkapi teknologi AI Beauty Recognition berbasis kecerdasan buatan sehingga mampu “menyulap” foto selfie lebih natural dan nyata sesuai kondisi wajah pengguna.

Selanjutnya, kamera selfie-nya bisa memindai lebih dari 200 titik pengenal wajah. Dengan begitu, perangkat tersebut dapat mengenali setiap subjek dalam gambar ke database pemotretan global untuk mempelajari setiap keunikan wajah, bentuk, struktur, dan menyesuaikan diri dengan peningkatan kecantikan yang halus namun tetap alami.

Hasil kamera diri Oppo F5 sesuai dengan tagline mereka yakni “Capture the Real You” Objek foto selfie pun terlihat sangat alami. Pencahayaan di sekitar benda juga nyata seperti saat kita memotret objek. Bukan hanya itu, kamera juga bisa memberikan efek bokeh dan HDR pada foto selfie.

Kelebihan Oppo F5:
· Desain begitu elegan
· Sektor kamera selfie yang luar biasa dengan resolusi 20 MP dengan fitur AI Beauty, efek bokeh, screen flash
· Kamera belakang 16 MP dengan LED Flash dan Phase Detection Autofocus
· Layar lebar 6.0 inch beresolusi Full HD
· RAM 4 GB, ROM 32 GB atau RAM 6 GB, ROM 64 GB
· Terdapat fitur sensor sidik jari dan Face Unlock
· Chipset mid-range yang tangguh
· OS Android Nougat dan Color OS 3.2
· Didukung teknologi pengisian daya cepat

Kekurangan Oppo F5:
· Tidak anti air
· Baterai Non-removable

Harga Oppo F5
Cek harga terbaik Oppo F5 disini.