Review

Review Luna V Lite: Terjangkau & Baterai Tahan Lama

Saat ini di pasaran telah beredar smartphone berlayar fullscreen dengan harga di bawah 2 jutaan yang dipersembahkan oleh Evercoss. Sekarang giliran Luna yang menghadirkan smartphone berlayar fullscreen bernama Luna V Lite. Luna hadir untuk berkompetisi di kelas entry-level dan akan bersaing ketat dengan Xiaomi Redmi 5. Berikut ini review Luna V Lite: terjangkau & baterai tahan lama.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi Luna V Lite
– Kelebihan dan kekurangan Luna V Lite
– Harga Luna V Lite

Kabar yang dikutip dari Merdeka.com, vendor smartphone Luna menyatakan akan menargetkan pangsa pasar 20% di Indonesia pada tiga tahun mendatang. Memang saat ini Luna pun dilirik oleh masyarakat, dan sebelumnya kami pun pernah me-review Luna G8 yang merupakan smartphone yang mengunggulkan layar dan fitur 4 kamera mumpuninya.

Desain & Layar
Luna V Lite memiliki desain yang cukup menarik di kelasnya. Mengadopsi material metal menyerupai kaca ditambah dengan dimensi bodi yang tidak terlalu besar membuat perangkat ini memberikan kenyamanan saat digunakan. Di sisi kanan perangkat dibenamkan tombol power dan volume, sedangkan di sisi kiri tertanam slot kartu dual-SIM. Sayangnya slot SIM yang ditanam adalah hybrid, alias kartu microSD hanya bisa naik di slot SIM 2. Untuk sistem keamanan ada teknologi sidik jari di belakang perangkat untuk kenyamanan pengguna.

Perangkat ini juga tampil ramping dengan ketebalan hanya 8.1mm dan tampilan panel depan berukuran 5,5 inci dengan 720×1440 piksel (HD+) memberikan tampilan layar pada perangkat ini cukup menarik, tidak hanya memberikan layar yang cukup tajam kualitas perangkat ini juga memberikan layar layar yang cukup nyaman untuk berbagai permulaan bermain game, menonton video. Lebih apiknya, layar yang dibenamkan lapisan kaca 2.5D yang menambah kenyamanan penggunanya.

Kamera
Luna menyematkan kamera depan 8 megapiksel yang disertai lampu flash LED. Flash LED yang ditanamkan tidak hanya mampu berfungsi sebagai pendamping aktivitas pengguna saat melakukan aksi selfie. Tetapi lampu flash yang tersedia juga bisa berfungsi sebagai lampu notifikasi. Beralih ke belakang, Luna hadir dengan kamera belakang 13 megapiksel dan lampu flash LED di sisinya. Masih di belakang, Luna juga menyematkan sensor pemindai sidik jari, logo Luna dan lubang speaker.

Sistem Operasi
Luna V Lite telah mengadopsi sistem operasi Oreo Android 8.0 yang sekaligus dilengkapi berbagai fitur khas smartphone berbasis Oreo, selain itu Luna secara khusus menambahkan fitur lain yang dapat memaksimalkan aktivitas pengguna seperti Lambency Selfie, Video Beautified, Selfies Album, Power Manager, Layar Split, Data Clone, ke Gambar dalam Gambar. Juga tertanam fitur perekam layar, eyeshield dan mode ekstrim.

Performa
Luna V Lite dipasok dengan chipset buatan MediaTek MT6737H dengan CPU Quad Core 1.3 GHz plus dukungan grafis Mali-T720. Tidak hanya itu, chipset tertanam ini dilengkapi dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB.

Baterai
Luna V Lite hadir dengan baterai Li-ion dengan kapasitas 3000 mAh. Perangkat ini memiliki kualitas baterai yang cukup baik yang dapat memberikan daya tahan baterai yang tahan lama meskipun penggunaannya cukup aktif. Menariknya, baterai tertanam telah didukung oleh fitur pengisian baterai cepat yang membuat pengguna tidak perlu membuang banyak waktu untuk melakukan pengisian baterai.

Konektivitas
Luna V Lite sudah dilengkapi dengan akses ke jaringan 4G LTE. Tidak hanya menyediakan akses data berkecepatan tinggi, tangkapan sinyal pada perangkat ini juga cukup stabil bahkan digunakan di ruangan dalam ruangan. Kehadiran akses jaringan pada perangkat ini tentu memanjakan pengguna yang selalu aktif dalam menggunakan smartphonenya untuk aktivitas media sosial, streaming video hingga memainkan game online yang saat ini sedang menjadi tren. Selain itu, V Lite juga hadir dengan fungsi dual-SIM, WiFi, Bluetooth hingga GPS. Menariknya lagi, perangkat ini juga mendukung fitur USB OTG.

Kelebihan Luna V Lite:
– Disuguhkan akses internet cepat dengan jaringan 4G LTE
– Luas layar 5,5 inci
– Sudah beroperasi memakai OS Android 8.0 Oreo
– Body metal yang menjadikan tampilan elegan
– Kamera utama 13 MP, dilengkapi Phase detection autofocus, LED-Flash
– Dilengkapi kamera depan 8 MP
– Kapasitas penyimpanan internal sebesar 16 GB yang masih bisa diperluas mengunakan media microSD sampai 256 GB
– Punya RAM 2 GB yang bisa menjalankan berbagai macam aplikasi atau game secara lancar tanpa lag
– Baterai didukung kapasitas 3000 mAh, yang mampu bertahan lama
– Memiliki dual SIM card yang bisa digunakan bersamaan

Kekurangan Luna V Lite:
– Belum didukung sensor Gyroscope untuk dukung game virtual
– Performa standar karena masih ditenagai prosesor MediaTek MT6737 dengan CPU Quad Core 1.3 GHz
– Baterai tanam (Non-Removable) tidak bisa dilepas secara manual